Inspektorat Basel Jawab KPK : Jamin Basel Bebas Praktik Jual Beli Jabatan


Inspektorat Basel Jawab KPK : Jamin Basel Bebas Praktik Jual Beli Jabatan

TOBOALI –  Inspektorat Kabupaten Bangka Selatan (Basel), Marpaung menjamin tak ada praktik jual beli jabatan di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Basel.

Hal tersebut dikemukakan Kepala Plt Inspektorat Basel, Marpaung menanggapi penegasan dari Tim dari Koordinasi Supervisi dan Pencegahan (Korsupgah) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang mengingatkan Bupati Basel Justiar Noer agar tidak  memanfaatkan jabatan dengan melakukan   jual beli jabatan dan bagi - bagi proyek.

“Kalau saya rasa tidak terjadi jual beli itu. Mungkin itu pemahaman yang berbeda jual beli. Karna KPK jauh lebih hebat, dia jauh lebih pasti tau dulu apa yang terjadi. Terus jual beli proyek (bagi – bagi proyek), ini kembali lagi kepada sub kontrol, sama dengan yang jual beli jabatan tadi yaitu kembali pada sub kontrolnya,”tegas Marpaung kepada Radar Bangka, Rabu (10/4/2019).

Menurut Marpaung, Pemkab Basel dalam menjalankan mekanisme seleksi jabatan untuk menentukan PNS yang akan menduduki posisi tertentu. Marpaung memastikan tidak ada PNS yang melakukan suap supaya bisa menduduki jabatan barunya.

“Kalau itu terjadi terus apa sanksi dari Inspektorat ? Kita tidak bisa mengcover kalau itu terjadi.Setelah ramai ya memang tidak ada yang mau melapor adanya jual beli jabatan, jual beli proyek. Idealnya ketika dia ragu proses SPI (Sistem Pengendalian Intern)nya,bisa konsultasi ke kami atau minta bantuan ke kami untuk melaksanakan kegiatan tersebut,”jelasnya.

Meski menjamin tidak ada jual beli jabatan dan bagi – bagi proyek di Basel, dia meminta masyarakat melapor jika memiliki informasi tentang adanya suap dari PNS tertentu dan bagi – bagi proyek tersebut.

“Jadi kita jamin tidak ada dengan catatan kalau memang si orang tersebut tidak punya niat untuk melakukan itu. Terus kalau terjadi bagaimana ? Waduh, kan tidak pernah ada yang melapor.Setelah terjadi baru melapor, coba kalau sejak awal (member contoh), Pak saya ragu dengan pekerjaan saya, akan kita back up dalam pendampingan dan itu sudah kami lakukan itu,”pungkas Marpaung.

Diberitakan sebelumnya, Tim dari Koordinasi Supervisi dan Pencegahan (Korsupgah) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Azril Zah mengingatkan Bupati Basel Justiar Noer agar tidak  memanfaatkan jabatan dengan melakukan tindakan tercela seperti jual beli jabatan, bagi - bagi proyek dan bermain di perizinan.

" Saya sudah ketemu bupati dan sudah saya tegaskan. Hati hati pak, jangan sampai terjadi jual beli jabatan, bagi bagi proyek dan perizinan yang dimain-mainkan. Ya  sudah kita ingatkan itu,"tegas Azri Zah kepada Radar Bangka saat melakukan monitoring dan evaluasi di Pemkab Basel.

Dikatakan Azri , KPK sendiri melihat banyak kasus yang terjadi didaerah. Untuk itu pihaknya lebih dulu melakukan upaya - upaya pencegahan. "Kita melihat ada banyak kasus di semua daerah, untuk itu kita melakukan upaya - upaya pencegahan,"katanya.

Di Basel sendiri ada delapan rencana aksi pencegahan yang di pantau KPK diantaranya perencanaan APBD, Pengadaan Barang dan Jasa, Organisasi harua mendiri dan permanen dengan cara mengunakan sitem elektromik agar dapat dengan mudah di cek.

" Perizinan ya seperti itu, harus pelimpahan kewenangan kewenangan yang ada dari dinas dinas harus kedinas PTSP dengan cara mengunakan aplikasi online supaya dapat tercatat dengan baik, sehingga kalau di cek sudah ada,"katanya. (bim)





Berikan Komentar

Toboali Lainnya
Samsul Bahri Resmi Daftar Gugat KPU Basel ke PTUN
Samsul Bahri Resmi Daftar Gugat KPU Basel ke PTUN
Rabu, 21 Agustus 2019 22:08 WIB
TOBOALI - Politisi Partai Gerindra Bangka Selatan (Basel), Samsul Bahri mendatangi Pengadilan Tata Usaha Negara ( PTUN) di Kota Pangkalpinang,
Merah Putih Berkibar di Dasar Laut Pulau Kelapan
Merah Putih Berkibar di Dasar Laut Pulau Kelapan
Senin, 19 Agustus 2019 14:11 WIB
TOBOALI - South Bangka Diving (SOBAD) yang tergabung di Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) Kabupaten Bangka Selatan (Basel), mengibarkan
Tv Chanel Bangka Beri Penghargaan kepada Sanggar Seni Rumah Pelangi
Tv Chanel Bangka Beri Penghargaan kepada Sanggar Seni Rumah Pelangi
Senin, 19 Agustus 2019 06:26 WIB
TOBOALI - Tv Chanel Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memberikan penghargaan kepada Sanggar Seni Rumah Pelangi (SSRP) Kecamatan Simpang Rimba
Samsul Bahri Serahkan Permohonan Gugatan ke Bawaslu Basel
Samsul Bahri Serahkan Permohonan Gugatan ke Bawaslu Basel
Rabu, 14 Agustus 2019 19:56 WIB
TOBOALI – Samsul Bahri melalui Advokad Jhohan Adhi Ferdian dan Suwanto Lawfirm menyerahkan permohonan gugatan ke Badan Pengawas Pemilihan Umum