Kenapa Cimahi Disebut Kota Militer?

1detailcreator | Selasa, 27 Desember 2022 17:08 WIB | 260 kali Kenapa Cimahi Disebut Kota Militer?

Cimahi merupakan sebuah kota yang terletak di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Cimahi sering disebut sebagai "Kota Militer" karena kota ini memiliki banyak fasilitas militer yang berada di sana, termasuk Markas Besar TNI Angkatan Darat (Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat) dan Pusat Pendidikan TNI Angkatan Darat. Fasilitas militer ini memainkan peran penting dalam menjaga keamanan dan stabilitas di wilayah tersebut. Selain itu, Cimahi juga memiliki banyak sekolah dan universitas yang terkait dengan bidang militer, seperti Akademi Militer dan Sekolah Staf dan Komando Angkatan Darat. Semua faktor ini menyebabkan Cimahi disebut sebagai "Kota Militer".

Apa Saja Markas Militer di Cimahi?

Di Cimahi, terdapat beberapa markas militer yang penting, di antaranya adalah:

  1. Markas Besar TNI Angkatan Darat (Mabes TNI AD): Merupakan markas besar Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat, yang bertugas mengendalikan seluruh kegiatan operasi militer di wilayah Indonesia.

  2. Pusat Pendidikan TNI Angkatan Darat (Pusdik TNI AD): Merupakan lembaga pendidikan yang bertugas menyiapkan personel militer yang berkualitas untuk ditempatkan di berbagai unit TNI Angkatan Darat.

  3. Akademi Militer (Akmil): Merupakan sekolah tinggi militer yang bertugas menyiapkan calon perwira tinggi TNI Angkatan Darat.

  4. Sekolah Staf dan Komando Angkatan Darat (Sesko AD): Merupakan sekolah yang bertugas menyiapkan calon perwira tinggi TNI Angkatan Darat untuk menjadi staf dan komando militer.

  5. Markas Kodam III/Siliwangi: Merupakan markas militer yang bertugas mengendalikan seluruh kegiatan operasi militer di wilayah Jawa Barat, termasuk di Cimahi.

  6. Pusat Pendidikan Pertahanan Siliwangi: Merupakan lembaga pendidikan yang bertugas menyiapkan personel militer yang berkualitas untuk ditempatkan di berbagai unit TNI Angkatan Darat di wilayah Jawa Barat.

Selain markas militer yang disebutkan di atas, di Cimahi juga terdapat beberapa markas kemiliteran lainnya, seperti markas batalion dan markas kompi.

Yuk Bagikan :

Baca Juga