Polisi Ringkus 10 Orang Pelaku Pencurian Ditempat Ibadah


Polisi Ringkus 10 Orang Pelaku Pencurian Ditempat Ibadah

TOBOALI -  10 orang pelaku pencurian Gereja HKBP dan di Kelenteng 10 Dewa Toboali berhasil diringkus tim gabungan (Timgab) Panther Polres dan Polsek Toboali. Adapun 10 orang pelaku yang saat ini ditetapkan sebagai tersangka karena mencuri gitar akustik milik Gereja HKBP dan kotak amal milik Kelenteng 10 Dewa Toboali.

Diketahui sebelumnya, Timgab Panther yang dipimpin Kasat Reskrim Polres Basel, AKP Hari Kartono dan Kapolsek Toboali, Iptu Yandri bersama anggotanya berhasil mengamankan salah satu terduga pelaku berinisial Ric (18) warga Teladan. Lalu, Timgab langsung bergerak cepat melakukan pengembangan kasus yang mana dalam aksinya di Gereja HKBP Jalan Jendral Sudirman Kota Toboali bersama 5 orang rekan teman pelaku lainnya, yaitu Ran (17) warga Desa Gadung, Rid (15) warga Desa Gadung, Rag (15) pelajar warga Desa Gadung, Ren (16) warga Desa Gadung dan Sas (18).

Kapolres Bangka Selatan, AKBP Aris Sulistyono melalui Kapolsek Toboali, Iptu Yandri mengatakan kejadian berlangsung pada Kamis dinihari 3 Januari 2019, sekira pukul 02.00 masuk ke dalam Gereja dengan cara merusak pintu depan Gereja. Dalam keterangan pelapor bahwa sekira pukul 05.00 saat pelapor bangun tidur pelapor langsung masuk ke dalam Gereja untuk mematikan lampu depan Gereja.

"Pelapor melihat pintu depan Gereja sudah terbuka dan dalam keadaan rusak, lalu pelapor mengecek ke dalam Gereja dan melihat 1 unit Gitar Akustik merk Legasi berwarna Coklat sudah tidak ada lagi ditempatnya.Akibatnya Gereja HKBP mengalami kerugian sebesar Rp 1,5 juta. Para tersangka masuk ke dalam Gereja dengan cara merusak slot kunci pintu bagian depan Gereja,”jelasnya kepada Radar Bangka,Selasa(8/1).

Berdasarkan dari pengakuan 6 orang tersangka pencurian gitar akustik lalu mereka juga telah melakukan pencurian kotak amal milik Kelenteng 10 Dewa Toboali pada 15 November 2018. Kemudian tim langsung bergerak melakukan pengembangan dan berhasil menemukan 1 unit barang bukti berupa kotak amal berwarna merah.

“Kotak amal ini yang dibuang para tersangka di kebun karet Desa Gadung, serta mengamankan 4 pelaku lainnya. Adapun pasal yang disangkakan kepada 6 pelaku ini Pasal 363 KUHP tentang pencurian,"pungkas Yandri.(bim)





Berikan Komentar

Toboali Lainnya
Bupati Datang Terlambat, Rapat Paripurna Istimewa LKPj DPRD Basel Molor
Bupati Datang Terlambat, Rapat Paripurna Istimewa LKPj DPRD Basel Molor
Selasa, 19 Maret 2019 17:25 WIB
TOBOALI - Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kabupaten Bangka Selatan (Basel), dengan agenda penyampaian Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Bupati Basel
Perusahaan Sawit Serobot Lahan, Ratusan Warga Desa Serdang Stop 2 Alat Berat
Perusahaan Sawit Serobot Lahan, Ratusan Warga Desa Serdang Stop 2 Alat Berat
Minggu, 17 Maret 2019 17:39 WIB
TOBOALI – Sekitar 100 warga Desa Serdang mendatangi lokasi areal pembangunan pabrik kelapa sawit PT Taba Buana Jaya dilokasi perbatasan
Sudah 3 Bulan, Agus Pratomo Jadi Plh Sekda Basel
Sudah 3 Bulan, Agus Pratomo Jadi Plh Sekda Basel
Kamis, 14 Maret 2019 18:17 WIB
TOBOALI – Komisi DPRD Basel untuk kesekian kalinya meminta Pemkab Basel segera menetapkan sekretaris daerah (sekda) definitif agar jalannya pemerintahan
40,47 gram Sabu dan 6 orang TSK Selama 12 hari Berhasil Diamankan
40,47 gram Sabu dan 6 orang TSK Selama 12 hari Berhasil Diamankan
Kamis, 14 Maret 2019 17:27 WIB
TOBOALI – Kepolisian Resor (Polres) Bangka Selatan (Basel) menggelar Konferensi Pers Operasi Antik Menumbing 2019 yang di laksanakan di ruang