Gas Melon di Basel Langka, Diduga Salah Sasaran


Gas Melon di Basel Langka, Diduga Salah Sasaran

TOBOALI – Kelangkaan gas elpiji 3 kilogram atau gas melon terjadi di Kabupaten Bangka Selatan khususnya di Kecamatan Toboali. Berdasarkan data, harga gas 3 kilogram di pangkalan resmi dan distributor resmi, pertabungnya sesuai harga eceran tertinggi yang ditetapkan oleh pemerintah sebesar Rp 16.700/tabung.

Kelangkaan elpiji 3 kg diduga salah satunya akibat distribusi yang tidak tepat sasaran. Pasalnya, berdasarkan hasil pemeriksaan dan pengawasan Tim Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) terhadap administrasi dan pelaksanaan perindustrian pada pangkalan - pangkalan LPG tabung 3 kg yang bersubsidi yang telah ditunjuk oleh PT Pertamina belum lama ini ditemukan adanya beberapa pangkalan LPG 3 kg yang bersubdiri yang tidak melakukan administrasi sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Bukan hanya itu saja, hasil pemeriksaan dan pengawasan tim PPNS juga ditemukannya pangkalan LGP tabung 3 kg bersubsidi yang melakukan penjualan kepada masyarakat mampu,usaha kecih,menegah dan besar. Kepala Dinas Penanaman Modal,Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu,Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Basel, Muhammad mengatakan atas kejadian tersebut, Dinasnya tertanggal 18 September 2018 telah mengeluarkan surat himbauan nomor 510/26/DPMPPTSPRINDAG/2018 kepada pangkalan LPG 3 kg.

"Apabila dikemudian hari masih ada pangkalan - pangkalan LPG tabung 3 kg bersubsidi yang melakukan pelanggaran hal - hal tersebut maka akan dilakukan tindakan tegas sesuai dengan aturan dan perauran dan perundang - undangan yang berlaku,”tegasnya kepada Radar Bangka Rabu(7/11).

Bukan hanya itu saja, lanjut Muhammad menindaklanjuti surat edaran Gubernur Provinsi Babel Kepulauan Babel tanggal 13 Juli 207 tentang penggunaan LPG tabung 3 kg maka pihaknya juga menghimbau kepada toko - toko, rumah makan dan restoran untuk tidak menggunakan LPG tabung 3 kg bersubsidi dikarenakan LPG 3 kg bersubsidi diperuntukan bagi masyarakat kurang mampu dan usaha mikro.

“Kemarin tim kita sudah turun dan memang kendala dari pasukan ke agen karna masalah pemasaran. Tabung gas 3 kilo ini kan sebenarnya untuk orang miskin dan temuan satgas mereka (pangkalan) kwatir makanya tidak memberikan ke agen karna takut kena sidak dan penerapan satu tabung untuk satu orang,”jelasnya.

Disinggung mengenai kuota gas, Muhammad menegaskan tidak ada pengurangan jatah. Kuota yang diberikan Pertamina tidak berkurang. Sehingga dia menampik jika disebut langka. Sedangkan realisasi penyaluran subsidi elpiji 3 kg pada bulan Oktoboer 2018 ada 3 agen yaitu PT Eriks sebanyak 31.360 tabung,PT Haluan Karya Mandiri 60.820 tabung dab PT Nur Gas Murni 49.840 tabung totalnya 142.029.

“Kuota gas tetap terpenuhi. Kalau kenaikan harga mesti kebijakan pemerintah karna masalah naik harga itu merupakan barang (gas) diawasi maka penetapan kebijakan pemerintah kita hanya mengawasi saja,”pungkas Muhammad.(bim)





Berikan Komentar

Toboali Lainnya
2 Pelaku Pencuri Sekolah Tertangkap, 1 Masih Buron
2 Pelaku Pencuri Sekolah Tertangkap, 1 Masih Buron
Selasa, 22 Oktober 2019 20:51 WIB
TOBOALI - AKsi pencurian di SMP Negeri 6 Keposang dan SMA Negeri 1 Toboali yang dilakukan pelaku inisial AL (26)
DPRD Basel Akan Sampaikan Aspirasi Nelayan ke DPRD Babel
DPRD Basel Akan Sampaikan Aspirasi Nelayan ke DPRD Babel
Senin, 21 Oktober 2019 19:57 WIB
TOBOALI – Ketua DPRD Kabupaten Basel, Erwin Asmadi menegaskan secepatnya pihaknya dan Pemkab Basel akan menyampaikan aspirasi masyarakat perwakilan nelayan
Kapolres Basel AKBP Ferdinand Buka Pelatihan Penyidik TPPU
Kapolres Basel AKBP Ferdinand Buka Pelatihan Penyidik TPPU
Kamis, 17 Oktober 2019 16:58 WIB
TOBOALI - Kapolres Bangka Selatan (Basel) , AKBP S Ferdinand Suwarji membuka kegiatan pelatihan peningkatan kemampuan penyidik Polres Basel dan
Tingkat Ancaman Kedepan Semakin Berat, Polres Basel Latihan Menembak
Tingkat Ancaman Kedepan Semakin Berat, Polres Basel Latihan Menembak
Selasa, 15 Oktober 2019 19:17 WIB
TOBOALI – Kapolres Bangka Selatan (Basel), AKBP S Ferdinand Suwarji dan diikuti oleh Pejabat Utama (PJU), Kapolsek Jajaran dan seluruh