PT Timah Buka Akses Jalan, Masyarakat : Pompong is Goodbye


PT Timah Buka Akses Jalan, Masyarakat : Pompong is Goodbye

BASEL - Begitu bahagianya warga Dusun Pengkalen Batu, Desa Ranggung, Kecamatan Payung, Kabupaten Bangka Selatan. Sebab, kini mereka tak perlu repot-repot lagi jika hendak pergi ke Desa. Dulu, sebelum ada akses jalan yang dibangun PT Timah, mereka harus menyeberang menggunakan pompong.

’’Kami sangat bersyukur dengan akses jalan ini. Sangat membantu dan mempermudah aktivitas kami, dan anak-anak untuk bersekolah," kata Juhar, Ketua RT Dusun Pengkalen Batu. 

Jarak dusun ini ke Kota Pangkalpinang sebenarnya tidak terlalu jauh, hanya sekitar 90 km. Akan tetapi, minimnya akses darat membuatnya sulit dicapai. Selain menggunakan perahu, dapat juga ditempuh melalui jalur darat dari Desa Ranggung sekitar 90 menit dengan kondisi jalan yang memprihatinkan. 

Jika kurang waspada, mobil dapat terjebak di jalan yang berlumpur dan berlubang cukup dalam. Akan tetapi, untuk mencapai permukiman di dusun ini tetap harus menggunakan perahu sekitar 30 menit, yang dilanjutkan 15 menit dengan berjalan kaki melewati perkebunan karet dan lada.

PT Timah kemudian yang membuka akses jalan Pengkalen Batu-Ranggung, dengan mengerahkan tiga unit eskavator, dan empat unit dump truk. Sejumlah karyawan PT Timah bahkan terjun langsung, gotong royong bersama masyarakat setempat merintis dan membuka akses jalan. Operasional kegiatan ini didanai dari anggaran CSR PT Timah.

Kegiatan ini meraih penghargaan Zamrud CSR dalam acara Nusantara CSR Awards 2018 yang berlangsung di Hotel Indonesia Kempinski Jakarta, pada Rabu (17/10).  Penghargaan diserahkan oleh Chairman The La Tofi School of CSR, La Tofi didampingi Deputi Bidang Infrastruktur Bisnis Kementerian BUMN Hambra Samal kepada Kepala Divisi CSR PT Timah Yanuar Soenartono. Zamrud CSR merupakan penghargaan kategori baru untuk program CSR yang terintegrasi dengan banyak pendekatan serta memiliki dampak positif yang luas. (rb)





Berikan Komentar

Toboali Lainnya
Heboh, Warga Temukan Mayat di Tepi Pantai Tanjung Merun
Heboh, Warga Temukan Mayat di Tepi Pantai Tanjung Merun
Rabu, 22 Mei 2019 20:58 WIB
LEPARPONGOK - Warga Kecamatan Lepar Pongok, Kabupaten Bangka Selatan digegerkan dengan penemuan mayat yang sebagian menjadi tulang di Pantai Tanjung
Terkait JPU, Pemkab Basel Belum Terima Surat Gugatan LBH
Terkait JPU, Pemkab Basel Belum Terima Surat Gugatan LBH
Senin, 20 Mei 2019 21:42 WIB
TOBOALI – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kabupaten Bangka Selatan (Basel) sampai saat ini mengaku belum menerima surat gugatan terkait instalasi lampu
Buaya 3,4 Meter Pemangsa Mahrom di Sungai Empek Ditangkap Warga
Buaya 3,4 Meter Pemangsa Mahrom di Sungai Empek Ditangkap Warga
Jum'at, 17 Mei 2019 20:14 WIB
PAYUNG – Warga Dusun Pasir Putih,Desa Betumpang,Kecamatan Payung,Kabupaten Bangka Selatan (Basel) berhasil menangkap seekor buaya yang menerkam Mahrom (33), warga
Antusias Warga Bubuhkan Tanda Tangan Dukung Ancam Gugat Pemkab Basel
Antusias Warga Bubuhkan Tanda Tangan Dukung Ancam Gugat Pemkab Basel
Kamis, 16 Mei 2019 23:11 WIB
TOBOALI – Warga Kecamatan Toboali membubuhkan tanda tangan dukungan kepada Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Bangka Selatan (Basel) untuk menggungat Pemerintah