ULP Basel Sebut Pengadaan Seragam Dinas Linmas Rp 1,2 Miliar Tidak Melalui Proses Lelang


ULP Basel Sebut Pengadaan Seragam Dinas Linmas Rp 1,2 Miliar Tidak Melalui Proses Lelang

TOBOALI - Proses pengadaan barang berupa pakaian dinas Linmas dan atribut Satpol PP di Kabupaten Bangka Selatan (Basel) pada tahun 2020 membuat Unit Pelayanan Pengadaan (ULP) Basel angkat bicara. 

Pasalnya pengadaan tender sebesar Rp 1,2 miliar ini tidak melalui lelang ULP Kabupaten Basel namun melalui sistem Penujukan Langsung (PL) oleh Satpol PP setempat. Hal tersebut disampaikan Kepala ULP Kabupaten, Elfan Ruyadi.

"Pengadaan langsung diluar kami. Jadi memang  sebelumnya pernah di tender bulan Agustus 2020 dan berjalanlah tender itu, sudah di umumkan termasuk pengawalan dan tiba-tiba ada surat pembatalan,"jelas Elfan kepada wartawan, Selasa (3/3/2021).

Lanjut dia, dengan adanya surat pembatalan dari PPK tentang ada perubahan spesifikasi barang maka pihaknya menghentikan karna menurutnya pembatalan tersebut bukan ranah ULP Basel namun dari dari Organisasi Perangkat Daerah terkait. 

"Dari kami hanya ranah proses lelang dan kalau proses lelang bukan ranah pokja dan spek juga bukan ranah kami tapi misalnya peserta tidak ada yang menawar, itu baru masuk ranah kami dan karena itu dibatalkanlah pada bulan September,"katanya.

Pria berkacamata ini melanjutkan, setelah pembatalan tersebut dari OPD terkait tidak ada lagi konfirmasi lagi hingga terjadi pengadaan sistem PL oleh pihak terkait dan menurut Elfan, sampai saat ini pengadaan sistem PL memang dilakukan oleh OPD masing-masing. 

"Anggaran di tender sebesar satu koma 2 miliar tapi karna dibatalkan maka tidak ada kegiatan lagi di kami, peserta saat itu ada belasan dan belum ada pemenangnya dan waktu itu sampai tahap evaluasi dokumen penawaran,"tandas Elfan.

Sebelumnya, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Kabupaten Basel Mayasari melalui Kasi Intelijen Dody Prihatman Purba menyebutkan, Kejaksaan Negeri (Kejari) Basel telah memanggil 10 orang saksi untuk diperiksa.

Pastinya, seputar pelaksaan pengadaan lelang pakaian dinas Linmas dan atribut Satpol PP Basel sebesar Rp 1,2 milliar yang diduga ada merugikan negara tersebut tidak sesuai ketentuan.

“Telah diperiksa jumlah 10 orang, tahapan saat ini masih penyelidikan, pemeriksaan dilakukan secara terus-menerus dan bertahap," ujar Dody Prihatman Purba kepada wartawan, Selasa (2/3/2021).(afa)





Berikan Komentar

Toboali Lainnya
Apdesi Basel Apresiasi Proses Pencarian ADD Lebih Cepat Dari Sebelumnya
Apdesi Basel Apresiasi Proses Pencarian ADD Lebih Cepat Dari Sebelumnya
Selasa, 23 Maret 2021 23:16 WIB
TOBOALI - Sebanyak 50 desa di Kabupaten Bangka Selatan (Basel) telah menerima Anggaran Dana Desa (ADD) tahap pertama yang disalurkan
Bupati Basel Tunjuk 2 Staf Ahli Jadi Plt
Bupati Basel Tunjuk 2 Staf Ahli Jadi Plt
Senin, 22 Maret 2021 18:32 WIB
TOBOALI - Dua pejabat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Selatan (Basel) mengisi kekosongan jabatan di dua OPD sebagai Pelaksna Tugas (Plt),
Guru dan Siswa SD Banyak Positif Covid-19, Dikbud Basel Berlakukan BDR
Guru dan Siswa SD Banyak Positif Covid-19, Dikbud Basel Berlakukan BDR
Rabu, 17 Maret 2021 20:35 WIB
TOBOALI – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Selatan (Basel) melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) menghentikan sementara kegiatan pembelajaran tatap muka
Riza Herdavid Lantik dan Kukuhkan Ketua TP PKK Basel
Riza Herdavid Lantik dan Kukuhkan Ketua TP PKK Basel
Rabu, 17 Maret 2021 14:33 WIB
TOBOALI - Bupati Bangka Selatan (Basel) Riza Herdavid lantik dan kukuhkan Elizia Reza Herdavid sebagai Ketua TPP PKK Kabupaten