Empat Paslon Bakal Bertarung di Pilkada Basel


Empat Paslon Bakal Bertarung di Pilkada Basel

TOBOALI - Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Bangka Selatan (Basel) sepertinya bakal diikuti 4 pasangan calon (Paslon) Kepala Daerah (Kada). 

Adapun 3 dari 4 paslon itu diusung dan didukung partai politik (parpol) di antaranya Riza Herdavid-Debby Jamro (PDIP 4 kursi, PBB 2 kursi, PPP 1 kursi dan Partai Gelora).

Rina Tarol-Doni Indra (Demokrat 4 kursi, Golkar 3 kursi, PKB 2 kursi dan PKS 2 kursi), Aditya Rizki Pradana-Ahmad Damiri (Gerindra 4 kursi, PAN 2 kursi, Nasdem 1 kursi dan Hanura). 

Sementara, 1 paslon dari jalur independen atau perseorangan yakni Kodi Midahri-Rusliadi dengan jumlah dukungan sebanyak 13.741 tersebar di 8 kecamatan se-Basel.

Adapun jadwal pendaftaran Bapaslon Bupati dan Wakil Bupati dimulai pada tanggal 4-6 September 2020, yakni tanggal 4-5 September pukul 08.00-16.00 Wib dan tanggal 6 pukul 08.00-24.00 Wib.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Basel Amri menyampaikan kepada seluruh pimpinan atau pengurus parpol, Liaison Officer (LO) atau tim penghubung paslon perseorangan dan paslon Bupati dan Wakil Bupati pada saat pendaftaran harus bebas Covid-19 dengan dibuktikan surat hasil test Swab PCR negatif.

Hal ini berdasarkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (PKPU RI) nomor 10 tahun 2020 tentang perubahan atas PKPU nomor 6 Tahun 2020 tentang pelaksanaan Pilkada serentak lanjutan dalam kondisi bencana non alam Corona Virus Disease 2019 (COVID-19). 

"Pemeriksaan RT-PCR (Real Time Pozymerase Chain Reaction) sebelum masa pendaftaran dan hasilnya dinyatakan negatif Covid-19. Hasil pemeriksaan RT-PCR berlaku paling kurang sampai dengan jadwal pemeriksaan kesehatan jasmani, rohani dan bebas penyalahgunaan narkotika,"ujarnya.

Amri melanjutkan paslon menyerahkan hasil pemeriksaan RT-PCR pada saat pendaftaran. Apabila salah satu paslon dinyatakan positif Covid-19 dari hasil pemeriksaan RT-PCR, maka tidak diperkenankan hadir pada saat pendaftaran.

"Dan pada saat pendaftaran yang diperbolehkan masuk ke ruangan di antaranya paslon, ketua dan sekretaris parpol pengusung dan LO paling banyak 2 orang. Dan kepada para paslon dan parpol pengusung agar melengkapi syarat pencalonan dan syarat calon sesuai aturan PKPU," tukas Amri.(afa)




Banner

Berikan Komentar

Toboali Lainnya
KPU Resmi Tetapkan 4 Paslon Cabub – Cawabup di Pilbup Basel
KPU Resmi Tetapkan 4 Paslon Cabub – Cawabup di Pilbup Basel
Rabu, 23 September 2020 20:20 WIB
TOBOALI - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka Selatan (Basel), resmi menetapkan empat pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Basel
Tim BERADAB Ajak Pers Netral di Pilkada Basel
Tim BERADAB Ajak Pers Netral di Pilkada Basel
Selasa, 22 September 2020 17:37 WIB
TOBOALI – Menjelang penetapan pasangan calon (paslon) pilkada 2020 pada 23 September 2020. Tim pemenangan Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) Bupati
Cegah Politik Uang, Kajari Basel Ingatkan Para Kades dan Lurah Awasi Pilkada
Cegah Politik Uang, Kajari Basel Ingatkan Para Kades dan Lurah Awasi Pilkada
Senin, 21 September 2020 17:59 WIB
TOBOALI – Kejari Bangka Selatan (Basel) mengingatkan kepada seluruh peserta Kepala Desa (Kades) dan Lurah di Kabupaten Basel agar tidak
F- KSKB Desak Pemkab Basel Serahkan Dokumen KUA-PPAS Perubahan
F- KSKB Desak Pemkab Basel Serahkan Dokumen KUA-PPAS Perubahan
Jum'at, 18 September 2020 15:08 WIB
TOBOALI - Fraksi Keadilan Sejahtera Kebangkitan Bangsa (F- KSKB), mendesak Pemkab Bangka Selatan (Basel), segera menyerahkan dokumen Kebijakan Umum Anggaran