Inpektorat Basel Siapkan Sanksi Tegas ASN Terbukti Selingkuh


Inpektorat Basel Siapkan Sanksi Tegas ASN Terbukti Selingkuh

TOBOALI – Meski belum adanya laporan Aparatur Sipil Negara (ASN) melakukan selingkuh, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Selatan (Basel) melalui Inspektorat Daerah Kabupaten Basel dengan tegas akan memberikan sanksi yang ada tidak lagi hanya sekadar teguran, namun dapat diberhentikan dengan tidak hormat.

Plt Kepala Inspektorat Daerah Kabupaten Basel PD Marpaung mengatakan sanksi yang tegas diberikan sebagai komitmen pemerintah dalam menciptakan birokrasi yang bersih. Pasalnya, perselingkuhan menjadi imej ASN menjadi buruk. Padahal sebagai pelayan masyarakat, ASN seharusnya memberikan contoh yang baik.

“Bila ada yang melaporkan dan memang benar itu terbukti,maka sanksi tegas dan hukumanya berat menanti mereka. Yang dimaksud hukuman berat dalam PP Nomor 53 tahun 2010 adalah berupa penurunan pangkat, pemindahan dalam rangka penurunan jabatan, pembebasan jabatan dan pemberhentian,”tegasnya kepada Radar Bangka,Senin(9/9/2019).

Menurut Marpaung sebagai wujud komitmen sanksi tidak hanya akan dijatuhkan kepada ASN yang dimaksud. Namun bagi atasan sang ASN tersebut juga dapat diancam terkena pemberian sanksi, jika tidak mau menghukum ASN yang jelas-jelas terbukti melakukan perselingkuhan.

 “Jangan main – mainlah karna kasus perselingkuhan ASN dilarang keras. Dan telah tertulis dalam PP 53. Dan itu memang kesalahan yang sangat fatal bagi ASN dan jika memang telah ada laporan dan emang terjadi dan melanggar, maka tetap akan memproses sesuai ketentuan yang tertulis dalam UU tersebut,”jelasnya.

Ketika ditanya, adanya laporan ASN yang diduga sedang berduanya  di Pantai Nek Aji diluar jam kerja ? Marpaung mengakui sudah mendengarnya namun mesti ada laporan dari Kepala Dinas terkait maupun laporan dari Istri/Suami dari pasangan yang sah pelaku selingkuh tersebut, bukan langsung pihaknya yang memperosesnya.

“Karena Inspektorat baru dapat melakukan proses, ketika ada laporan. Memang pernah ada ASN yang telah dipecat karena kasus perselingkuhan. Hanya saja sudah lama sekali kejadinya,” pungkas Marpung.(bim)





Berikan Komentar

Toboali Lainnya
Kapolres Basel AKBP Ferdinand Buka Pelatihan Penyidik TPPU
Kapolres Basel AKBP Ferdinand Buka Pelatihan Penyidik TPPU
Kamis, 17 Oktober 2019 16:58 WIB
TOBOALI - Kapolres Bangka Selatan (Basel) , AKBP S Ferdinand Suwarji membuka kegiatan pelatihan peningkatan kemampuan penyidik Polres Basel dan
Tingkat Ancaman Kedepan Semakin Berat, Polres Basel Latihan Menembak
Tingkat Ancaman Kedepan Semakin Berat, Polres Basel Latihan Menembak
Selasa, 15 Oktober 2019 19:17 WIB
TOBOALI – Kapolres Bangka Selatan (Basel), AKBP S Ferdinand Suwarji dan diikuti oleh Pejabat Utama (PJU), Kapolsek Jajaran dan seluruh
Kunjungi Dewan Pers,Wartawan Basel Diskusikan Kebebasan Pers
Kunjungi Dewan Pers,Wartawan Basel Diskusikan Kebebasan Pers
Sabtu, 12 Oktober 2019 21:24 WIB
JAKARTA – Jurnalis Kabupaten Bangka Selatan (Basel) dari media Babel Pos, Radar Bangka dan Berita Bangka melakukan kunjungan ke Dewan
65 Peserta Ikuti Jambore Selam Babel di Desa Tanjung Labu
65 Peserta Ikuti Jambore Selam Babel di Desa Tanjung Labu
Kamis, 10 Oktober 2019 19:12 WIB
TOBOALI – Jambore Selam Babel dalam rangka memperinganti Hari Sumpah Pemuda ke 91 merupakan kegiatan yang untuk pertama kalinya akan