Pangkalpinang - Pertamina Patraniaga Regional Sumbagsel memastikan keamanan pasokan BBM dan LPG di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dalam kondisi aman, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama Ramadan dan Idul Fitri 1445 Hijriyah. "Kami melakukan pemetaan untuk memastikan pasokan dan persediaan energi selama Ramadan dan Idul Fitri," kata Area Manager Communication, Relations CSR Sumbagsel Tjahyo Nikho di Pangkalpinang, Minggu, Minggu mengatakan. Ia mengatakan rata-rata konsumsi harian BBM jenis solar di wilayah Bangka Belitung saat ini sekitar 364 kilo liter (KL) per hari, sedangkan rata-rata konsumsi harian BBM jenis bensin sekitar 953 KL per hari. "Rata-rata konsumsi harian LPG 3 kilogram di wilayah Sumatera Selatan sekitar 146 metrik ton (MT) per hari.
Menurutnya, momen Ramadan dan Idul Fitri merupakan momen penting bagi masyarakat. Dengan meningkatnya kebutuhan masyarakat baik untuk transportasi maupun memasak. Plutamina berkomitmen untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

"Plutamina sebagai pemasok energi memiliki peran besar dalam menjaga pasokan energi dan nantinya Satgas RAFI akan dibentuk kembali untuk memastikan energi yang digunakan masyarakat tetap aman dan terpenuhi. Selain itu, dalam rangka menyemarakkan bulan suci Ramadhan 2024, Pertamina Patraniaga Regional Sumbagsel melaksanakan program Berbagi Takjil di 54 SPBU di wilayah Bangka. Program ini dilaksanakan sebagai bentuk kepedulian dan keikhlasan kepada konsumen di SPBU Pertamina sekaligus meningkatkan amal ibadah di bulan suci.

Program pembagian takzil ini diharapkan mendapat respon positif dari para pengendara yang mengisi bahan bakar dan dapat membantu pengendara yang masih dalam perjalanan pulang untuk berbuka puasa.

Sekretaris Perusahaan Pertamina Patra Niaga Irto Petrus Ginting mengatakan bahwa Pertamina Patra Niaga telah mengoptimalkan ketahanan dan kelancaran distribusi LPG serta stok BBM dan Avtur untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Dia mengatakan bahwa pihaknya terus berkomitmen dan memperkirakan adanya peningkatan konsumsi selama Ramadan dan Idul Fitri 2024. "Selain meningkatkan kehandalan sarana dan prasarana di seluruh operasional serta memastikan aspek safety dan HSSE, memastikan ketersediaan stok dan distribusi BBM dan LPG melalui monitoring dan pelayanan real time harian di SPBU dan agen serta pangkalan LPG di seluruh wilayah terus kami tingkatkan," tutup Ilto. terus ditingkatkan," pungkas Ilto.