Dalam Dua Tahun Terakhir Kasus DBD di Basel Mengalami Penurunan


Dalam Dua Tahun Terakhir Kasus DBD di Basel Mengalami Penurunan

TOBOALI - Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DKPPKB) Pemkab Bangka Selatan, Supriyadi melalui Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), Didi Nopriadi mengatakan kasus penyakit menular yakni Demam Berdarah Dengue (DBD) di Basel mengalami penurunan. 

"Kasus DBD pada 2017 terdapat 45 kasus dan 1 korban meninggal dunia, sedangkan pada 2018 terdapat 33 kasus. Namun tidak terdapat korban jiwa.Hal ini atas dukungan dan kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan,"ungkap Supriyadi kepada Radar Bangka,Selasa(12/2).

Didi mengemukakan bahwa kasus penyakit DBD tersebar di Airgegas, Toboali, Airbara, Simpang Rimba, Tanjung Labu dan Tukak Sadai. Namun, kata Didi paling terbanyak terjadi penyakit DBD di Kecamatan Toboali. Sedangkan untuk tahun 2019 hingga bulan Februari ini,pihaknya  belum menerima laporan dari Puskesmas dan Rumah Sakit. 

"Untuk tahun 2019, laporan itu masuk pada Februari nanti, karena biasanya setiap tanggal 10 perbulannya itu data dari Puskesmas dan Rumah Sakit masuk ke dinas. Oleh karena itu kami mengajak masyarakat untuk secara rutin memberantas sarang nyamuk melalui gerakan pemberantasan sarang nyamuk dengan menaburkan bubuk abate,menjaga kebersihan baik di dalam rumah maupun diluar atau lingkungan sekitar tempat tinggal,"tuturnya.

Menurut Didi, pemberantasan foging dengan cara pengasapan tidak menyelesaikan masalah,pasalnya foging hanya mematikan nyamuk dewasa dan tidak mematikan jentik nyamuk yang tergenang di tempat penampungan air atau comberan dan selokan bandar.

"Jadi untuk mematikan jentik nyamuk itu harus dengan cara membersihkan tempat-tempat penampungan air, membersihkan kamar mandi dan selokan bandar dan dalam gerakan yang idealnya itu adalah 1 rumah 1 juru pemantau jentik,"pangkasnya.(bim)





Berikan Komentar

Toboali Lainnya
Di Basel, Alasan Surat Suara Habis Karena Warga Memakai e-KTP
Di Basel, Alasan Surat Suara Habis Karena Warga Memakai e-KTP
Jum'at, 19 April 2019 20:52 WIB
TOBOALI – Meski Mahkamah Konstitusi (MK) memutuskan bahwa e-KTP identitas resmi untuk mencoblos pada Pemilu 2019. Warga yang belum mendapat
Mantan Sekda Basel dan Staf Gunakan Hak Suara Pemilu 2
Mantan Sekda Basel dan Staf Gunakan Hak Suara Pemilu 2
Rabu, 17 April 2019 16:39 WIB
TOBOALI - Mantan Sekda Kabupaten Bangka Selatan (Basel), Suwandi serta Kabag Umum dan Bendahara Umum (Bendum), Endang Kristinawati dan Yusuf
Tadi Malam, KPU Basel Bakar 1.112 Surat Suara Rusak
Tadi Malam, KPU Basel Bakar 1.112 Surat Suara Rusak
Rabu, 17 April 2019 10:43 WIB
TOBOALI – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka Selatan (Basel) memusnahkan 1.112 surat suara rusak, Selasa (16/4) malam. Pemusnahan yang
Kabar Money Politic Beredar Uang Rp 150 Juta untuk Serangan Fajar
Kabar Money Politic Beredar Uang Rp 150 Juta untuk Serangan Fajar
Selasa, 16 April 2019 19:29 WIB
TOBOALI – H -1 pelaksanaan pemilu, Kabupaten Basel dikabarkan adanya laporan operasi tangkap tangan (ott) caleg dengan barang bukti (bb)