Intip Jadwal Blue Moon Malam Ini, Jangan Tiba Terlewat!

1detailcreator | Kamis, 31 Agustus 2023 06:42 WIB | 212 kali Intip Jadwal Blue Moon Malam Ini, Jangan  Tiba Terlewat!

Fenomena Super Blue Moon akan terjadi nanti malam. Fenomena Supermoon tersebut Dapat diamati di Indonesia dilansir dari detikJatim pada jam berikut ini.

  • Kamis, 31 Agustus 2023 pukul 20.35 WIB

  • Kamis, 31 Agustus 2023 pukul 21.35 WITA

  • Kamis, 31 Agustus 2023 pukul 22.35 WIT

Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), fenomena Blue Moon merupakan salah Esa kejadian langka. Blue Moon merupakan bulan purnama kedua yang terjadi dalam 1 bulan, dan menjadi bulan purnama ketiga dalam 1 musim yang Mempunyai 4 bulan purnama.

Kemudian menurut BRIN, Langkah Memandang Supermoon termasuk Blue Moon cukup dengan mengarahkan pandangan mata ke arah bulan. Itu seperti yang dikutip detikNews.

Jadi, Blue Moon Dapat diamati dengan mata telanjang tanpa Donasi alat optik apapun. Kecuali Kalau Kamu Mau mengabadikannya dalam Wujud foto atau video.

Fakta Blue Moon 31 Agustus 2023

Berikut ini sederet fakta soal Blue Moon yang dirangkum detikInet.

1. Nir berwarna biru

Apabila detikers membayangkan Blue Moon akan berwarna biru, sayangnya imajinasi itu Tak terwujud. Sebab Blue Moon sebenarnya Nir benar-benar biru.

Mengutip dari laman Edukasi Sains Antariksa BRIN, asal-usul historis istilah ini sebenarnya Tetap simpang siur dan kebanyakan pihak menganggapnya sebagai kesalahan interpretasi.

Pernah dengar istilah Once in A Blue Moon? Istilah ini sering digunakan Buat menggambarkan peristiwa atau kejadian langka, dan hal tersebut mirip dengan bulan purnama yang akan terjadi kali ini.

2. Eksis 2 Jenis Blue moon

Seasonal Blue Moon (Bulan Nila Musiman), Yaitu bulan purnama ketiga dari salah 1 musim astronomis yang di dalamnya terjadi 4 kali bulan purnama.

Monthly Blue Moon (Bulan Nila Bulanan), Yaitu bulan purnama kedua dari salah 1 bulan di dalam kalender Masehi yang di dalamnya terjadi 2 kali bulan purnama.

Purnama kali ini termasuk dalam Monthly Blue Moon atau Bulan Nila Bulanan. Blue Moon ini merupakan purnama kedua di bulan Agustus. Sebelumnya pada 1 Agustus, Kamu sudah disuguhi Sturgeon Moon.

3. Terjadi Setiap 2 atau 3 Tahun

Dalam 1.100 tahun antara tahun 1550 dan 2650, Cuma Eksis 408 Blue Moon Musiman. Sedangkan Blue Moon Bulanan Eksis 456. Dengan demikian, Blue Moon Bagus musiman atau bulanan Cuma terjadi kiranya setiap 2 atau 3 tahun.

Sedangkan Buat Bulan Nila yang benar-benar memancarkan Sinar biru, kemunculannya lebih langka lagi. Blue Moon yang benar-benar berwarna Nila Nir Eksis hubungannya dengan kalender, fase bulan atau jatuhnya musim, melainkan Dampak dari kondisi atmosfer.

Abu vulkanik dan kabut asap, droplet di udara, atau jenis Mega Eksklusif Bisa menyebabkan bulan purnama tampak kebiruan.

Yuk Bagikan :

Baca Juga