Viral Cahaya Biru Terang, Fenomena Aneh di Langit Cimahi

1detailcreator | Minggu, 17 April 2022 09:03 WIB | 509 kali Viral Cahaya Biru Terang, Fenomena Aneh di Langit Cimahi

Media sosial dihebohkan dengan sebuah video yang menunjukkan warna langit malam di Kota Cimahi nampak berbeda. Di satu sisi langit berwarna biru terang sementara di sisi lainnya berwarna gelap.

Dalam unggahan di akun infocimahi, disebutkan fenomena itu terlihat oleh warga yang merekamnya dari Jalan Kihapit, Kelurahan Leuwigajah dan Cibeber, Kota Cimahi, pada Jumat (15/4/2022) sekitar pukul 21.30 WIB.


Dari video berdurasi 18 detik itu terdengar suara wanita perekam video menyebutkan 'sudah jam 9 malam guys, tapi di sananya terang (sambil mengarahkan kamera ke langit yang berwarna biru terang)'.

Namun jika melihat kolom komentar, sejumlah netizen mengatakan jika cahaya biru terang yang menyinari langit Cimahi pada Jumat malam itu merupakan lampu dari sebuah layar berukuran raksasa di pinggir Jalan Tol Cipularang, tepatnya di Kampus Unjani Kota Cimahi.

Akun herawati0177 misalnya mengatakan "itu cahaya dari laser di gedung Unjani, ada video tron disitu gede banget," tulisnya di kolom komentar.

Sementara akun galihindra659 mengomentari "itu dari layar besar di pinggir tol, tadi juga tol jadi terang warna biru, lokasi layarnya dekat brigif," katanya menimpali.

Ada pula netizen yang berkomentar jika cahaya biru terang itu merupakan fenomena yang kerap terjadi sehabis hujan.

Akun arie.g.s menulis "biasanya perbedaan antara daerah hujan dan cerah, mun siang mah nu hiji mendung nu hiji cerah (kalau siang itu yang satu mendung yang satu cerah) aurora hujan," kata akun tersebut.

Sementara itu Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandung Teguh Rahayu mengatakan secara ilmiah kondisi langit malam berwarna biru menandakan kondisi atmosfer yang cerah.

"Cuaca cerah pada awal malam seperti ini merupakan kondisi yang lazim terjadi di periode peralihan musim. Namun demikian kondisi cerah ini sangat dinamis dapat cepat berubah," ujar Rahayu.

Yuk Bagikan :

Baca Juga