Perkara Narkotika Terpidana Almin, Kejari Basel Setor Rp 2 Miliar ke Kas Negara


Perkara Narkotika Terpidana Almin, Kejari Basel Setor Rp 2 Miliar ke Kas Negara

TOBOALI - Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Bangka Selatan (Basel) memasukan dana ke kas negara sebesar Rp 2 miliar dari dana denda perkara narkotika yang ditangani Kejari Basel, Kamis (25/2/2021).

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Kabupaten Basel Mayasari melalui Kasi Intelijen Dody Prihatman Purba menjelaskan pembayaran denda tersebut dibayar oleh terpidana atas nama Almin alias Dodi sesuai dengan putusan Pengadilan Negeri Sungailat nomor 489/Pid.Sus/ 2015/ PN Sgl.

"Yang menyatakan bahwa terpidana dihukum dengan pidana penjara selama 9 Tahun dan denda sebesar dua miliar rupiah dengan ketentuan apabila denda tidak dibayar maka diganti dengan pidana penjara selama tahun,"ujarnya dikonfirmasi Radar Bangka. 

Terpidana Almin alias Dodi sebut Dody adalah terpidana perkara narkotika jenis sabu yang ditangani oleh Kejari Basel pada tahun 2015 silam. Pembayaran denda tersebut dalam perkara pidana ini diterima oleh Jaksa Kejari Basel sebagai Eksekutor perkara pidana.

"Kemudian akan di setorkan ke kas Negara sebagai Penerimaan Negara Bukan Pajak dan dengan melakukan pembayaran pidana denda tersebut maka terpidana tidak perlu menjalani pidana penjara sebagai pidana pengganti denda,"jelasnya lagi.

Uang pidana denda sebesar Rp 2 miliar tersebut diterima langsung oleh Kepala Kejari Basel Mayasari yang di dampingi oleh Kasi Pidum Kejari Basel Denny, SH yang kemudian langsung diserahkan kepada Kepala Bank Sumsel Cabang Toboali Ruben Paradisa, untuk segera disetorkan ke kas negara.

Sementara Kejari Basel Mayasari menegaskan bahwa pihaknya akan terus memaksimalkan penagihan pembayaran denda kepada para terpidana perkara tindak pidana umum maupun tindak pidana khusus yang ditangani oleh Kejari Basel.

"Tentunya kita terus memaksimalkan penagihan pembayaran sebagai bentuk dukungan Kejari Basel dalam memaksimalkan Pemasukan Kas Negara dari Asset Recovery tindak pidana,”ungkap Maya.(afa)





Berikan Komentar

Toboali Lainnya
Apdesi Basel Apresiasi Proses Pencarian ADD Lebih Cepat Dari Sebelumnya
Apdesi Basel Apresiasi Proses Pencarian ADD Lebih Cepat Dari Sebelumnya
Selasa, 23 Maret 2021 23:16 WIB
TOBOALI - Sebanyak 50 desa di Kabupaten Bangka Selatan (Basel) telah menerima Anggaran Dana Desa (ADD) tahap pertama yang disalurkan
Bupati Basel Tunjuk 2 Staf Ahli Jadi Plt
Bupati Basel Tunjuk 2 Staf Ahli Jadi Plt
Senin, 22 Maret 2021 18:32 WIB
TOBOALI - Dua pejabat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Selatan (Basel) mengisi kekosongan jabatan di dua OPD sebagai Pelaksna Tugas (Plt),
Guru dan Siswa SD Banyak Positif Covid-19, Dikbud Basel Berlakukan BDR
Guru dan Siswa SD Banyak Positif Covid-19, Dikbud Basel Berlakukan BDR
Rabu, 17 Maret 2021 20:35 WIB
TOBOALI – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Selatan (Basel) melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) menghentikan sementara kegiatan pembelajaran tatap muka
Riza Herdavid Lantik dan Kukuhkan Ketua TP PKK Basel
Riza Herdavid Lantik dan Kukuhkan Ketua TP PKK Basel
Rabu, 17 Maret 2021 14:33 WIB
TOBOALI - Bupati Bangka Selatan (Basel) Riza Herdavid lantik dan kukuhkan Elizia Reza Herdavid sebagai Ketua TPP PKK Kabupaten