Soal Jabatan Sekda, Komisi I : Pemkab Basel Kangkangi Perpres 3 Tahun 2018


Soal Jabatan Sekda, Komisi I : Pemkab Basel Kangkangi Perpres 3 Tahun 2018

TOBOALI - Belum ditetapkan Penjabat Sekretaris Daerah (Pj Sekda) oleh Bupati Basel Justiar Noer membuat Komisi 1 DPRD Basel geram. Pasalnya masa kepemimpinan Agus Pratomo menjabat Plh Sekda Basel yang sejak lima bulan, tepatnya tanggal 3 Januari 2019 lalu telah habis, hingga sampai kini tak kunjung dilantik. 

Sekretaris Komisi 1 DPRD Basel,Samsir atas nama Komisi 1 menegaskan mendesak Pemkab Basel secepatnya melakukan pengisian sejumlah jabatan  tinggi yang ada di Kabupaten Basel, khususnya yang bersifat vital yaitu Sekretaria daerah dan Kepala Bapeda.

"Dan khususnya jabatan Sekda agar menyaranakan dan sekaligus meminta Pemkab Basel secepatnya mengangkat Penjabat Sekda dengan meminta persetujuan Gubernur sebagai perwakilan pemerintahan pusat sampai ditetapkannya  sekretris daerah definitif hasil pengisian jabatan tinggi yg akan dilakukan,"tegas Samsir kepada Radar Bangka, Kamis (2/5).

Menurut politisi partai PKS hal ini sesuai yang sudah diatur oleh perpres no 3 tahun 2018 pasal 5 ayat ( 2 ) bahwa bupati/ wali kota mengangkat pejabat sekretaris daerah Kabupaten/kota untuk melaksanakan tugas Sekda setelah mendapat persetujuan dari gubernur sebagai wakil pemerintahan pusat, ini dalam kontek terjadinya kekosongan di posisi jabatan Sekda.Apalagi sekarang,posisi sekda hanya dijabat oleh pelaksana harian yang sudah berlangsung kurang lebih 4 bulan.

"Jelas hal ini tidak lazim dan tidak sesuai dengan perundang - undangan yang berlakuk khususnya perpres no 3 tqhun 2018 pasal pasal 4 .Bahwa Pelaksana harian  ditunjuk hanya untuk masa kerja maksimal 15 hari masa kerja  dan atau mengganti sekda dalam masa proses penerbitan keputusan pemberhentian sekretris daerah kurang dari 7 hari kerja sampai pengangkatan pejabat sekretris daerah,"bebernya. 

Artinya,lanjut Samsir bahwa Plh  hanya untuk menghandel pekerjaan sementara pada saat proses transisi jabatan sekda dari pemberhentian atau oenfunduran dirinya sampai ditiunjuknya pejabat sekda.Berdasarkan perpres nomor 3 tahun 2018 tersebut,akhirnya dari komisi 1 merekomendasikan dan menyarankan.

"Agar Pemkab Basel secepatnya menetapkan dan mengangkat pejabat sekretris daerah untuk masa 6 bulan ke depan dengan persetujuan gubernur. Dan menyiapkan secepatnya proses pengisian jabatan tinggi khususnya sekretris daerah dalam waktu dekat ini,"tandas Samsir. (bim)





Berikan Komentar

Toboali Lainnya
Tingkat Ancaman Kedepan Semakin Berat, Polres Basel Latihan Menembak
Tingkat Ancaman Kedepan Semakin Berat, Polres Basel Latihan Menembak
Selasa, 15 Oktober 2019 19:17 WIB
TOBOALI – Kapolres Bangka Selatan (Basel), AKBP S Ferdinand Suwarji dan diikuti oleh Pejabat Utama (PJU), Kapolsek Jajaran dan seluruh
Kunjungi Dewan Pers,Wartawan Basel Diskusikan Kebebasan Pers
Kunjungi Dewan Pers,Wartawan Basel Diskusikan Kebebasan Pers
Sabtu, 12 Oktober 2019 21:24 WIB
JAKARTA – Jurnalis Kabupaten Bangka Selatan (Basel) dari media Babel Pos, Radar Bangka dan Berita Bangka melakukan kunjungan ke Dewan
65 Peserta Ikuti Jambore Selam Babel di Desa Tanjung Labu
65 Peserta Ikuti Jambore Selam Babel di Desa Tanjung Labu
Kamis, 10 Oktober 2019 19:12 WIB
TOBOALI – Jambore Selam Babel dalam rangka memperinganti Hari Sumpah Pemuda ke 91 merupakan kegiatan yang untuk pertama kalinya akan
SNC Babel Bersama Anak Yatim, SNC Babel Nobar Film Hayya
SNC Babel Bersama Anak Yatim, SNC Babel Nobar Film Hayya
Selasa, 08 Oktober 2019 18:23 WIB
TOBOALI - Spirit Nabawiyah Community (SNC) cabang Bangka Belitung (Babel) bersama anak yatim dari berbagai panti asuhan, nonton bareng (Nobar)