Disdukcapil Basel Musnahkan 10.405 Keping E-KTP Rusak


Disdukcapil Basel Musnahkan 10.405 Keping E-KTP Rusak

TOBOALI – Sebanyak 10.405 keping Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) yang rusak dimusnakan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bangka Selatan (Basel),Selasa(18/12).

Pemusnahan KTP-el yang rusak tersebut dilakukan dengan cara dibakar di halaman kantor Disdukcapil setempat. Terlihat hadir menyaksikan perwakilan dari Satpol PP,Kesbangpol,Inspektorat,LSM dan FKDM.

Plt Disdukcapail Kabupaten Basel,Amrullah mengatakan pemusnahan blanko KTP-el tersebut merupakan  tindak lanjut dari terbitnya Surat Edaran (SE) Menteri Dalam Negeri, Nomor 470.13/11/11176/SJ tertanggal 13 Desember 2018 tentang pemusnahan e KTP yang mengalami kerusakan atau invalid.

“Blanko KTP-el yang rusak harus dimusnahkan misalnya karena terdapat kesalahan cetak, ganti nomor induk kependudukan dan KTP lama. Jadi KTP-el yang rusak atau invalid itu harus dimusnahkan agar tidak disalahgunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab,” jelas Amrullah.

Menurutnya sebanyak 10.405 keping KTP-el invalid dan rusak tersebut selama ini tersimpan dengan apik di gudang Disdukcapil Kabupaten Basel.Dan pemusnahan ini dilaporkan kepada Pemerinntah Provinsi Kepulauan Babel dan Mendagri. Bahwa Disdukcapil Kabupaten Basel telah melakukan pemusnahan 10.405 keping KTP-el yang rusak dan invalid.

“Sebelumnya ada proses memilah, memisahkan dan memusnahkan KTP-el rusak sudah dilaksanakan Disdukcapil Bangka Selatan sebelum mendapat surat edaran Mendagri.Hanya saja baru dilakukan secara massif.Dengan pemusnahan tersebut,  sampai posisi sekarang telah habis,”tandas Amrullah.(bim)

 





Berikan Komentar

Toboali Lainnya
Wabup Basel Klarifikasi "Tudingan" dengan Mendatangi Kediaman Korban Penipuan  R dan S
Wabup Basel Klarifikasi "Tudingan" dengan Mendatangi Kediaman Korban Penipuan R dan S
Senin, 21 Januari 2019 21:00 WIB
TOBOALI – Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Bangka Selatan (Basel), H Riza Herdavid Senin (21/1) ,mengunjungi insial R dikediamannya. Kunjungan Wabup
Nama Dicatut, Wakil Bupati Basel Lapor Polisi
Nama Dicatut, Wakil Bupati Basel Lapor Polisi
Senin, 21 Januari 2019 20:22 WIB
TOBOALI – Wakil Bupati (Wabup) Bangka Selatan (Basel), H Riza Herdavid tak terima namanya dicatut oleh oknum yang tidak bertangungjawab,
Laka, Avanza Caleg DPR RI Kemas Daniel VS Motor Satria, Joni Kritis
Laka, Avanza Caleg DPR RI Kemas Daniel VS Motor Satria, Joni Kritis
Minggu, 20 Januari 2019 19:12 WIB
TOBOALI – Mobil Avanza warna putih TNKB hitam B 2518 TFQ yang dikemudikan oleh Victori ringsek setelah ditabrak sepeda motor
Dinkes Bangka Selatan  Butuh 59 Tenaga Kesehatan dan Non Kesehatan
Dinkes Bangka Selatan Butuh 59 Tenaga Kesehatan dan Non Kesehatan
Selasa, 15 Januari 2019 18:18 WIB
TOBOALI – Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DKPPKB) sejak Kamis (10/1) sampai 16 Januari 2019 membuka pendaftaran