Razia Tambang Laut, Tim Bakar Ponton & Sakan


Razia Tambang Laut, Tim Bakar Ponton & Sakan

TOBOALI – Tim terpadu yang tergabung Polri,Satpol PP, DPKPLH, Dinas Pertanian, Pangan, Perikanan, perikanan serta  PT Timah melakukan razia dan penertiban tambang inkonvensional di daerah  Tanjung Kemirai dan Tanjung Timur, Kabupaten Bangka Selatan (Basel),Jumat(12/7).

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Lingkungan Hidup (DPKPLH), Gatot Wibowo mengatakan tim terpadu yang dipimpin Kapolres Bangka Selatan, AKBP Aris Sulistyono dalam rangka penertiban tambang laut/TI apung/selam dan sekaligus operasi Yustisi.

 “Tim dibagi menjadi dua. Di Tanjung Kemirai sebanyak 25 personil tidak ditemukan aktivitas apa – apa. Sementara di Tanjung Timur sebanyak 35 personil, ditemukan TI selam sebanyak 20 unit ponton yang  sedang tidak bekerja,”ujarnya kepada Radar Bangka,Sabtu(13/7).



Dikemukakan Gatot, dari pantaian diduga ada sekitar 10 unit kapal compreng yang beroperasi tetapi keberadaannya diatas 12 mil laut berdasarkan dari hasil pantaun tim Satpolair Polres Basel yang tiba di Tanjung Timur sekitar pukul 17.50 wib.

Melalui perjalanan yang berat karena kondisi medan letak yang jauh dan kondisi hutan yang sangat sempit dengan menggunakan 6 unit, lanjut Gatot segera melakukan operasi yustisi dengan mengumpulkan seluruh penduduk yang ada dan didata.

“Langsung didata dan diberikan arahan dan diultimatum untuk dalam waktu 3 hari segera melakukan aktivitas pembongkaran tempat tinggal dan TI apung/selam.Nah,apalabila dalam waktu tersebut belum ada aktivitas penbongkaran.Tim akan melakukan upaya hukum lebih keras,”jelasnya.

Dan dari mereka pun sudah menyetujuinya bahkan menyampaikan ucapan terimakasih kepada tim karena sudah diingatkan dan masih ada upaya represif dati tim terpadu.Dan dalam 3 hari kedepan tim akan meninjau kembali ke lokasi.

“Disana tim melakukan pemusnahan atau pembakaran 1 unit ponton TI dan 1 unit sakan yang berada di pinggiran pantai di lokasi. Sementara 19 lainnya tertambat agak jauh di laut. Kemudian tim bwrgerak pulang dan kedua tim bertemu di simpang telex umtuk apel konsolidasi,” pungkas Gatot.(bim)





Berikan Komentar

Toboali Lainnya
Bantu Para Pedagang, Jeki Bangun Pasar Tradisional
Bantu Para Pedagang, Jeki Bangun Pasar Tradisional
Kamis, 05 Desember 2019 17:15 WIB
TOBOALI – Pengusaha muda asal Toboali, Jeki membangun pasar tradisional di Jalan Damai Kecamatan Toboali agar masyarakat kecil bisa bertransaksi
Maju Jalur Independen, Pasangan KORI Nyatakan Tidak Ada Deal Politik
Maju Jalur Independen, Pasangan KORI Nyatakan Tidak Ada Deal Politik
Kamis, 05 Desember 2019 08:00 WIB
TOBOALI - Persaingan Pemilihan Bupati Kabupaten Bangka Selatan (Basel) 2020 semakin hangat, menyusul munculnya bakal calon bupati dari jalur perseorangan
Milad ke-107, Muhammadiyah Basel Gelar Pawai Ta’aruf
Milad ke-107, Muhammadiyah Basel Gelar Pawai Ta’aruf
Senin, 18 November 2019 09:49 WIB
TOBOALI - Sambut Milad ke-107 Muhammadiyah Kabupaten Bangka Selatan (Basel) dimeriahkan dengan pawai ta’aruf sekaligus gerak jalan santai yang diikuti
Polres Basel Ungkap Kasus Eksploitasi Anak Bekerja Dilokaliasi
Polres Basel Ungkap Kasus Eksploitasi Anak Bekerja Dilokaliasi
Selasa, 12 November 2019 18:40 WIB
TOBOALI – Satuan Reserse Kriminal Polres Basel mengungkap kasus dugaan tindak pidana eksploitasi anak. Pengungkapan kasus ini berdasarkan laporan