Bangka Selatan Selenggarakan Festival Batin Tikal


Bangka Selatan Selenggarakan Festival Batin Tikal

TOBOALI - Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyelenggarakan kegiatan Festival Batin Tikal guna mewujudkan destinasi wisata baru di daerah itu.

Bupati Bangka Selatan, Justiar Noer di Toboali, Selasa (11/12) mengatakan sangat merasa bangga kegiatan Festival Batin Tikal yang di prakarsai oleh komunitas bekaes budaya Babel, yayasan tanah pusaka, Kecamatan Simpang Rimba, Pemerintah Desa dan masyarakat Desa Gudang beserta pihak yang lain dapat terlaksana.

"Festival Batin Tikal ini bertujuan untuk mengenang sosok perjuangan seorang batin tikal yang sampai saat ini masih menjadi perdebatan siapa sebetulnya beliau, darimana asalnya, apa kontribusinya, disinilah nantinya akan diluruskan," katanya.

Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan ingin mencari kebenaran tentang batin tikal dan diharapkan dapat mengangkat potensi wisata baik wisata alam maupun wisata religi yang ada di Kecamatan Simpang Rimba.

"Guna mewujudkan sebuah destinasi wisata baru serta menarik kedatangan wisatawan untuk mengunjungi Bangka Selatan, untuk itu perlu dukungan dan partisipasi masyarakat karena dunia kepariwisataan sangat erat kaitannya dengan dukungan seluruh pihak," katanya.

Menurutnya, tanpa adanya partisipasi masyarakat mustahil pengembangan destinasi wisata batu tidak akan dapat berjalan dengan baik.

"Kegiatan Festival Batin Tikal ini kedepan akan kami tetapkan menjadi salah satu rangkaian kegiatan Toboali City On Fire yang dimana kegiatan tersebut telah dimasukkan sebagai agenda pariwisata oleh Kementerian Pariwisata Republik Indonesia, " katanya.

Ia berharap tahun depan kegiatan Festival Batin Tikal akan lebih meriah dan wisatawan yang berkunjung akan lebih banyak, sehingga membawa kesejahteraan bagi masyarakat.

"Kami berharap dengan berbagai macam evant yang telah kami laksanakan dapat membawa dampak bagi kesejahteraan masyarakat," katanya.(ant/rb)





Berikan Komentar

Toboali Lainnya
Kodi-Rusliadi Serahkan 15.166 Berkas Dukungan di KPU Basel
Kodi-Rusliadi Serahkan 15.166 Berkas Dukungan di KPU Basel
Sabtu, 22 Februari 2020 19:13 WIB
TOBOALI - Pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Bangka Selatan (Basel) Kodi Midahri dan H Rusliadi (KORI)
KPU Basel Minta Pasangan KORI Lengkapi Persyaratan
KPU Basel Minta Pasangan KORI Lengkapi Persyaratan
Jum'at, 21 Februari 2020 21:22 WIB
TOBOALI - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka Selatan (Basel) meminta Pasangan calon Bupati Bangka Selatan (Basel) Kodi Midahri dan
Terlambat 6 Menit, Paslon KORI Ditolak KPU Basel
Terlambat 6 Menit, Paslon KORI Ditolak KPU Basel
Jum'at, 21 Februari 2020 17:21 WIB
TOBOALI – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka Selatan (Basel) resmi menutup pendaftaran pemilihan kepala daerah (pilkada) 2020 tepat pukul
Desa Gadung Dapat 500 Sertifikat Redis Tanah
Desa Gadung Dapat 500 Sertifikat Redis Tanah
Jum'at, 21 Februari 2020 15:25 WIB
TOBOALI - Pemerintah Desa (Pemdes) Desa Gadung Kabupaten Bangka Selatan (Basel) melakukan sosialisasi program redistribusi (redis) kepada warga sebagai