Wah! 65 Sekolah di Basel Belum Setor Pajak BOS


Wah! 65 Sekolah di Basel Belum Setor Pajak BOS

TOBOALI – Sebanyak 52 Sekolah Dasar Negeri (SDN) dan 13 Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) di Kabupaten Bangka Selatan (Basel) diduga belum menyetorkan pajak dana Biaya Operasional Sekolah (BOS)  tahun 2017 dan 2018 yang diduga mencapai Rp 370 juta lebih.

Informasi yang dihimpun dilapangan,kewajiban perpajakan yang terkait dengan penggunaan dana BOS yang belum disetor yaitu SD sekitar Rp 309 juta dan SMPN sekitar Rp65 juta. Menanggapi hal tersebut, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten Basel Sumadi mengungkapkan pihaknya akan memanggil seluruh Kepala Sekolah SD dan SMP.

“Tujuanya kita panggil adalah agar segera menyelesaikan pertanggunjawaban dana BOS termasuk membayar pajaknya,” ujar Sumadi yang juga menjabat Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah kepada Radar Bangka, Kamis (11/7/2019).

Hal senada juga disampaikan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Inspektorat Basel Marpaung Pinondang Dominggus yang menegaskan Bupati Basel telah telah memberikan ultimatum kepada seluruh OPD agar segera menyelesaikan penyetoran ke kas negara atau daerah paling lambat 30 hari sejak Surat Bupati perihal TLHP BPK RI diterima pihaknya.

“Benar, ada 52 SD Negeri dan 13 SMP Negeri. Dari kami sudah mengirimkan surat dari Pak Bupati ke Dinas Pendidikan dan Kebudayaan yang inti dari isinya adalah Kepala Dinas untuk memerintahkan para Kepala Sekolah agar segera menyetor ke kas negara terkait temuan tersebut,” jelasnya.

Marpaung juga menegaskan bilamana tidak selesai dan terdapat OPD dan rekanan yang membandel, maka pihaknya akan dimasukkan dalam agenda sidang Majelis Pertimbangan Tuntutan Perbendaharaan dan Tuntutan Ganti Rugi (MP-TP-TGR) Kabupaten Basel.

“Untuk itu kita himbau untuk segeralah menyelesaikanya karna jika tidak akan kita masukan dalam agenda sidang MP-TP-TGR  Kabupaten Basel atau meminta bantuan Kejaksaan Negeri untuk membantu proses penyelesaiannya,” pungkasnya.(bim)





Berikan Komentar

Toboali Lainnya
Nelayan Desa Kepoh, Tukak, Bukit Terap,Tiram Keluhkan Belasan TI Tower
Nelayan Desa Kepoh, Tukak, Bukit Terap,Tiram Keluhkan Belasan TI Tower
Senin, 15 Juli 2019 22:51 WIB
TOBOALI – Nelayan 4 Desa di Kabupaten Bangka Selatan (Basel) yaitu Desa Kepoh, Tukak, Bukit Terap serta Tiram mengeluhkan adanya
Kapolres Akan Tindaklanjuti Pengerit Sesuai SOP
Kapolres Akan Tindaklanjuti Pengerit Sesuai SOP
Senin, 15 Juli 2019 07:35 WIB
TOBOALI - Kapolres Bangka Selatan (Basel) AKBP Aris Sulistyono akan menindak tegas dan menindaklanjuti soal keluhan masyarakat terhadap adanya pengerit
Peletakan Batu Pertama SMP Muhammadiyah Basel, Sumadi Ingatkan Tidak Ada Lagi Anak Putus Sekolah
Peletakan Batu Pertama SMP Muhammadiyah Basel, Sumadi Ingatkan Tidak Ada Lagi Anak Putus Sekolah
Senin, 15 Juli 2019 12:10 WIB
TOBOALI – Plt Disdikbud Kabupaten Basel, Sumadi yang juga Pimpinan Muhammadiyah Basel melakukan peletakan batu pertama pembangunan Unit Sekolah
PJU Sudirman Kembali Nyala, BLH Basel Tetap Gugat Pemkab Basel
PJU Sudirman Kembali Nyala, BLH Basel Tetap Gugat Pemkab Basel
Minggu, 14 Juli 2019 18:34 WIB
TOBOALI - Menanggapi akan terang benderangnya Jalan Sudirman Toboali dan Komplek Perkantoran Bupati Basel menggugah Direktur Lembaga Bantuan Hukum (LHB)