LBH Basel Pertanyakan Pajak Penerangan Jalan


LBH Basel Pertanyakan Pajak Penerangan Jalan

TOBOALI – Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Bangka Selatan (Basel) mengungkapkan berdasarkan data yang dihimpun menerima data pajak realisasi penerangan jalan umum sebesar Rp 7.513.877.319 per Januari sampai Desember 2018. Hal tersebut disampaikan Direktur LBH Basel Erdian,S,H.

“Tahun 2018 lalu pajak realisasi penerangan jalan umum sebesar Rp 7.513.877.319. Semoga saja masyrakat tidak berpikir di kemanakan uang pajak yang kami bayar akan tetapi kami tidak menerima hak hak kami sebagai pembayar pajak,”sebutnya kepada Radar Bangka, Minggu(14/7).

Menurut Erdian, suatu proyek perlu suatu kajian dan perencanaan yang matang karena anggaran yang digunakan anggaran negara baik dari APBD maupun APBN, pemungutan pajak lampu penerangan jalan oleh PLN kepada masyarakat melalui potongan langsung pada saat pembelian token maupun pembayaran tagihan.

“Yang kemudian oleh PLN diserahkan kepada Pemerintah Kabupaten. Dengan tidak terpenuhimya penerangan jalan namun masyarakat tetap dipungut pajak, untuk itu kami mengindikasikan adanya pengemplengan pajak,”bebernya.

Oleh pihak pemda, lanjut Erdian, Pemkab Basel harus segera membuktikan kemana pajak pajak yang dibayarkan tersebut, transparansi adalah salah satu cara agar dugaan terhadap pengemplengan pajak atau justru mengarah kepada persekongkolan jahat menggelapkan dana pajak yang dibayarkan masyarakat.

“Ini untuk menjadi jelas arahnya dan peruntukannya, pemda harus menjawab dengan menggunakan hak jawab, bukan malah membuat proyek setengah hati atau proyek sesaat seperti sekarang,”jelasnya.

Ia menambahkan bahwa kuat indikasi pihaknya terhadap pemerintah dan PLN yang melakukan pemungutan langsung terhadap pajak penerangan jalan adalah perbuatan yang tidak terpuji sebagai penyelenggara pemerintahan tertinggi di Kabupaten Basel.

“Tentunya hal ini perbuatan yang tidak terpuji sebagai penyelenggara pemerintahan tertinggi di Kabupaten Basel. Pajak yang di pungut langsung sebesar 7% ya di kalikan saja dengan berapa kali masyrakat melakukan pengisian iuran listrik lewat token,”tandasnya.(bim)





Berikan Komentar

Toboali Lainnya
Apresiasi Kinerja Anggotanya, Kapolres Basel Beri Penghargaan
Apresiasi Kinerja Anggotanya, Kapolres Basel Beri Penghargaan
Selasa, 21 Januari 2020 12:27 WIB
TOBOALI - Kapolres Basel AKBP S Ferdinand Suearji, SE menjadi inspektur upacara Hari Kesadaran Nasional yang dilaksanakan secara rutin setiap
Waduh… Kampanye Belum Dimulai Tapi Baliho Kandidat Sudah Bertebaran
Waduh… Kampanye Belum Dimulai Tapi Baliho Kandidat Sudah Bertebaran
Senin, 20 Januari 2020 14:45 WIB
TOBOALI – Baliho sejumlah kandidat Bakal Calon Kepala Daerah yang digadang - gadang akan bertanding pada Pemilihan Bupati dan Wakil
UPT PAM Basel Beri Kemudahan Pembayaran Lewat Online Payment
UPT PAM Basel Beri Kemudahan Pembayaran Lewat Online Payment
Minggu, 19 Januari 2020 23:30 WIB
TOBOALI – Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengelolaan Air Minum (PAM) Kabupaten Bangka Selatan (Basel) saat ini telah menerapkan sistem pembayaran
Simpan Sabu Dalam Kosmetik, Pecandu Narkoba Dibekuk
Simpan Sabu Dalam Kosmetik, Pecandu Narkoba Dibekuk
Sabtu, 18 Januari 2020 00:01 WIB
TOBOALI - Seorang pria dibekuk Satuan Reserse Narkoba Polres Bangka Selatan (Basel) dengan sangkaan kepemilikan sabu pada Selasa (14/1/2020), sekitar