4000 Hektare Kawasan KIS Bukan Milik Pemkab Basel


4000 Hektare Kawasan KIS Bukan Milik Pemkab Basel

TOBOALI - Kawasan Industri Sadai (KIS) yang berlokasi di Kecamatan Tukak Sadai, Bangka Selatan (Basel) bukan milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Basel. Kawasan tersebut miliknya perusahaan PT Ration Bangka Abadi (RBA). Hal ini tersebut disampaikan Kepala Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu Perindustrian dan Perdagangan (PMPPTSPPP) Pemkab Basel, Muhamad. 

"KIS itu miliknya PT RBA. Bukan milik Pemkab Bangka Selatan. Dalam pengembangannya pun dilakukan secara langsung oleh PT RBA,"ucap jelas Muhamad saat ditemui wartawan, Senin (30/9/2019).

Dijelaskan Muhamad bahwa Pemkab Basel hanya menetapkan untuk kawasan industri ada di kecamatan Sadai, yang mana sesuai dengan peraturan daerah tentang tata ruang dan tata wilayah. Sedangkan dalam pengembangannya kawasan sepenuhnya menjadi tanggung jawab PT RBA.

"PT RBA yang mengembangkan kawasan di Sadai dan tetap fokus melakukan pengembangan. Tidak ada kendala apapun dalam pengembangan kawasan industri yang selama ini dilakukan oleh PT RBA, sejauh ini lancar. Hanya memang belum ada investasi industri yang masuk di kawasan itu,"jelasnya. 

Dikemukakannya bahwa Pemkab Basel melalui dinasnya PMPPTSPPP, hanya sebatas memfasilitasi dalam hal proses perijinan jika sewaktu-waktu ada investor yang mau berinvestasi di kawasan milik PT RBA yang luasan mencapai 4 ratusan hektare.

"Lahan itu awalnya milik warga dan kemudian dibeli oleh PT RBA. Bukan Pemkab yang membeli lahan itu. Tapi PT RBA sendiri yang membelinya dengan warga. Jadi itu asetnya milik PT RBA bukan aset milik yangsecara keseluruhannya mencapai 3 ribuan hektare. Tapi yang baru dilakukan pembukaan dan pembersihan sekitar 4 ratusan hektare,"katanya. 

Dia menambahkan KIs tersebut merupakan suatu kawasan komersil untuk berinvestasi dalam bidang atau sektor industri. Hanya saja, diluar kawasan itu ada pabrik es dan tambak udang.

"Pemkab hanya sebatas membantu dan memfasilitasi dalam proses perijinan. Tapi, sampai saat ini belum ada ijin investasi industri yang kita keluarkan terkait pengembangan kawasan industri itu. PT RBA  yang lebih mengetahuinya karena itu kerjanya mereka," pungkasnya.(bim)




Banner

Berikan Komentar

Toboali Lainnya
Penambahan Positif Covid-19 Terus Terjadi di Basel
Penambahan Positif Covid-19 Terus Terjadi di Basel
Sabtu, 06 Juni 2020 19:38 WIB
TOBOALI - Pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Bangka Selatan (Basel) terus bertambah dari hari ke hari. Sesuai yang disampaikan
Kapolres Basel Pimpin Upacara Pemakaman Secara Dinas Bripka Eval
Kapolres Basel Pimpin Upacara Pemakaman Secara Dinas Bripka Eval
Jum'at, 05 Juni 2020 14:16 WIB
TOBOALI – Kapolres Bangka Selatan (Basel) AKBP S Ferdinand Suwarji menjadi Irup dalam upacara pemakaman secara kedinasan Almarhum Bripka Eval
Ditikam Didada Kiri, Petani Basel Tewas
Ditikam Didada Kiri, Petani Basel Tewas
Kamis, 04 Juni 2020 21:18 WIB
TOBOALI - Nyawa Deris (35), tak bisa diselamatkan setelah ditikam pisau di bagian dada kirinya. Peristiwa yang dialami petani Dusun
Terkonfirmasi Positif Covid-19 Bertambah 2, Kini Menjadi 3 Orang di Basel
Terkonfirmasi Positif Covid-19 Bertambah 2, Kini Menjadi 3 Orang di Basel
Rabu, 03 Juni 2020 19:41 WIB
TOBOALI – Dalam waktu dua hari, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Bangka Selatan (Basel) kembali menyampaikan update terbaru berkaitan