Komisi I Minta Pemkab Bangun Gedung Bank Darah


Komisi I Minta Pemkab Bangun Gedung Bank Darah

TOBOALI - Komisi I DPRD Bangka Selatan menyarankan Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DKPPKB) Basel membangun gedung bank darah guna meningkatkan pelayanan kesehatan.

Menurut Ketua Komisi I, Zainudin melalui Sekretarisnya, Samsir bank darah ini menjawab kebutuhan pelayanan kesehatan di Negeri Junjung Besaoh karena itu pada proses pembahasan lanjutan KUA PPAS tahun 2019, pikhanya mengusulkan ke dinas kesehatan untuk pengadaan gedung bank darah dan peralatan pengolah darah hasil donor darah dari masyarakat.

“Selama ini masyarakat di daerah setempat sangat kesulitan jika ada masyarakat yang memerlukan darah. Sebab, tidak ada stock darah di pusat layanan kesehatan seperti Rumah Sakit (RS) dan puskesmas,”ujar Samsir kepada Radar Bangka,Senin(15/10).

Masih menurut politisi partai PKS ini, meskipun ada PMI (Palang Merah Indonesia) dan pelaksanaan donor darah rutin setiap bulan, namun belum memiliki gedung dan peralatan pengolahan darah, sehingga hasil donor darah selalu diserahkan ke PMI Kota Pangkalpinang. Dengan kondisi tersebut tidak jarang ada pasien yang meninggal dunia. Karena keterlambatan penyediaan pasokan darah untuk pasien yang membutuhkan.

"Nah, jika pun ada darah, namun perlu waktu cukup lama untuk mendapatkannya karena harus menunggu kiriman dari Pangkalpinang. Oleh karna itu untuk menunjang program tersebut sudah dilakukan inisiasi untuk membuat rancangan peraturan daerah tentang penyelenggaraan PMI sebagai regulasi dasar dalam melakukan aktivitas pengolahan darah tersebut pada Propem Perda tahun 2019,”tuturnya.

Diharapkanya tahun 2019 kedua program ini bisa direalisasikan baik pembangunan fasilitas pengolahan darah maupun peraturan daerah tentang penyelenggaraan PMI selesai ditetapkan, dan diikuti juga pembenahan organisasi PMI Bangka Selatan sehingga masyarakat yang membutuhkan darah untuk proses penyembuhan penyakit tidak lagi susah untuk mendapatkan darah dan bisa didapatkan dalam waktu yang cepat.(bim)





Berikan Komentar

Toboali Lainnya
Polres Basel Amankan Pengedar Ganja
Polres Basel Amankan Pengedar Ganja
Kamis, 15 November 2018 06:21 WIB
TOBOALI - Satuan Reserse Narkoba Polres Bangka Selatan, Kepulauan Bangka Belitung menangkap terduga pengedar narkotika jenis ganja, sebagai upaya memberantas
Rudisia Usman Minta Nama Depati Amir Jadi Nama Jalan di Basel
Rudisia Usman Minta Nama Depati Amir Jadi Nama Jalan di Basel
Senin, 12 November 2018 00:22 WIB
TOBOALI – Tokoh Pemuda Bangka Belitung (Babel) khususnya Kabupaten Bangka Selatan (Basel), Rudisia Usman meminta agar nama Pahlawan Nasional dari
Gas Melon di Basel Langka, Diduga Salah Sasaran
Gas Melon di Basel Langka, Diduga Salah Sasaran
Rabu, 07 November 2018 20:41 WIB
TOBOALI – Kelangkaan gas elpiji 3 kilogram atau gas melon terjadi di Kabupaten Bangka Selatan khususnya di Kecamatan Toboali. Berdasarkan
Lelang Jabatan Kadis  BKPSDM Basel , Enam Calon Siap  Bersaing
Lelang Jabatan Kadis BKPSDM Basel , Enam Calon Siap Bersaing
Rabu, 07 November 2018 20:34 WIB
TOBOALI - Sebanyak 6 orang PNS di Lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Selatan (Basel) berebut jabatan Kepala Badan Kepegawaian dan