Kejari Didesak Usut Indikasi Keterlibatan Istri Bupati Basel Terkait Kasus Mamin


Kejari Didesak Usut Indikasi Keterlibatan Istri Bupati Basel Terkait Kasus Mamin

TOBOALI – Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Bangka Selatan (Basel) didesak untuk mengusut keterlibatan istri Bupati Basel, Ekawati Justiar  dan istri Wakil Bupati Basel Elizia Herdavid terkait kasus dugaan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) anggaran belanja makanan dan minuman (Mamin) kegiatan penguatan fungsi kesekretariatan dan administrasi perkantoran serta anggaran belanja Mamin pada kegiatan fasilitasi kelancaran tugas Bupati dan Wakil Bupati Basel tahun 2017.

Desakan tersebut muncul dari LSM GIPSI Basel saat melakukan aksi unjuk rasa damai ke Kejari Basel, Selasa(12/2). Mereka mempertanyakan kembali kepada pihak Kejari Basel tentang sejauh mana proses hukum kerugian Negara sebesar Rp 1.683.570.735 miliar yang sudah diduga kuat melibatkan istri Bupati dan istri Wakil Bupati Basel dalam kasus tipikor pengadaan makan minum (mamin) Pemkab Basel yang saat ini ditangani Kejari Basel.

“Kedatangan kami kesini ingin menanyakan sejauh mana keterlibatan istri Bupati dan istri Wakil Bupati. Kami mensuport Kejari untuk menyelesaikan kasus ini sampai ke akar – akarnya. Kami telah siap untuk berada dibelakang Kejari Bangka Selatan, apapun yang terjadi. Kita berantas semua tindakpidana yang ada di Bangka Selatan ini,”tegas penanggung jawab LSM GIPSI,Rego Aprianto.

Pantauan Radar Bangka dilapangan, pada aksi di lakukan pengamanan oleh pihak Polres Basel dan Polsek Toboali yang dipimpin oleh kapolsek Toboali Iptu Yandri C Akip, SH, MH. Setelah penyampaian sebentar oleh aksi unjuk rasa damai yang  berjumlah belasan itu langsung membubarkan diri dengan tertib dan tidak meminta tanggapan apapun kepada pihak Kejari Basel.

Menanggapi hal tersebut, Kajari Basel Safrianto Zuriat Putra melalui Kasi Intel Dody Purba mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang menyuarakan aspirasi nya di kantor Kejari Basel.

Pihaknya menganggap hal tersebut sebagai dukungan positif dalam proses penegakan hukum, terkait hal yang ditanyakan oleh para pengunjuk rasa dalam hal ini belum bisa ditanggapi dikarenakan hal tersebut merupakan materi penyidikan yang belum bisa disampaikan di depan umum.

“ Kasus mamin ini nantinya akan bisa terbuka secara umum di persidangan, dimana rencananya jika tidak ada halangan mudah - mudahan awal bulan Maret 2019 perkara mamin akan dilimpahkan ke pengadilan tipikor di Pangkalpinang,”kata Dody.

Sebelumnya, Kajari Basel Safrianto Zuriat Putra melalui Plh Kasi Intelijen, Kausar mengatakan jaksa memanggil beberapa saksi untuk melengkapi berkas perkara, setelah Surat Perintah Penyidikan (Sprindik) diterbitkan. Saksi-saksi yang pernah diperiksa dan yang baru pada perkara mamin kembali dipanggil dan dimintai keterangan.

“Hari ini sedang diperiksa seorang saksi terkait perkara tipikor anggaran belanja Mamin tahun 2017. Saksi yang dilakukan pemeriksaan atas nama EL, sedangkan untuk saksi atas nama EK berhalangan hadir atas surat pemberitahuan yang disampaikan ke Kejari Basel,”ungkap Plh Kasi Intelijen Kejari Basel,Kautsar kepada Radar Bangka,Rabu(9/1).

Kausar menyatakan saksi atas nama EK berhalangan hadir dan telah menyampaikan surat pemberitahuan ke Kejari Basel, sehingga pemeriksaan terhadap saksi EK akan dijadwalkan pada minggu pekan depan. "Pemanggilan saksi masih terus kita lakukan untuk pengembangan kasus ini," tandasnya.(bim)

 





Berikan Komentar

Toboali Lainnya
Di Basel, Alasan Surat Suara Habis Karena Warga Memakai e-KTP
Di Basel, Alasan Surat Suara Habis Karena Warga Memakai e-KTP
Jum'at, 19 April 2019 20:52 WIB
TOBOALI – Meski Mahkamah Konstitusi (MK) memutuskan bahwa e-KTP identitas resmi untuk mencoblos pada Pemilu 2019. Warga yang belum mendapat
Mantan Sekda Basel dan Staf Gunakan Hak Suara Pemilu 2
Mantan Sekda Basel dan Staf Gunakan Hak Suara Pemilu 2
Rabu, 17 April 2019 16:39 WIB
TOBOALI - Mantan Sekda Kabupaten Bangka Selatan (Basel), Suwandi serta Kabag Umum dan Bendahara Umum (Bendum), Endang Kristinawati dan Yusuf
Tadi Malam, KPU Basel Bakar 1.112 Surat Suara Rusak
Tadi Malam, KPU Basel Bakar 1.112 Surat Suara Rusak
Rabu, 17 April 2019 10:43 WIB
TOBOALI – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka Selatan (Basel) memusnahkan 1.112 surat suara rusak, Selasa (16/4) malam. Pemusnahan yang
Kabar Money Politic Beredar Uang Rp 150 Juta untuk Serangan Fajar
Kabar Money Politic Beredar Uang Rp 150 Juta untuk Serangan Fajar
Selasa, 16 April 2019 19:29 WIB
TOBOALI – H -1 pelaksanaan pemilu, Kabupaten Basel dikabarkan adanya laporan operasi tangkap tangan (ott) caleg dengan barang bukti (bb)