RadarBangka - Informasi dan Berita

BMKG Memprakirakan Hujan Ringan Di Sebagian Besar Wilayah Pada Hari Senin

pada Kamis, 11 April 2024 22:03 WIB

JAKARTA - Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hujan ringan akan mendominasi cuaca pada hari Senin di sebagian besar ibu kota provinsi di Indonesia. Mengutip dari situs BMKG di Jakarta, hujan ringan diprakirakan turun pada Senin siang, yakni di Gorontalo, Pontianak, Palangka Raya, Samarinda, Tanjung Pinang, Ambon, Mataram, Kupang, Makassar, Manado, dan Palembang. Sementara itu, hujan dengan intensitas sedang diperkirakan akan turun di Medan dan Denpasar.

BMKG juga meminta masyarakat di Jambi, Banjarmasin, dan Pangkalpinang untuk mewaspadai hujan dengan potensi petir pada Senin sore. Sementara itu, BMKG memprakirakan Kota Serang, Bengkulu, Yogyakarta, Bandung, Semarang, Ternate, Jayapura, Manokwari, Kendari, dan Padang akan berawan, sedangkan Kota Pekanbaru berawan tebal.



Banda Aceh, Jakarta Pusat, Surabaya, Tarakan, dan Banda Lampung berawan.

Sebelumnya, perwakilan BMKG, Duikorita Karnawati, mengatakan bahwa angin kencang, kilat, guntur, hujan lebat, dan gelombang tinggi berpotensi terjadi di wilayah Indonesia hingga 11 April 2024. "Ada variabilitas menuju 11 April, yaitu beberapa daerah diperkirakan akan mengalami angin kencang, gelombang tinggi, guntur, dan petir pada tanggal 4 hingga 7 April," katanya. Dwikorita mengatakan ada beberapa wilayah yang diperkirakan akan mengalami angin kencang, gelombang tinggi, guntur dan petir pada 4-7 April 2024, yaitu Sumatera Barat, Jambi, Bengkulu, Kepulauan Bangka Belitung, Sumatera Selatan, Bangka, dan Lampung. Menurutnya, potensi angin kencang, guntur, petir, hujan lebat dan gelombang pasang disebabkan oleh beberapa fenomena, antara lain fenomena Madden-Julian Oscillation (MJO) dan pertemuan awan-awan hujan yang mulai melintasi wilayah Indonesia. Selain itu, terdapat fenomena gelombang atmosfer, yaitu gelombang Kelvin ekuatorial dan Rossby, serta suhu air yang hangat di kepulauan Indonesia.