JAKARTA - Rumah BUMN PT Semen Indonesia Tbk (SIG) di Rembang, Jawa Tengah, yang dioperasikan oleh PT Semen Gresik, terus mendorong kinerja usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) melalui bimbingan dan pembinaan secara intensif dan komprehensif. "(Pencapaian UMKM ini) mulai dari proses produksi hingga pemasaran. Selain itu, hal ini tidak hanya membantu UMKM untuk naik kelas, tetapi juga mengangkat budaya Indonesia dan memungkinkan mereka untuk bersaing di tingkat nasional bahkan global," kata Direktur Jenderal SIG Vita Mahlaini dalam keterangan resmi yang dirilis di Jakarta, Rabu. Salah satu contoh suksesnya adalah pegiat UMKM Armida Triani dari Lembang. Sebagai seorang pengusaha, Armida mengangkat padu padan kain nusantara menjadi desain garmen kontemporer untuk anak-anak dan bayi dengan merek Littlekaaya pada tahun 2019 dan kini terus berkembang berkat dukungan dari Rumah BUMN (RB) SIG.



Bisnis fesyen bayi dan anak-anak lebih cepat berkembang dibandingkan dengan orang dewasa karena pertumbuhan anak-anak yang sangat cepat.

Rata-rata, Little Kaaya menjual 125 item per bulan dan dapat menghasilkan penjualan sebesar Rp 15 juta. Permintaan lebih tinggi dari biasanya, terutama selama bulan Ramadhan (bulan puasa) dan Idul Fitri.

Produk Little Kaaya mengedepankan bahan berkualitas tinggi, desain yang tidak lekang oleh waktu, kenyamanan dan kain nusantara yang saat ini sedang digemari oleh berbagai kalangan.

Pemasaran produk dilakukan melalui media sosial dan pasar, memanfaatkan semua fitur layanan, termasuk pemasaran digital dan penjualan langsung yang memanfaatkan pengetahuan yang diperoleh dari pelatihan berbicara di depan umum yang diadakan oleh RB Rembang. Pembeli produk berasal dari Jabodetabek hingga luar Jawa, seperti Lampung, Riau, Aceh, Bangka Belitung, Makassar, dan Papua. Sejak bergabung dengan RB Lembang pada tahun 2021, Armida telah menerima pelatihan di bidang branding, pemasaran digital, public speaking, dan keuangan. Dia juga telah berpartisipasi dalam acara sampingan Future SME Village dari G20 di Bali pada tahun 2022, BUMN uRBan SUB Fest di Parkir Timur Plaza di Surabaya pada tahun 2022, UMKM untuk Indonesia di Sarinah, Jakarta pada tahun 2023, acara mengakui bahwa mereka sering dipromosikan untuk berpartisipasi dalam pameran seperti Bazaar. Selain itu, RB Rembang juga mendukung proses sertifikasi SNI (Standar Nasional Indonesia) dan manajemen Hak Kekayaan Intelektual (HKI) agar dapat meningkatkan daya saing. Vita Mahreini mengatakan bahwa keberhasilan Armida dalam mengembangkan bisnis fesyen bayi dan anak telah menambah daftar pelaku UMKM yang terbantu oleh kehadiran RB Rembang. "Pencapaian ini semakin mengukuhkan peran penting RB Lembang dalam pengembangan UMKM yang diharapkan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi di wilayah tersebut," ujarnya.