Inspektorat Basel Jawab KPK : Jamin Basel Bebas Praktik Jual Beli Jabatan


Inspektorat Basel Jawab KPK : Jamin Basel Bebas Praktik Jual Beli Jabatan

TOBOALI –  Inspektorat Kabupaten Bangka Selatan (Basel), Marpaung menjamin tak ada praktik jual beli jabatan di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Basel.

Hal tersebut dikemukakan Kepala Plt Inspektorat Basel, Marpaung menanggapi penegasan dari Tim dari Koordinasi Supervisi dan Pencegahan (Korsupgah) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang mengingatkan Bupati Basel Justiar Noer agar tidak  memanfaatkan jabatan dengan melakukan   jual beli jabatan dan bagi - bagi proyek.

“Kalau saya rasa tidak terjadi jual beli itu. Mungkin itu pemahaman yang berbeda jual beli. Karna KPK jauh lebih hebat, dia jauh lebih pasti tau dulu apa yang terjadi. Terus jual beli proyek (bagi – bagi proyek), ini kembali lagi kepada sub kontrol, sama dengan yang jual beli jabatan tadi yaitu kembali pada sub kontrolnya,”tegas Marpaung kepada Radar Bangka, Rabu (10/4/2019).

Menurut Marpaung, Pemkab Basel dalam menjalankan mekanisme seleksi jabatan untuk menentukan PNS yang akan menduduki posisi tertentu. Marpaung memastikan tidak ada PNS yang melakukan suap supaya bisa menduduki jabatan barunya.

“Kalau itu terjadi terus apa sanksi dari Inspektorat ? Kita tidak bisa mengcover kalau itu terjadi.Setelah ramai ya memang tidak ada yang mau melapor adanya jual beli jabatan, jual beli proyek. Idealnya ketika dia ragu proses SPI (Sistem Pengendalian Intern)nya,bisa konsultasi ke kami atau minta bantuan ke kami untuk melaksanakan kegiatan tersebut,”jelasnya.

Meski menjamin tidak ada jual beli jabatan dan bagi – bagi proyek di Basel, dia meminta masyarakat melapor jika memiliki informasi tentang adanya suap dari PNS tertentu dan bagi – bagi proyek tersebut.

“Jadi kita jamin tidak ada dengan catatan kalau memang si orang tersebut tidak punya niat untuk melakukan itu. Terus kalau terjadi bagaimana ? Waduh, kan tidak pernah ada yang melapor.Setelah terjadi baru melapor, coba kalau sejak awal (member contoh), Pak saya ragu dengan pekerjaan saya, akan kita back up dalam pendampingan dan itu sudah kami lakukan itu,”pungkas Marpaung.

Diberitakan sebelumnya, Tim dari Koordinasi Supervisi dan Pencegahan (Korsupgah) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Azril Zah mengingatkan Bupati Basel Justiar Noer agar tidak  memanfaatkan jabatan dengan melakukan tindakan tercela seperti jual beli jabatan, bagi - bagi proyek dan bermain di perizinan.

" Saya sudah ketemu bupati dan sudah saya tegaskan. Hati hati pak, jangan sampai terjadi jual beli jabatan, bagi bagi proyek dan perizinan yang dimain-mainkan. Ya  sudah kita ingatkan itu,"tegas Azri Zah kepada Radar Bangka saat melakukan monitoring dan evaluasi di Pemkab Basel.

Dikatakan Azri , KPK sendiri melihat banyak kasus yang terjadi didaerah. Untuk itu pihaknya lebih dulu melakukan upaya - upaya pencegahan. "Kita melihat ada banyak kasus di semua daerah, untuk itu kita melakukan upaya - upaya pencegahan,"katanya.

Di Basel sendiri ada delapan rencana aksi pencegahan yang di pantau KPK diantaranya perencanaan APBD, Pengadaan Barang dan Jasa, Organisasi harua mendiri dan permanen dengan cara mengunakan sitem elektromik agar dapat dengan mudah di cek.

" Perizinan ya seperti itu, harus pelimpahan kewenangan kewenangan yang ada dari dinas dinas harus kedinas PTSP dengan cara mengunakan aplikasi online supaya dapat tercatat dengan baik, sehingga kalau di cek sudah ada,"katanya. (bim)





Berikan Komentar

Toboali Lainnya
Heboh, Warga Temukan Mayat di Tepi Pantai Tanjung Merun
Heboh, Warga Temukan Mayat di Tepi Pantai Tanjung Merun
Rabu, 22 Mei 2019 20:58 WIB
LEPARPONGOK - Warga Kecamatan Lepar Pongok, Kabupaten Bangka Selatan digegerkan dengan penemuan mayat yang sebagian menjadi tulang di Pantai Tanjung
Terkait JPU, Pemkab Basel Belum Terima Surat Gugatan LBH
Terkait JPU, Pemkab Basel Belum Terima Surat Gugatan LBH
Senin, 20 Mei 2019 21:42 WIB
TOBOALI – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kabupaten Bangka Selatan (Basel) sampai saat ini mengaku belum menerima surat gugatan terkait instalasi lampu
Buaya 3,4 Meter Pemangsa Mahrom di Sungai Empek Ditangkap Warga
Buaya 3,4 Meter Pemangsa Mahrom di Sungai Empek Ditangkap Warga
Jum'at, 17 Mei 2019 20:14 WIB
PAYUNG – Warga Dusun Pasir Putih,Desa Betumpang,Kecamatan Payung,Kabupaten Bangka Selatan (Basel) berhasil menangkap seekor buaya yang menerkam Mahrom (33), warga
Antusias Warga Bubuhkan Tanda Tangan Dukung Ancam Gugat Pemkab Basel
Antusias Warga Bubuhkan Tanda Tangan Dukung Ancam Gugat Pemkab Basel
Kamis, 16 Mei 2019 23:11 WIB
TOBOALI – Warga Kecamatan Toboali membubuhkan tanda tangan dukungan kepada Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Bangka Selatan (Basel) untuk menggungat Pemerintah