JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperingatkan hujan lebat berpeluang melanda sebagian besar wilayah Indonesia dari Aceh hingga Papua pada hari ini, Sabtu (24/2). Menurut situs resmi BMKG di Jakarta, Sabtu, wilayah-wilayah yang berpotensi hujan lebat tersebut adalah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Tengah, dan Yogyakarta.

Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, dan Papua juga berpotensi hujan lebat.

Di antara banyak daerah yang kemungkinan mengalami hujan lebat adalah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung dan Banten, yang sebagian besar berupa badai dengan guntur dan petir. Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Selatan dan Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Maluku Utara dan Maluku juga diserang.

Badai juga akan disertai dengan angin kencang di beberapa wilayah, antara lain Aceh, Kepulauan Bangka Belitung, Jawa Barat, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Utara dan Papua. Tidak hanya itu, BMKG memperingatkan sebagian besar wilayah Indonesia untuk mewaspadai dampak puting beliung selama musim hujan yang diperkirakan akan berlangsung hingga akhir Februari 2024.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto menyatakan bahwa puting beliung adalah fenomena angin kencang yang bentuknya berputar menyerupai belalai dan biasanya menimbulkan kerusakan di sekitar tempat terjadinya. "Puting beliung terbentuk dari sistem awan hujan dan awan cumulonimbus yang memiliki karakteristik yang menyebabkan cuaca ekstrem," katanya.