Komisi I Minta Pemkab Bangun Gedung Bank Darah


Komisi I Minta Pemkab Bangun Gedung Bank Darah

TOBOALI - Komisi I DPRD Bangka Selatan menyarankan Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DKPPKB) Basel membangun gedung bank darah guna meningkatkan pelayanan kesehatan.

Menurut Ketua Komisi I, Zainudin melalui Sekretarisnya, Samsir bank darah ini menjawab kebutuhan pelayanan kesehatan di Negeri Junjung Besaoh karena itu pada proses pembahasan lanjutan KUA PPAS tahun 2019, pikhanya mengusulkan ke dinas kesehatan untuk pengadaan gedung bank darah dan peralatan pengolah darah hasil donor darah dari masyarakat.

“Selama ini masyarakat di daerah setempat sangat kesulitan jika ada masyarakat yang memerlukan darah. Sebab, tidak ada stock darah di pusat layanan kesehatan seperti Rumah Sakit (RS) dan puskesmas,”ujar Samsir kepada Radar Bangka,Senin(15/10).

Masih menurut politisi partai PKS ini, meskipun ada PMI (Palang Merah Indonesia) dan pelaksanaan donor darah rutin setiap bulan, namun belum memiliki gedung dan peralatan pengolahan darah, sehingga hasil donor darah selalu diserahkan ke PMI Kota Pangkalpinang. Dengan kondisi tersebut tidak jarang ada pasien yang meninggal dunia. Karena keterlambatan penyediaan pasokan darah untuk pasien yang membutuhkan.

"Nah, jika pun ada darah, namun perlu waktu cukup lama untuk mendapatkannya karena harus menunggu kiriman dari Pangkalpinang. Oleh karna itu untuk menunjang program tersebut sudah dilakukan inisiasi untuk membuat rancangan peraturan daerah tentang penyelenggaraan PMI sebagai regulasi dasar dalam melakukan aktivitas pengolahan darah tersebut pada Propem Perda tahun 2019,”tuturnya.

Diharapkanya tahun 2019 kedua program ini bisa direalisasikan baik pembangunan fasilitas pengolahan darah maupun peraturan daerah tentang penyelenggaraan PMI selesai ditetapkan, dan diikuti juga pembenahan organisasi PMI Bangka Selatan sehingga masyarakat yang membutuhkan darah untuk proses penyembuhan penyakit tidak lagi susah untuk mendapatkan darah dan bisa didapatkan dalam waktu yang cepat.(bim)





Berikan Komentar

Toboali Lainnya
Heboh, Warga Temukan Mayat di Tepi Pantai Tanjung Merun
Heboh, Warga Temukan Mayat di Tepi Pantai Tanjung Merun
Rabu, 22 Mei 2019 20:58 WIB
LEPARPONGOK - Warga Kecamatan Lepar Pongok, Kabupaten Bangka Selatan digegerkan dengan penemuan mayat yang sebagian menjadi tulang di Pantai Tanjung
Terkait JPU, Pemkab Basel Belum Terima Surat Gugatan LBH
Terkait JPU, Pemkab Basel Belum Terima Surat Gugatan LBH
Senin, 20 Mei 2019 21:42 WIB
TOBOALI – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kabupaten Bangka Selatan (Basel) sampai saat ini mengaku belum menerima surat gugatan terkait instalasi lampu
Buaya 3,4 Meter Pemangsa Mahrom di Sungai Empek Ditangkap Warga
Buaya 3,4 Meter Pemangsa Mahrom di Sungai Empek Ditangkap Warga
Jum'at, 17 Mei 2019 20:14 WIB
PAYUNG – Warga Dusun Pasir Putih,Desa Betumpang,Kecamatan Payung,Kabupaten Bangka Selatan (Basel) berhasil menangkap seekor buaya yang menerkam Mahrom (33), warga
Antusias Warga Bubuhkan Tanda Tangan Dukung Ancam Gugat Pemkab Basel
Antusias Warga Bubuhkan Tanda Tangan Dukung Ancam Gugat Pemkab Basel
Kamis, 16 Mei 2019 23:11 WIB
TOBOALI – Warga Kecamatan Toboali membubuhkan tanda tangan dukungan kepada Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Bangka Selatan (Basel) untuk menggungat Pemerintah