Disdukcapil Basel Musnahkan 10.405 Keping E-KTP Rusak


Disdukcapil Basel Musnahkan 10.405 Keping E-KTP Rusak

TOBOALI – Sebanyak 10.405 keping Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) yang rusak dimusnakan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bangka Selatan (Basel),Selasa(18/12).

Pemusnahan KTP-el yang rusak tersebut dilakukan dengan cara dibakar di halaman kantor Disdukcapil setempat. Terlihat hadir menyaksikan perwakilan dari Satpol PP,Kesbangpol,Inspektorat,LSM dan FKDM.

Plt Disdukcapail Kabupaten Basel,Amrullah mengatakan pemusnahan blanko KTP-el tersebut merupakan  tindak lanjut dari terbitnya Surat Edaran (SE) Menteri Dalam Negeri, Nomor 470.13/11/11176/SJ tertanggal 13 Desember 2018 tentang pemusnahan e KTP yang mengalami kerusakan atau invalid.

“Blanko KTP-el yang rusak harus dimusnahkan misalnya karena terdapat kesalahan cetak, ganti nomor induk kependudukan dan KTP lama. Jadi KTP-el yang rusak atau invalid itu harus dimusnahkan agar tidak disalahgunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab,” jelas Amrullah.

Menurutnya sebanyak 10.405 keping KTP-el invalid dan rusak tersebut selama ini tersimpan dengan apik di gudang Disdukcapil Kabupaten Basel.Dan pemusnahan ini dilaporkan kepada Pemerinntah Provinsi Kepulauan Babel dan Mendagri. Bahwa Disdukcapil Kabupaten Basel telah melakukan pemusnahan 10.405 keping KTP-el yang rusak dan invalid.

“Sebelumnya ada proses memilah, memisahkan dan memusnahkan KTP-el rusak sudah dilaksanakan Disdukcapil Bangka Selatan sebelum mendapat surat edaran Mendagri.Hanya saja baru dilakukan secara massif.Dengan pemusnahan tersebut,  sampai posisi sekarang telah habis,”tandas Amrullah.(bim)

 





Berikan Komentar

Toboali Lainnya
Di Basel, Alasan Surat Suara Habis Karena Warga Memakai e-KTP
Di Basel, Alasan Surat Suara Habis Karena Warga Memakai e-KTP
Jum'at, 19 April 2019 20:52 WIB
TOBOALI – Meski Mahkamah Konstitusi (MK) memutuskan bahwa e-KTP identitas resmi untuk mencoblos pada Pemilu 2019. Warga yang belum mendapat
Mantan Sekda Basel dan Staf Gunakan Hak Suara Pemilu 2
Mantan Sekda Basel dan Staf Gunakan Hak Suara Pemilu 2
Rabu, 17 April 2019 16:39 WIB
TOBOALI - Mantan Sekda Kabupaten Bangka Selatan (Basel), Suwandi serta Kabag Umum dan Bendahara Umum (Bendum), Endang Kristinawati dan Yusuf
Tadi Malam, KPU Basel Bakar 1.112 Surat Suara Rusak
Tadi Malam, KPU Basel Bakar 1.112 Surat Suara Rusak
Rabu, 17 April 2019 10:43 WIB
TOBOALI – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka Selatan (Basel) memusnahkan 1.112 surat suara rusak, Selasa (16/4) malam. Pemusnahan yang
Kabar Money Politic Beredar Uang Rp 150 Juta untuk Serangan Fajar
Kabar Money Politic Beredar Uang Rp 150 Juta untuk Serangan Fajar
Selasa, 16 April 2019 19:29 WIB
TOBOALI – H -1 pelaksanaan pemilu, Kabupaten Basel dikabarkan adanya laporan operasi tangkap tangan (ott) caleg dengan barang bukti (bb)