Bawaslu Basel Data Warga Pendatang, Banyak Buruh Berpotensi Tak Dapat Memilih


Bawaslu Basel Data Warga Pendatang, Banyak Buruh Berpotensi Tak Dapat Memilih

TOBOALI – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bangka Selatan (Basel) Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan Toboali melakukan pendataan warga pendatang yang tinggal di wilayah Toboali yang ber-KTP luar Basel.

Ketua Bawaslu Kabupaten Bangka Selatan, Sahirin menjelaskan kegiatan yang dilakukan Selasa(12/2), untuk menjaga hak pilih warga dan memastikan warga yang memenuhi syarat sebagai pemilih dapat menggunakan hak pilihnya pada 17 april mendatang.

"Pendataan di Desa Gadung Kecamatan Toboali dengan mendatangi langsung warga yang bekerja sebagai Pegawai Toko, Tukang Gypsun, cutting stiker dan variasi, Tukang Bangunan yang notabene ber-KTP luar Bangka Selatan namun saat ini tinggal d wilayah Bangka Selatan,"ujarnya kepada Radar Bangka,Rabu(13/2).

Tujuannya adalah upaya jemput bola guna memastikan hak dasar setiap warga negara yang mempunyai hak pilih dan memilih terpenuhi. Dalam pendataan tersebut, pihaknya menemukan lebih dari 50 warga yang ber-KTP luar Basel secara syarat mereka dapat dimasukan dalam Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) dengan ketentuan melapor kepada KPU untuk mendapatkan formulir Model A.5-KPU paling lambat 30 hari sebelum hari pemungutan suara dengan menunjukkan KTP-el atau surat keterangan.

"Pemilih yang ber-KTP luar Basel berpotensi tidak dapat menggunakan hak pilihnya, jika mereka tidak melapor kepada KPU untuk mendapatkan formulir Model A.5-KPU paling lambat 30 hari sebelum hari pemungutan suara.Kita berharap KPU tidak hanya menunggu mereka melapor, tetapi juga harus jemput bola turun langsung kelapangan sesuai dengan jargonnya KPU,"jelasnya.

Sahirin menambahkan dalam menjaga hak pilih pada Pemilu 2019 harus dilakukan secara optimal. Ini sudah menjadi tugas dan kebutuhan bersama karena kita semua adalah kunci dari data pemilih yang akurat, komprehensif dan mutakhir.(bim)





Berikan Komentar

Toboali Lainnya
Direktur RSUD Basel Meninggal Dunia
Direktur RSUD Basel Meninggal Dunia
Senin, 16 Desember 2019 08:56 WIB
TOBOALI - Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD), Kabupaten Bangka Selatan (Basel), dr. Zulkifli dikabarkan meninggal dunia pada Minggu (15/12/2019)
Kapolda Babel Sampaikan 7 Program Prioritas Kapolri
Kapolda Babel Sampaikan 7 Program Prioritas Kapolri
Selasa, 10 Desember 2019 23:02 WIB
TOBOALI – Kapolda Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Brigjen (Pol) Anang Syarif Hidayat bersama rombongan melakukan kunjungan kerja ke Polres Basel,
Kejari Basel Terima Penghargaan dari Wapres Maruf Amin, Predikat Unit Kerja Wilayah Bebas Korupsi
Kejari Basel Terima Penghargaan dari Wapres Maruf Amin, Predikat Unit Kerja Wilayah Bebas Korupsi
Senin, 09 Desember 2019 17:55 WIB
TOBOALI - Kejaksaan Negeri (Kejari) Bangka Selatan (Basel) menerima kado penghargaan istimewa dari Wakil Presiden Republik Indonesia, Maruf Amin pada
Bantu Para Pedagang, Jeki Bangun Pasar Tradisional
Bantu Para Pedagang, Jeki Bangun Pasar Tradisional
Kamis, 05 Desember 2019 17:15 WIB
TOBOALI – Pengusaha muda asal Toboali, Jeki membangun pasar tradisional di Jalan Damai Kecamatan Toboali agar masyarakat kecil bisa bertransaksi