Disparpora Basel Gelar Pelatihan Dasar Pemandu Wisata


Disparpora Basel Gelar Pelatihan Dasar Pemandu Wisata

TOBOALI – Dalam rangka meningkatkan kuantitas dan kualitas sumber daya manusia Pariwisata Bangka Selatan (Basel),maka Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan (Pemkab) Basel melalui Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) menggelar kegiatan pelatihan dasar pemanduwisata tahun 2018.

Kepala Disparpora Pemkab Basel, Haris Setiawan mengungkapkan melalui kegiatan pelatihan ini, maka Disparpora Basel telah mempersiapkan SDM kepariwisataan dalam upaya meningkatkan kunjungan wisman (wisatawan mancanegara) dan wisatawan nusantara.

“Pesertanya sebanyak 30 orang dari travel agent, pokdarwis, pemandu wisata, dinas kebudayaan, polisi pariwisata dan komunitas. Tadi memberikan bekal dan kemampuan dasar pramuwisata yang pemateri dari himpunan pramuwisata Indonesia, Toto Haribowo,”ujar Haris kepada Radar Bangka.

Dikemukakannya bahwa Pemkab Basel sangat mendorong pembangunan pariwisata dengan memfasilitasi berbagai kebijakan yang dapat meningkatkan pertumbuhan perekonomian daerah dan dapat dirasakan langsung oleh masyarakat. Diharapkan masyarakat dapat berperan aktif dalam mendorong bidang pembangunan pariwisata khususnya pengembangan kawasan objek wisata.

“Dan bahwasanya pembangunan kepariwisataan tidak terlepas dari unsur pemerintah, dunia usaha pariwisata dan masyarakat. Nah,ketiga unsur tadi merupakan satu kesatuan yang saling berkontribusi dalam mewujudkan pembangunan kepariwisataan,”jelas Haris.

Adapaun bahan materi, sambung Haris teori tentang geopark, tour guide, pelayanan prima, serta praktek langsung tentang bagaimana menjadi seorang tour guide atau pemandu wisata yang handal dan professional dalam memberikan peelayanan kepada para wisatawan yang berkunjung.(bim)

 




Banner

Berikan Komentar

Toboali Lainnya
1 Orang Terkonfirmasi Positif Corona, Basel Kembali Zona Merah
1 Orang Terkonfirmasi Positif Corona, Basel Kembali Zona Merah
Selasa, 02 Juni 2020 18:48 WIB
TOBOALI - Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) mengumumkan terdapat 1 orang di wilayah Kabupaten Bangka Selatan
Hadapi New Normal, Kapolres Basel Minta Masyarakat Miliki Kesadaran Tinggi
Hadapi New Normal, Kapolres Basel Minta Masyarakat Miliki Kesadaran Tinggi
Jum'at, 29 Mei 2020 21:45 WIB
TOBOALI – Adanya wacana Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo untuk menerapkan sistem new normal, demi menggerakkan kembali seluruh sektor
Alhamdullilah, Hasil Swab 4 Orang di Basel Negatif
Alhamdullilah, Hasil Swab 4 Orang di Basel Negatif
Kamis, 28 Mei 2020 14:49 WIB
TOBOALI – Juru bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Virus Corona atau Covid-19 Kabupaten Bangka Selatan (Basel), Supriyadi menyatakan
Pemkab Basel Bahas Aset Kendaraan & Tanah
Pemkab Basel Bahas Aset Kendaraan & Tanah
Kamis, 28 Mei 2020 14:44 WIB
TOBOALI - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Selatan (Basel) dihari pertama masuk Idul Fitri, Selasa (26/05/2020) telah menggelar rapat membahas persoalan