Ibu Melati Erzaldi Serahkan Cetakan Kopiah Resam Agar Tercipta Ukuran Baku


Ibu Melati Erzaldi Serahkan Cetakan Kopiah Resam Agar Tercipta Ukuran Baku

SENGIR – Ketua Dekranasda Provinsi kepulauan Bangka Belitung (Babel), Melati Erzaldi hadir di tengah-tengah masyarakat Desa Sengir untuk menyerahkan mold atau cetakan kopiah kepada para pengarjin kopiah resam sehingga tercipta ukuran baku sesuai pasaran.

Pemberian cetakan kopiah kepada Desa Sengir ini merupakan yang pertama diberikan oleh Ketua Dekranasda Melati Erzaldi, agar para pembeli lebih mudah mendapatkan barang yang pas dengan ukuran yang diinginkan.

“Kami berterima kasih atas pemberian cetakan ini. Selama ini kita bikin mold sendiri yang namanya kelebut, terbuat dari kayu keras dari batang cempedak dengan ukuran yang tidak baku. Adanya cetakan ini akan mempermudah pemesan mendapatkan ukuran yang pas,” ungkap Kepala Desa Sengir Ibrohim.

Hasil kerajinan kopiah resam ini dikagumi oleh Ibu Melati Erzaldi, hingga akhirnya membeli satu buah kopiah resam sebagai buah tangan. Atas apresiasi hasil pengrajin resam tersebut, Ibu Melati Erzaldi mengenakan kopiah resam sambil bercerita mengenai keunikan kopiah resam yang menjadi ciri khas dan ikon dari Bangka Belitung.

“Saya memakai kopiah resam ini, kopiah ini sebenarnya dikenakan oleh bapak-bapak. Tapi bagi saya, kopiah resam ini unik dengan desain halus dan menarik, jadi saya coba. Kopiah resam ini dibuat dari pohon resam yang tingkat kesulitannya cukup tinggi, dan menjadi khasnya Bangka Belitung,” ujarnya.

Ibu Melati meminta para pengrajin kopiah resam untuk selalu meningkatkan kualitas dan berinovasi dengan kerajinan resam, dengan tidak hanya berbentuk kopiah atau songkok, tapi juga berbentuk topi yang cantik dan menarik.

Dalam kesempatan tersebut, Ibu Melati memberi tantangan kepada para pengrajin resam di Desa Sengir untuk dapat membuat topi pembina pramuka yang berasal dari resam dan berencana akan selalu mengenakan topi yang terbuat dari resam tersebut di setiap kegiatan nasional yang dihadiri saat menjadi kakwarda. Ini akan menjadi ajang promosi yang bagus untuk memperkenalkan kerajinan resam ke tingkat nasional.(kominfobabel/rb)





Berikan Komentar

Toboali Lainnya
Apdesi Basel Apresiasi Proses Pencarian ADD Lebih Cepat Dari Sebelumnya
Apdesi Basel Apresiasi Proses Pencarian ADD Lebih Cepat Dari Sebelumnya
Selasa, 23 Maret 2021 23:16 WIB
TOBOALI - Sebanyak 50 desa di Kabupaten Bangka Selatan (Basel) telah menerima Anggaran Dana Desa (ADD) tahap pertama yang disalurkan
Bupati Basel Tunjuk 2 Staf Ahli Jadi Plt
Bupati Basel Tunjuk 2 Staf Ahli Jadi Plt
Senin, 22 Maret 2021 18:32 WIB
TOBOALI - Dua pejabat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Selatan (Basel) mengisi kekosongan jabatan di dua OPD sebagai Pelaksna Tugas (Plt),
Guru dan Siswa SD Banyak Positif Covid-19, Dikbud Basel Berlakukan BDR
Guru dan Siswa SD Banyak Positif Covid-19, Dikbud Basel Berlakukan BDR
Rabu, 17 Maret 2021 20:35 WIB
TOBOALI – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Selatan (Basel) melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) menghentikan sementara kegiatan pembelajaran tatap muka
Riza Herdavid Lantik dan Kukuhkan Ketua TP PKK Basel
Riza Herdavid Lantik dan Kukuhkan Ketua TP PKK Basel
Rabu, 17 Maret 2021 14:33 WIB
TOBOALI - Bupati Bangka Selatan (Basel) Riza Herdavid lantik dan kukuhkan Elizia Reza Herdavid sebagai Ketua TPP PKK Kabupaten