Soal Lampu Jalan Kota Toboali, Inspektorat Basel : Tidak Ada Kerugian Negara


Soal Lampu Jalan Kota Toboali, Inspektorat Basel : Tidak Ada Kerugian Negara

TOBOALI – Kepala Plt Inspektorat Kabupaten Bangka Selatan (Basel), Marpaung menyebutkan tidak ditemukan kerugian Negara dalam proyek kegiatan Pengadaan dan Pemasangan Lampu Penerangan Jalan tahun 2017 pada Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perhubungan (DPUPRHUB)  Basel di sepanjang Jalan Jendral Sudirman Kota Toboali.

“ Insprektorat sudah melakukan pelaksanaan pemeriksaan khusus kegiatan pengadaan dan pemasangan lampu penerangan atas DPUPRHUB tanggal 29 Oktober 2018. Selanjutnya, Surat Perintah Tugas (SPT) per tanggal 3 November 2018 dan laporan hasil pemeriksaan (LHP) terbit tanggal 28 Februari 2018. Tidak ada keugian Negara,” sebutnya kepada Radar Bangka, Minggu(7/4).

Menurut Marpaung, tujuan dari Pemeriksaan ini untuk memperhitungkan hak dan kewajiban para pihak sebagai tindak lanjut atas pemutusan kontrak secara sepihak oleh Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) kepada PT. Sehati Jaya selaku Penyedia, Dengan Nilai Kontrak Rp.2.898.362.000, dan Realisasi Keuangan sebesar Rp.1.739.017.200  (Uang Muka Rp.579.672.400 + Termyn Pertama Rp.1.159.344.800).

“Berdasarkan hasil pemeriksaan dilapangan, bahwa seluruh biaya atas pengadaan Kabel NYY (Tipe 4x16) sepanjang 6.541 Meter dan biaya pemasangan / penyambungan dan penanaman kabel tersebut tidak dapat diterima atau tidak diakui oleh tim audit. Karena penyambungan kabel bawah tanah serta kedalaman penanaman kabel dibawah tanah tidak sesuai standar dan tidak sesuai kontrak serta tidak mempertimbangkan faktor keamanan dan kehandalan pekerjaannya atas risiko kebocoran arus listrik,”tegasnya.

Dengan hasil perhitungan hak dan kewajiban para pihak, diperoleh nilai perhitungan realisasi fisik dan Nilai pengakuan Aset oleh Tim Inspektorat Kabupaten Basel senilai Rp.1.715.906.492 atau setara dengan 59,2% fisik pekerjaan. Artinya Pekerjaan Belum Selesai, hal ini disebabkan Penyedia Wanprestasi dan untuk proses penyelesaian pekerjaan tersebut, selanjutnya diserahkan kepada DPUPRHUB Kabupaten Basel.

Selain rekomendasi dalam LHP, pada saat uji operasional nyala lampu bulan  Desember 2018 disepanjang jalan Jend. Sudirman, Tim Inspektorat juga telah menyampaikan Management Briefing kepada pihak DPUPRHUB, agar sebaiknya Lampu Penerangan Jalan pada lokasi ini jangan dinyalakan dulu, mengingat risiko kebocoran arus listrik atas sambungan dalam tanah yang tidak standar dan adanya Kabel NYY yang terkelupas akibat benturan atau tergilas roda kendaraan bermotor.

“  Terkait sanksi perusahaan selain seluruh Kabel NYY yang tidak dibayar dan pencairan jaminan pelaksanaan  sebesar 5% dari nilai kontrak serta pengembalian kelebihan pembayaran ditambah sanksi administratif. Seluruh bentuk pembayaran atau pengembalian ke kas daerah sudah selesai dilaksanakan. Kita juga meminta kepada Dinas PUPRHUB menghitung kembali kebutuhan anggaran guna lanjutan pekerjaan tersebut.Serta berkonsultasi dan berkoordinasi kepada PLN Basel dan AKLI Babel, guna memperoleh advice,rekomendasi teknis,”pungkas Marpaung. (bim)





Berikan Komentar

Toboali Lainnya
Heboh, Warga Temukan Mayat di Tepi Pantai Tanjung Merun
Heboh, Warga Temukan Mayat di Tepi Pantai Tanjung Merun
Rabu, 22 Mei 2019 20:58 WIB
LEPARPONGOK - Warga Kecamatan Lepar Pongok, Kabupaten Bangka Selatan digegerkan dengan penemuan mayat yang sebagian menjadi tulang di Pantai Tanjung
Terkait JPU, Pemkab Basel Belum Terima Surat Gugatan LBH
Terkait JPU, Pemkab Basel Belum Terima Surat Gugatan LBH
Senin, 20 Mei 2019 21:42 WIB
TOBOALI – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kabupaten Bangka Selatan (Basel) sampai saat ini mengaku belum menerima surat gugatan terkait instalasi lampu
Buaya 3,4 Meter Pemangsa Mahrom di Sungai Empek Ditangkap Warga
Buaya 3,4 Meter Pemangsa Mahrom di Sungai Empek Ditangkap Warga
Jum'at, 17 Mei 2019 20:14 WIB
PAYUNG – Warga Dusun Pasir Putih,Desa Betumpang,Kecamatan Payung,Kabupaten Bangka Selatan (Basel) berhasil menangkap seekor buaya yang menerkam Mahrom (33), warga
Antusias Warga Bubuhkan Tanda Tangan Dukung Ancam Gugat Pemkab Basel
Antusias Warga Bubuhkan Tanda Tangan Dukung Ancam Gugat Pemkab Basel
Kamis, 16 Mei 2019 23:11 WIB
TOBOALI – Warga Kecamatan Toboali membubuhkan tanda tangan dukungan kepada Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Bangka Selatan (Basel) untuk menggungat Pemerintah