Pemekaran Lepar Pongok. Pulau Celagen Masuk Kecamatan Baru


Pemekaran Lepar Pongok. Pulau Celagen Masuk Kecamatan Baru

TOBOALI - Kepala Bagian Pemerintahan Sekretariat Bangka Selatan (Basel), Marsanti, mengungkapkan proses pemekaran Kecamatan Lepar Pongok (Lepong) menjadi dua kecamatan yaitu Kecamatan Kepulauan Pongok dan Kecamatan Lepong, masih dalam tahap pembahasan Peraturan Daerah (Perda) bersama pihak DPRD Basel.
   
Terkait pembagian batas wilayah, Marsanti menuturkan perairan laut menjadi batas wilayah dua kecamatan tersebut, berdasar kesepakatan bersama antara warga Lepong dan Pongok. Atas kesepakatan tersebut, maka Pulau Celagen masuk ke Kecamatan Kepulauan Pongok. Dengan demikian, jumlah penduduk Kecamatan Kepulauan Pongok kurang lebih 5 ribu jiwa dengan luas wilayah 89,560 km2. Sementara, luas wilayah Kecamatan Lepong adalah 261,873 km2.
   
"Berdasarkan PP 19 Tahun 2008, ada pengecualian Pasal 8 termasuk terhadap kabupaten/kota yakni menyangkut hal administrasi teknis, lantaran wilayah yang akan dimekarkan menjadi kecamatan itu wilayah kepulauan. Yang kita bahas bersama DPRD adalah mengenai Perda pembentukannya untuk menjadi kecamatan," terangnya kepada RB, Jum’at (9/3) kemarin.
  
Terpisah, Asisten Pemerintahan Basel, Suhardi, menuturkan pihaknya bulan ini pemekaran wilayah Kecamatan Lepong dapat terwujud. "Artinya Kabupaten Basel memiliki 8 kecamatan," ujarnya singkat.
   
Sementara, sekretaris FPKS Basel, Samsir, menjelaskan Raperda pembentukan kecamatan Kepulauan Pongok akan dibahas oleh Pansus. Pasalnya, persetujuan Raperda harus dengan pertimbangan untuk meningkatkan pelayan publik di wilayah tersebut, guna meningkatkan akselerasi pembangunan."Berdasarkan amanat PP Nomor 19 Tahun 2008 tentang Kecamatan, Pasal 7 ayat 1 dan 2 tentang Persyaratan Teknis, belum memenuhi persyaratan teknis namun tetap bisa dilakukan berdasarkan Pasal 8 ayat 1. Artinya, pemerintah kabupaten/kota dapat membentuk kecamatan sebagaimana dimaksud Pasal 3 dengan pertimbangan untuk efektifitas pelayanan dan pemberdayaan masyarakat di pulau-pulau terpencil," jelasnya.
   
Untuk itu, Samsir yakin penyampaian Raperda pembentukan Kecamatan Pongok bisa terwujud, karena secara geografis masuk persyaratan yang diamanatkan Pasal 8 ayat 1."Kami sangat berharap pemerintah mempersiapkan persyaratan secara administrasi, sesuai dengan peraturan yang ada. Bila persyaratan administrasi, fisik dan kewilayahan sudah siap, maka kami yakin tidak ada alasan untuk tidak menyetujuinya di tingkat Pansus," tandasnya. (tom)



Berikan Komentar

Toboali Lainnya
Lagi Kantor Bupati Basel di Demo, Kini Giliran GP Mesir Dukung Penambangan & Nelayan Modern
Lagi Kantor Bupati Basel di Demo, Kini Giliran GP Mesir Dukung Penambangan & Nelayan Modern
Kamis, 13 Desember 2018 18:59 WIB
TOBOALI – Aksi masyarakat nelayan menolak penambangan compreng, trawl dan TI apung di peraian Kabupaten Bangka Selatan (Basel) mendapat tandingan.
Wawancara Singkat Wartawan, Sebelum Sekda Bangka Selatan Ditahan Penyidik Kejari
Wawancara Singkat Wartawan, Sebelum Sekda Bangka Selatan Ditahan Penyidik Kejari
Kamis, 13 Desember 2018 17:19 WIB
TOBOALI - Sekda Basel, Suwandi memberikan sinyal jika dirinya akan menyampaikan langsung kepada pihak Kejaksaan Negeri (Kejari) Bangka Selatan (Basel),
Sekda Basel Suwandi, Kabag Umum dan Bendahara Setda Resmi Ditahan
Sekda Basel Suwandi, Kabag Umum dan Bendahara Setda Resmi Ditahan
Kamis, 13 Desember 2018 13:45 WIB
TOBOALI - Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Bangka Selatan (Basel) akhirnya menahan Sek­da Suwandi, Kabag Umum Sekretariat, Endang Kristinawati dan Bendahara
Peringati Hari Guru Nasional dan PGRI, Momentum Menjaga Soliditas & Solidaritas
Peringati Hari Guru Nasional dan PGRI, Momentum Menjaga Soliditas & Solidaritas
Senin, 10 Desember 2018 16:57 WIB
TOBOALI – Pemerintah Kabupaten ( Pemkab) Bangka Selatan (Basel) mengharapkan momentum peringatan Hari Guru Nasional ( HGN) yang jatuh pada