Belitung -
Pemerintah Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mencatat nilai investasi sepanjang tahun 2023 mengalami peningkatan sehingga mampu mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah itu. "Nilai investasi tahun 2023 mengalami perkembangan yang positif, meskipun tidak terlalu signifikan," kata Yuspian dalam rapat paripurna penyampaian LKPJ Pj Bupati Belitung, di Tanjungpandan, Belitung Tahun Anggaran 2024, Senin. Menurut dia, nilai penanaman modal dalam negeri (PMDN) pada 2023 sebesar Rp 985,5 miliar, naik dari Rp 968,6 miliar atau 1,74% pada tahun sebelumnya. Nilai penanaman modal asing (PMA) pada tahun 2023 sebesar USD 3.184 juta, naik dari USD 3.173 juta atau 0,34% di tahun sebelumnya.

"Peningkatan investasi dapat menstimulasi perkembangan dunia usaha dan menciptakan lapangan kerja.

Yusupian melanjutkan dengan mengatakan bahwa peningkatan investasi dapat meningkatkan kapasitas daerah untuk memproduksi barang dan jasa serta menumbuhkan sektor-sektor ekonomi lokal seperti industri, perdagangan, dan pariwisata. Yusupian menyatakan bahwa tren investasi di Belitung terus meningkat dalam beberapa tahun terakhir, terutama setelah pandemi COVID-19 yang mengubah tatanan ekonomi yang ada. "Pandemi COVID-19 juga menyebabkan sektor-sektor ekonomi mengalami kontraksi, termasuk sektor pariwisata, sehingga investor mempertimbangkan kembali untuk menanamkan modalnya," katanya. Dia menambahkan, peningkatan investasi di Pulau Belitung pada tahun 2023 juga dipengaruhi oleh ketentuan Peraturan Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Nomor 3 Tahun 2020 tentang Rencana Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil (RZWPK). "Pemberlakuan peraturan tersebut menjadi pendorong investasi di sektor pariwisata.



Dia mengatakan peningkatan investasi di Belitung juga dipengaruhi oleh berlakunya Peraturan Bupati Belitung Nomor 35 Tahun 2019 tentang tata cara pemberian insentif dan kemudahan penanaman modal di Kabupaten Belitung. "Kami berharap nilai investasi di Billiton pada tahun 2024 akan terus meningkat karena memberikan kontribusi positif bagi pertumbuhan ekonomi dan pembangunan masyarakat," katanya.