Gandeng Aktivis HAM Haris Azhar, LBH Basel Gugat Pemkab Basel


Gandeng Aktivis HAM Haris Azhar, LBH Basel Gugat Pemkab Basel


TOBOALI – Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Bangka Selatan (Basel) menggandeng aktivis Hak Asasi Manusia (HAM), Hariz Azhar untuk menggungat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Basel Cq Bupati Basel Justiar Noer. 

Gugatan ini terkait dengan proyek instalasi lampu PJU tahun 2017 yang telah menghabiskan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Basel senilai Rp2.898.362.000.

“Kami sangat sangat serius dalam mempersiapkan gugatan ini, sampai tahapan ini kami akan membentuk team untuk melakukan investigasi ke lapangan agar data data yang kami dapatkan adalah data - data yg konkrit dan tidak mengada - ngada,”tegas Direktur LBH Basel Erdian,S,H kepada Radar Bangka, Rabu(12/6/2019).

Pria yang akrab disapa Bung Chimot ini mengatakan, Haris Azhar, tokoh hukum nasional serta orang yang berpengaruh di Republik Indonesia saat ini, dia sangat tertarik dengan objek yang akan menjadi bahan gugatan.

Bahkan menurut mantan kordinator KONTRAS serta founder LOKATARU ini lewat LBH Basel bahwa investigasi ini akan mencari tahu siapa saja yang akan bertanggung jawab atas proyek gagal PJU ini, apa yang menjadi tanggung jawab pemerintah daerah terhadap fasilitas umum yang di peruntukkan untuk masyrakat,kemana hak - hak masyrakat,sebut aktivis penggiat hak azazi manusia ini.      

“Ini isu - isu di daerah yang harus kita angkat ke nasional,biar Indonesia tahu kalau di Bangka Selatan Toboali ada tiang- tiang lampu jalan yang gak nyala nyala,di bangun pake APBD,pajak masyrakat yang bayar, lho kok masyrakat gak terima haknya,”bebernya.

Sementara Haris Azhar dikonfirmasi membenarkan akan turun langsung ke Bangka Belitung.  “Saya akan ke Bangka dan akan ikut menggugat di Pengadilan Negeri Sungailiat,kita lihat sejauh mana kita akan mendapatkan keadilan di negeri ini,”ucapnya singkat.

Sebelumnya, warga Kecamatan Toboali membubuhkan tanda tangan dukungan kepada Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Bangka Selatan (Basel) untuk menggungat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Basel Cq Bupati Basel Justiar Noer terkait  instalasi lampu PJU, Kamis (16/5/2019).

Pengumpulan tanda tangan dukungan dilakukan langsung Direktur LBH Basel Erdian, S,H dengan cara ‘Door to Door’ di sepanjang Jalan Sudirman dan sekitarnya sore tadi. Tujuannya agar tersampaikan langsung kepada masyarakat yang ingin menyatakan sikap mendukung gugatan yang akan diajukan yaitu gugatan class action.

“Tadi bisa kita lihat bersama – sama bahwa respon masyarakat sangat positif. Dari beberapa tempat yang kami sebarkan formulir, termasuk juga para pengusaha yang mempunyai toko banyak yang menyatakan ingin adanya penegasan terhadap penegakan hukum mengenai lampu jalan yang tidak kunjung selesai,” pungkas Erdian.(bim)





Berikan Komentar

Toboali Lainnya
Pecah Ban, Colt Mitsubishi Terjun Ke Sungai, 2 Tewas
Pecah Ban, Colt Mitsubishi Terjun Ke Sungai, 2 Tewas
Jum'at, 14 Juni 2019 13:23 WIB
TOBOALI – Kecelakaan tunggal terjadi di Jalan Raya Kecamatan Airgegas, Kabupaten Bangka Selatan (Basel), Jumat (14/6) sekitar pukul 07.30 wib.
Heboh, Warga Temukan Mayat di Tepi Pantai Tanjung Merun
Heboh, Warga Temukan Mayat di Tepi Pantai Tanjung Merun
Rabu, 22 Mei 2019 20:58 WIB
LEPARPONGOK - Warga Kecamatan Lepar Pongok, Kabupaten Bangka Selatan digegerkan dengan penemuan mayat yang sebagian menjadi tulang di Pantai Tanjung
Terkait JPU, Pemkab Basel Belum Terima Surat Gugatan LBH
Terkait JPU, Pemkab Basel Belum Terima Surat Gugatan LBH
Senin, 20 Mei 2019 21:42 WIB
TOBOALI – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kabupaten Bangka Selatan (Basel) sampai saat ini mengaku belum menerima surat gugatan terkait instalasi lampu
Buaya 3,4 Meter Pemangsa Mahrom di Sungai Empek Ditangkap Warga
Buaya 3,4 Meter Pemangsa Mahrom di Sungai Empek Ditangkap Warga
Jum'at, 17 Mei 2019 20:14 WIB
PAYUNG – Warga Dusun Pasir Putih,Desa Betumpang,Kecamatan Payung,Kabupaten Bangka Selatan (Basel) berhasil menangkap seekor buaya yang menerkam Mahrom (33), warga