Pemkab Basel Beri Beasiswa Pendidikan Penghafal Al-Quran


Pemkab Basel Beri Beasiswa Pendidikan Penghafal Al-Quran

TOBOALI - Pemkab Bangka Selatan (Basel) berikan beasiswa untuk lima calon mahasiswa Hafiz Al-Quran. Melalui Dinas Pendidikan Basel, kelima mahasiswa dari setiap kecamatan diberangkatkan ke Institut Agama Islam Tazkia Sentul Bogor Jawa Barat.

Kelima mahasiswa yang menerima beasiswa adalah Zubaidah, Andi Humairah dari asal sekolah SMA Negeri 1 Toboali, Apriansyah asal sekolah MAN Insan Cendikia, Sugandi asal sekolah SMA Simpang Rimba dan Lisa Amelia asal sekolah MA Darrul Istiqomah.

Bupati Basel, Justiar Noer mengatakan bahwa kegiatan ini sangat bagus, anak-anak ini bisa masuk dan berkuliah di sana sangat luar biasa dan berpesan kepada para calon mahasiswa agar terus berjuang, tegar dan jangan patah semangat selama menempuh pendidikannya.

"Kita harapkan kedepannya lebih dari lima dan tambah banyak yang berkuliah mengambil ilmu ini dan menjadi hafiz, mudah-mudahan dengan embrio ini keluarga-keluarga atau orang tua yang lain juga ingin menyekolahkan anaknya kesini, terimaksih kepada orang tua karena tidak mudah mengarahkan anaknya untuk yang seperti ini," ujarnya.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Basel, Sumadi mengatakan memberikan apresiasi yang besar kepada para remaja yang merupakan penghafal Al-Quran. Bentuk apresiasi itu berupa pemberian beasiswa untuk para hafizh Quran di Negeri Junjung Besaoh.

“Para pemuda yang hafal Quran merupakan pemuda-pemuda hebat harapan bangsa dan negara di masa depan,” kata Sumadi kepada Radar Bangka, Jumat (09/10/2020).

Sumadi menambahkan pihaknya mempunyai program beasiswa khusus untuk mereka yang berbakat. Salah satunya beasiswa Hafiz Alquran yang ditujukan bagi lulusan SMA/SMK/MA/sederajat yang mempunyai kemampuan menghafal Alquran minimal 5 Juz.

“Jadi mereka ini (Hafiz Quran) akan sangat berperan, terutama di desanya masing-masing nantinya. Mereka juga bisa menjadi guru di setiap madrasah masjid di desanya dan mengajar di pesantren,” pungkas Sumadi.(ADV/afa)





Berikan Komentar

Toboali Lainnya
Melaut ke Bagan, Nelayan Tanjung Labu Tak Kunjung Pulang
Melaut ke Bagan, Nelayan Tanjung Labu Tak Kunjung Pulang
Minggu, 17 Januari 2021 13:44 WIB
TOBOALI – Yanto (40), nelayan asal Desa Tanjung Labu, Kecamatan Lepar Pongok belum kembali dari melaut di perairan Tanjung Merun,
ASN Meninggal Karena Covid-19, Ketua DPRD Basel Instruksikan Seluruh Pegawai Harus Tes Swab
ASN Meninggal Karena Covid-19, Ketua DPRD Basel Instruksikan Seluruh Pegawai Harus Tes Swab
Kamis, 14 Januari 2021 17:22 WIB
TOBOALI – Meninggalnya seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) Kabupaten Bangka Selatan (Basel) karena terpapar Covid-19, seluruh pejabat dan ASN di
ASN Pemkab Bangka Selatan Meninggal Positif Covid-19
ASN Pemkab Bangka Selatan Meninggal Positif Covid-19
Kamis, 14 Januari 2021 16:35 WIB
TOBOALI – Seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) Kabupaten Bangka Selatan (Basel) inisial Rs (34), meninggal dengan status terkonfirmasi positif virus
Bupati Basel Serahkan SK Penangkatan 183 CPNS
Bupati Basel Serahkan SK Penangkatan 183 CPNS
Rabu, 13 Januari 2021 17:37 WIB
TOBOALI – Sebanyak 183 orang Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) formasi tahun 2019 menerima Surat Keputusan (SK) Pengangkatan yang diserahkan