LBH Basel Pertanyakan Pajak Penerangan Jalan


LBH Basel Pertanyakan Pajak Penerangan Jalan

TOBOALI – Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Bangka Selatan (Basel) mengungkapkan berdasarkan data yang dihimpun menerima data pajak realisasi penerangan jalan umum sebesar Rp 7.513.877.319 per Januari sampai Desember 2018. Hal tersebut disampaikan Direktur LBH Basel Erdian,S,H.

“Tahun 2018 lalu pajak realisasi penerangan jalan umum sebesar Rp 7.513.877.319. Semoga saja masyrakat tidak berpikir di kemanakan uang pajak yang kami bayar akan tetapi kami tidak menerima hak hak kami sebagai pembayar pajak,”sebutnya kepada Radar Bangka, Minggu(14/7).

Menurut Erdian, suatu proyek perlu suatu kajian dan perencanaan yang matang karena anggaran yang digunakan anggaran negara baik dari APBD maupun APBN, pemungutan pajak lampu penerangan jalan oleh PLN kepada masyarakat melalui potongan langsung pada saat pembelian token maupun pembayaran tagihan.

“Yang kemudian oleh PLN diserahkan kepada Pemerintah Kabupaten. Dengan tidak terpenuhimya penerangan jalan namun masyarakat tetap dipungut pajak, untuk itu kami mengindikasikan adanya pengemplengan pajak,”bebernya.

Oleh pihak pemda, lanjut Erdian, Pemkab Basel harus segera membuktikan kemana pajak pajak yang dibayarkan tersebut, transparansi adalah salah satu cara agar dugaan terhadap pengemplengan pajak atau justru mengarah kepada persekongkolan jahat menggelapkan dana pajak yang dibayarkan masyarakat.

“Ini untuk menjadi jelas arahnya dan peruntukannya, pemda harus menjawab dengan menggunakan hak jawab, bukan malah membuat proyek setengah hati atau proyek sesaat seperti sekarang,”jelasnya.

Ia menambahkan bahwa kuat indikasi pihaknya terhadap pemerintah dan PLN yang melakukan pemungutan langsung terhadap pajak penerangan jalan adalah perbuatan yang tidak terpuji sebagai penyelenggara pemerintahan tertinggi di Kabupaten Basel.

“Tentunya hal ini perbuatan yang tidak terpuji sebagai penyelenggara pemerintahan tertinggi di Kabupaten Basel. Pajak yang di pungut langsung sebesar 7% ya di kalikan saja dengan berapa kali masyrakat melakukan pengisian iuran listrik lewat token,”tandasnya.(bim)





Berikan Komentar

Toboali Lainnya
GEMPA Basel Tetap Konsisten Tolak Tambang Laut
GEMPA Basel Tetap Konsisten Tolak Tambang Laut
Sabtu, 24 Agustus 2019 20:20 WIB
TOBOALI – Gerakan Masyarakat Peduli Lingkungan (GEMPA) Bangka Selatan (Basel) menolak rencana kehadiran Kapal Isap Produksi (KIP) di perairan Sukadamai
Tolak KIP, Nelayan Toboali Gelar Rapat Bersama
Tolak KIP, Nelayan Toboali Gelar Rapat Bersama
Jum'at, 23 Agustus 2019 21:51 WIB
TOBOALI - Puluhan nelayan Toboali di Kecamatan Toboali menggelar rapat bersama di Balai Nelayan Batu Perahu, Kampung Lalang Kelurahan Tanjung
Samsul Bahri Resmi Daftar Gugat KPU Basel ke PTUN
Samsul Bahri Resmi Daftar Gugat KPU Basel ke PTUN
Rabu, 21 Agustus 2019 22:08 WIB
TOBOALI - Politisi Partai Gerindra Bangka Selatan (Basel), Samsul Bahri mendatangi Pengadilan Tata Usaha Negara ( PTUN) di Kota Pangkalpinang,
Merah Putih Berkibar di Dasar Laut Pulau Kelapan
Merah Putih Berkibar di Dasar Laut Pulau Kelapan
Senin, 19 Agustus 2019 14:11 WIB
TOBOALI - South Bangka Diving (SOBAD) yang tergabung di Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) Kabupaten Bangka Selatan (Basel), mengibarkan