Hari Ini, 3 Tersangka Kasus Mamin Basel Dilimpahkan ke JPU


Hari Ini, 3 Tersangka Kasus Mamin Basel Dilimpahkan ke JPU

TOBOALI – Penyidik Kejaksaan Negeri (Kejari) Bangka Selatan (Basel) hari ini Rabu (27/3) telah menyerahkan berkas perkara kasus tindak pidana korupsi (Tipikor) anggaran belanja makanan dan minuman (Mamin) Setda Kabupaten Basel dan fasilitasi kelancaran pelaksanaan tugas Bupati dan Wakil Bupati Basel tahun 2017 dengan 3 tersangka Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Basel, Suwandi Aks bersama 2 orang anak buahnya, Endang (Kabag Umum) dan Yusuf (Bendahara Umum).

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Basel Safrianto Zuriat Putra membenarkan penyerahan tersangka dan barang bukti tersebut ke Jaksa Penuntut Umum (JPU) untuk proses hukum selanjutnya. "Hari ini dilaksanakan tahap dua penyerahan para tersangka dan barang bukti dari penyidik ke Jaksa Penuntut Umum,” ujar Safrianto Zuriat Putra kepada Radar Bangka.

Melalui Kasi Intelijen sekaligus Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID), Dody Prihatman Purba menjelaskan bahwa berkas perkara kasus mamin tersebut akan dilimpahkan ke Kejari Pangkalpinang dan dalam waktu dekat ini.

“Tahap dua tersebut dari penyidik ke JPU). Berkas perkara sudah lengkap (P21) oleh karena itu JPU akan membuat dakwaan untuk dilimpahkan ke pengadilan Tipikor Pangkalpinang. Awal April 2019 berkas perkara tersebut sudah dilimpahkan ke pengadilan dan pertengahan April sidang,” tuturnya.

Ketika disinggung terkait adanya keterlibatan Istri orang nomor 1 dan 2 di Negeri Junjung Besaoh 'Ekawati Justiar dan Elizia Herdavid'. Menurut Dody,dalam saat sidang nantinya perkara kasus itu akan dibuka siapa saja tersangka, saksi, barang bukti (BB) serta bagaimaan kronologi kejadiannya. "Ya nantilah. Saat di persidangan semuanya akan terbuka, siapa saja tersangka, saksi, barang bukti dan bagaimana kronologi kejadiannya,” tandas Dody.

Diketahui sebelumnya, kasus tipikor Mamin yang menjadi perhatian publik ini mengakibatkan kerugian negara sebesar Rp 1.683.570.735 dari total anggaran sebesar Rp 3.866.500.000. Yang mana kerugian Negara telah ada pengembalian kerugian Negara sebanyak 8 orang. Adapun 3 tersangka saat ini sudah mendekam di Rumah Tahanan (Rutan) Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Tuatunu dan Lapas Perempuan Kelas III Pangkalpinang sejak 13 Desember 2018.(bim)





Berikan Komentar

Toboali Lainnya
Nelayan Desa Kepoh, Tukak, Bukit Terap,Tiram Keluhkan Belasan TI Tower
Nelayan Desa Kepoh, Tukak, Bukit Terap,Tiram Keluhkan Belasan TI Tower
Senin, 15 Juli 2019 22:51 WIB
TOBOALI – Nelayan 4 Desa di Kabupaten Bangka Selatan (Basel) yaitu Desa Kepoh, Tukak, Bukit Terap serta Tiram mengeluhkan adanya
Kapolres Akan Tindaklanjuti Pengerit Sesuai SOP
Kapolres Akan Tindaklanjuti Pengerit Sesuai SOP
Senin, 15 Juli 2019 07:35 WIB
TOBOALI - Kapolres Bangka Selatan (Basel) AKBP Aris Sulistyono akan menindak tegas dan menindaklanjuti soal keluhan masyarakat terhadap adanya pengerit
Peletakan Batu Pertama SMP Muhammadiyah Basel, Sumadi Ingatkan Tidak Ada Lagi Anak Putus Sekolah
Peletakan Batu Pertama SMP Muhammadiyah Basel, Sumadi Ingatkan Tidak Ada Lagi Anak Putus Sekolah
Senin, 15 Juli 2019 12:10 WIB
TOBOALI – Plt Disdikbud Kabupaten Basel, Sumadi yang juga Pimpinan Muhammadiyah Basel melakukan peletakan batu pertama pembangunan Unit Sekolah
PJU Sudirman Kembali Nyala, BLH Basel Tetap Gugat Pemkab Basel
PJU Sudirman Kembali Nyala, BLH Basel Tetap Gugat Pemkab Basel
Minggu, 14 Juli 2019 18:34 WIB
TOBOALI - Menanggapi akan terang benderangnya Jalan Sudirman Toboali dan Komplek Perkantoran Bupati Basel menggugah Direktur Lembaga Bantuan Hukum (LHB)