Hari Ini, 3 Tersangka Kasus Mamin Basel Dilimpahkan ke JPU


Hari Ini, 3 Tersangka Kasus Mamin Basel Dilimpahkan ke JPU

TOBOALI – Penyidik Kejaksaan Negeri (Kejari) Bangka Selatan (Basel) hari ini Rabu (27/3) telah menyerahkan berkas perkara kasus tindak pidana korupsi (Tipikor) anggaran belanja makanan dan minuman (Mamin) Setda Kabupaten Basel dan fasilitasi kelancaran pelaksanaan tugas Bupati dan Wakil Bupati Basel tahun 2017 dengan 3 tersangka Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Basel, Suwandi Aks bersama 2 orang anak buahnya, Endang (Kabag Umum) dan Yusuf (Bendahara Umum).

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Basel Safrianto Zuriat Putra membenarkan penyerahan tersangka dan barang bukti tersebut ke Jaksa Penuntut Umum (JPU) untuk proses hukum selanjutnya. "Hari ini dilaksanakan tahap dua penyerahan para tersangka dan barang bukti dari penyidik ke Jaksa Penuntut Umum,” ujar Safrianto Zuriat Putra kepada Radar Bangka.

Melalui Kasi Intelijen sekaligus Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID), Dody Prihatman Purba menjelaskan bahwa berkas perkara kasus mamin tersebut akan dilimpahkan ke Kejari Pangkalpinang dan dalam waktu dekat ini.

“Tahap dua tersebut dari penyidik ke JPU). Berkas perkara sudah lengkap (P21) oleh karena itu JPU akan membuat dakwaan untuk dilimpahkan ke pengadilan Tipikor Pangkalpinang. Awal April 2019 berkas perkara tersebut sudah dilimpahkan ke pengadilan dan pertengahan April sidang,” tuturnya.

Ketika disinggung terkait adanya keterlibatan Istri orang nomor 1 dan 2 di Negeri Junjung Besaoh 'Ekawati Justiar dan Elizia Herdavid'. Menurut Dody,dalam saat sidang nantinya perkara kasus itu akan dibuka siapa saja tersangka, saksi, barang bukti (BB) serta bagaimaan kronologi kejadiannya. "Ya nantilah. Saat di persidangan semuanya akan terbuka, siapa saja tersangka, saksi, barang bukti dan bagaimana kronologi kejadiannya,” tandas Dody.

Diketahui sebelumnya, kasus tipikor Mamin yang menjadi perhatian publik ini mengakibatkan kerugian negara sebesar Rp 1.683.570.735 dari total anggaran sebesar Rp 3.866.500.000. Yang mana kerugian Negara telah ada pengembalian kerugian Negara sebanyak 8 orang. Adapun 3 tersangka saat ini sudah mendekam di Rumah Tahanan (Rutan) Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Tuatunu dan Lapas Perempuan Kelas III Pangkalpinang sejak 13 Desember 2018.(bim)





Berikan Komentar

Toboali Lainnya
Ciptakan Pilkada 2020 Aman di Negeri Junjung Besaoh, Polres Basel Gelar FGD
Ciptakan Pilkada 2020 Aman di Negeri Junjung Besaoh, Polres Basel Gelar FGD
Kamis, 12 September 2019 09:50 WIB
TOBOALI - Jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Bangka Selatan (Basel) 2020, Polres Basel menggelar Focus Group Discussion (FGD)
Inpektorat Basel Siapkan Sanksi Tegas ASN Terbukti Selingkuh
Inpektorat Basel Siapkan Sanksi Tegas ASN Terbukti Selingkuh
Rabu, 11 September 2019 19:34 WIB
TOBOALI – Meski belum adanya laporan Aparatur Sipil Negara (ASN) melakukan selingkuh, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Selatan (Basel) melalui Inspektorat
Terkait NPHD, KPU Basel Masih Tunggu Ketetapan KPU RI
Terkait NPHD, KPU Basel Masih Tunggu Ketetapan KPU RI
Rabu, 11 September 2019 19:29 WIB
TOBOALI - Hingga saat ini, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka Selatan (Basel) masih terkendala pengajuan Naskah Perjanjian Hibah Daerah
8 Anggota DPRD Basel Mangkir, Rapat Paripurna Molor Dimulai Pukul 17.15 WIB
8 Anggota DPRD Basel Mangkir, Rapat Paripurna Molor Dimulai Pukul 17.15 WIB
Selasa, 03 September 2019 22:03 WIB
TOBOALI Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bangka Selatan (Basel), Selasa (3/9/2019) digedung setempat menggelar sidang paripurna tentang pengambilan