PT Timah Buka Akses Jalan, Masyarakat : Pompong is Goodbye


PT Timah Buka Akses Jalan, Masyarakat : Pompong is Goodbye

BASEL - Begitu bahagianya warga Dusun Pengkalen Batu, Desa Ranggung, Kecamatan Payung, Kabupaten Bangka Selatan. Sebab, kini mereka tak perlu repot-repot lagi jika hendak pergi ke Desa. Dulu, sebelum ada akses jalan yang dibangun PT Timah, mereka harus menyeberang menggunakan pompong.

’’Kami sangat bersyukur dengan akses jalan ini. Sangat membantu dan mempermudah aktivitas kami, dan anak-anak untuk bersekolah," kata Juhar, Ketua RT Dusun Pengkalen Batu. 

Jarak dusun ini ke Kota Pangkalpinang sebenarnya tidak terlalu jauh, hanya sekitar 90 km. Akan tetapi, minimnya akses darat membuatnya sulit dicapai. Selain menggunakan perahu, dapat juga ditempuh melalui jalur darat dari Desa Ranggung sekitar 90 menit dengan kondisi jalan yang memprihatinkan. 

Jika kurang waspada, mobil dapat terjebak di jalan yang berlumpur dan berlubang cukup dalam. Akan tetapi, untuk mencapai permukiman di dusun ini tetap harus menggunakan perahu sekitar 30 menit, yang dilanjutkan 15 menit dengan berjalan kaki melewati perkebunan karet dan lada.

PT Timah kemudian yang membuka akses jalan Pengkalen Batu-Ranggung, dengan mengerahkan tiga unit eskavator, dan empat unit dump truk. Sejumlah karyawan PT Timah bahkan terjun langsung, gotong royong bersama masyarakat setempat merintis dan membuka akses jalan. Operasional kegiatan ini didanai dari anggaran CSR PT Timah.

Kegiatan ini meraih penghargaan Zamrud CSR dalam acara Nusantara CSR Awards 2018 yang berlangsung di Hotel Indonesia Kempinski Jakarta, pada Rabu (17/10).  Penghargaan diserahkan oleh Chairman The La Tofi School of CSR, La Tofi didampingi Deputi Bidang Infrastruktur Bisnis Kementerian BUMN Hambra Samal kepada Kepala Divisi CSR PT Timah Yanuar Soenartono. Zamrud CSR merupakan penghargaan kategori baru untuk program CSR yang terintegrasi dengan banyak pendekatan serta memiliki dampak positif yang luas. (rb)




Banner

Berikan Komentar

Toboali Lainnya
F- KSKB Desak Pemkab Basel Serahkan Dokumen KUA-PPAS Perubahan
F- KSKB Desak Pemkab Basel Serahkan Dokumen KUA-PPAS Perubahan
Jum'at, 18 September 2020 15:08 WIB
TOBOALI - Fraksi Keadilan Sejahtera Kebangkitan Bangsa (F- KSKB), mendesak Pemkab Bangka Selatan (Basel), segera menyerahkan dokumen Kebijakan Umum Anggaran
Kasus Dugaan Tipikor DAK Dinas Pendidikan Basel Naik ke Tahap Penyidikan
Kasus Dugaan Tipikor DAK Dinas Pendidikan Basel Naik ke Tahap Penyidikan
Jum'at, 18 September 2020 13:39 WIB
TOBOALI – Kejari Kabupaten Bangka Selatan (Basel) menaikkan status perkara dugaan tipikor Dana Alokasi Khusus (DAK) pada Dinas Pendidikan
Temuan Goresan Merah Kuno di Goa Desa Gudang
Temuan Goresan Merah Kuno di Goa Desa Gudang
Kamis, 17 September 2020 19:13 WIB
TOBOALI - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bangka Selatan (Basel), bersama tim Bekaes Budaya Bangka Belitung belum lama ini menyelusuri
Bangka Selatan Gelar Simulasi Sistem Pengamanan Kota Operasi Mantap Praja 2020
Bangka Selatan Gelar Simulasi Sistem Pengamanan Kota Operasi Mantap Praja 2020
Selasa, 15 September 2020 15:23 WIB
SADAI - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman menghadiri kegiatan apel gelar pasukan dan simulasi sistem pengamanan kota (sispamkota)