Soal Lampu Jalan Kota Toboali, Inspektorat Basel : Tidak Ada Kerugian Negara


Soal Lampu Jalan Kota Toboali, Inspektorat Basel : Tidak Ada Kerugian Negara

TOBOALI – Kepala Plt Inspektorat Kabupaten Bangka Selatan (Basel), Marpaung menyebutkan tidak ditemukan kerugian Negara dalam proyek kegiatan Pengadaan dan Pemasangan Lampu Penerangan Jalan tahun 2017 pada Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perhubungan (DPUPRHUB)  Basel di sepanjang Jalan Jendral Sudirman Kota Toboali.

“ Insprektorat sudah melakukan pelaksanaan pemeriksaan khusus kegiatan pengadaan dan pemasangan lampu penerangan atas DPUPRHUB tanggal 29 Oktober 2018. Selanjutnya, Surat Perintah Tugas (SPT) per tanggal 3 November 2018 dan laporan hasil pemeriksaan (LHP) terbit tanggal 28 Februari 2018. Tidak ada keugian Negara,” sebutnya kepada Radar Bangka, Minggu(7/4).

Menurut Marpaung, tujuan dari Pemeriksaan ini untuk memperhitungkan hak dan kewajiban para pihak sebagai tindak lanjut atas pemutusan kontrak secara sepihak oleh Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) kepada PT. Sehati Jaya selaku Penyedia, Dengan Nilai Kontrak Rp.2.898.362.000, dan Realisasi Keuangan sebesar Rp.1.739.017.200  (Uang Muka Rp.579.672.400 + Termyn Pertama Rp.1.159.344.800).

“Berdasarkan hasil pemeriksaan dilapangan, bahwa seluruh biaya atas pengadaan Kabel NYY (Tipe 4x16) sepanjang 6.541 Meter dan biaya pemasangan / penyambungan dan penanaman kabel tersebut tidak dapat diterima atau tidak diakui oleh tim audit. Karena penyambungan kabel bawah tanah serta kedalaman penanaman kabel dibawah tanah tidak sesuai standar dan tidak sesuai kontrak serta tidak mempertimbangkan faktor keamanan dan kehandalan pekerjaannya atas risiko kebocoran arus listrik,”tegasnya.

Dengan hasil perhitungan hak dan kewajiban para pihak, diperoleh nilai perhitungan realisasi fisik dan Nilai pengakuan Aset oleh Tim Inspektorat Kabupaten Basel senilai Rp.1.715.906.492 atau setara dengan 59,2% fisik pekerjaan. Artinya Pekerjaan Belum Selesai, hal ini disebabkan Penyedia Wanprestasi dan untuk proses penyelesaian pekerjaan tersebut, selanjutnya diserahkan kepada DPUPRHUB Kabupaten Basel.

Selain rekomendasi dalam LHP, pada saat uji operasional nyala lampu bulan  Desember 2018 disepanjang jalan Jend. Sudirman, Tim Inspektorat juga telah menyampaikan Management Briefing kepada pihak DPUPRHUB, agar sebaiknya Lampu Penerangan Jalan pada lokasi ini jangan dinyalakan dulu, mengingat risiko kebocoran arus listrik atas sambungan dalam tanah yang tidak standar dan adanya Kabel NYY yang terkelupas akibat benturan atau tergilas roda kendaraan bermotor.

“  Terkait sanksi perusahaan selain seluruh Kabel NYY yang tidak dibayar dan pencairan jaminan pelaksanaan  sebesar 5% dari nilai kontrak serta pengembalian kelebihan pembayaran ditambah sanksi administratif. Seluruh bentuk pembayaran atau pengembalian ke kas daerah sudah selesai dilaksanakan. Kita juga meminta kepada Dinas PUPRHUB menghitung kembali kebutuhan anggaran guna lanjutan pekerjaan tersebut.Serta berkonsultasi dan berkoordinasi kepada PLN Basel dan AKLI Babel, guna memperoleh advice,rekomendasi teknis,”pungkas Marpaung. (bim)





Berikan Komentar

Toboali Lainnya
Samsul Bahri Resmi Daftar Gugat KPU Basel ke PTUN
Samsul Bahri Resmi Daftar Gugat KPU Basel ke PTUN
Rabu, 21 Agustus 2019 22:08 WIB
TOBOALI - Politisi Partai Gerindra Bangka Selatan (Basel), Samsul Bahri mendatangi Pengadilan Tata Usaha Negara ( PTUN) di Kota Pangkalpinang,
Merah Putih Berkibar di Dasar Laut Pulau Kelapan
Merah Putih Berkibar di Dasar Laut Pulau Kelapan
Senin, 19 Agustus 2019 14:11 WIB
TOBOALI - South Bangka Diving (SOBAD) yang tergabung di Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) Kabupaten Bangka Selatan (Basel), mengibarkan
Tv Chanel Bangka Beri Penghargaan kepada Sanggar Seni Rumah Pelangi
Tv Chanel Bangka Beri Penghargaan kepada Sanggar Seni Rumah Pelangi
Senin, 19 Agustus 2019 06:26 WIB
TOBOALI - Tv Chanel Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memberikan penghargaan kepada Sanggar Seni Rumah Pelangi (SSRP) Kecamatan Simpang Rimba
Samsul Bahri Serahkan Permohonan Gugatan ke Bawaslu Basel
Samsul Bahri Serahkan Permohonan Gugatan ke Bawaslu Basel
Rabu, 14 Agustus 2019 19:56 WIB
TOBOALI – Samsul Bahri melalui Advokad Jhohan Adhi Ferdian dan Suwanto Lawfirm menyerahkan permohonan gugatan ke Badan Pengawas Pemilihan Umum