Pembangunan RS Pratama di Payung Capai 47,9 persen


Pembangunan RS Pratama di Payung Capai 47,9 persen

TOBOALI –  Pembangunan Rumah Sakit (RS) Pratama di Desa Payung, Kecamatan Payung sudah berlangsung 4 bulan dan masuk bulan ke 5 sejak Juni 2018. Kini pengerjaannya sudah mencapai 47,9 persen. 

"Alhamdullilah sejauh ini proresnya sudah 47,98 persen. Hal ini berdasarkan laporan yang kami terima dari konsultan pengawas dan PPK,"ujar Sekretaris Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Basel, Haidar kepada wartawan, Senin (24/9).

Haidar menjelaskan bahwa RS Pratama untuk gedung sedang dalam pengerjaan Untuk IGD dan IRJ sudah tahap bekisting dan pembesian plat beton dan balok – balok. Sedangkan untuk gedung Rawat Inap dan radiologi sedang dalam pengerjaan pemasangan rangka atap dan sebagian melester dinding. Diutarakannya sesuai jadwal diperkirakan pada bulan Desember 2018 ini RS Pratama akan selesai.

“Pembangunan RS Pratama ini menggunakan DAK afirmasi tahun anggaran 2018 sebesar Rp 24 miliar. Khusus untuk gedung IGD dan Rawat Jalan pengerjaan bekisting dan pembesian plat beton dan balok - balok target akhir bulan ini balok dan plat beton lantai selesai di cor . dan untuk tahun ini gedung IGD dan IRJ baru dibangun 1 lantai. Semua barang seperti jendela kusen, atap dan lain – lainya sudah siap. Pembangunannya berikut dengan peralatan khusus kesehatan seperti listrik,air bersih dan lainya,”jelasnya.

Haidar menambahkan pembangunan RS itu dalam rangka peningkatan akses dan mutu pelayanan kesehatan kepada masyarakat,terutama masyarakat miskin dan tidak mampu. Pembangunannya diupayakan dalam rangka memenuhi ketersediaan dan meningkatkan akses pelayanan kesehatan rujukan dan spesalistik kepada masyarakat,terutama masyarakat miskin dan tidak mampu.

Hal ini dikarenakan ketersediaan pelayanan rujukan dari rumah sakit yang ada belum mampu menjangkau secara optimal dengan kondisi geogerafis dan jarak,waktu tempuh rujukan dari masyarakat yang berada di tiga wilayah keacamatan yaitu kecamatan Payung,Simpang Rimba dan Pulau Besar. Diharapkanya tidak ada kendala berarti ke depannya dalam pembangunan RS Pratama tersebut.

"Pembangunan RS Pratama ini ada 4 gedung dan untuk material sampai saat ini ready.Harapan kita sebelum akhir tahun sudah selesai dan tahun 2020 setelah berjalan akan dilanjutkan oleh Kementrian Kesehatan,”pungkas Haidar.

Diketahui sebelumnya, peletakan batu pertama pembangunan RS Pratama Payung pada 14 Mei 2018 lalu dilakukan oleh Bupati Basel H Justiar Noer didampingi Wakil Bupati Basel H Reza Herdavid, Kapolres Basel AKBP Aris Sulistyono, Kasi Intel Kajari Basel M Fuady, Kepala Dinas Kesehatan Bangka Selatan Supriyadi,unsur Forkopimda dan dihadiri sejumlah kepala OPD dan para camat dan tokoh masyarakat.

Dalam hal ini Bupati Basel H Justiar Noer mengatakan dengan dimulainya pembangunan rumah sakit ini merupakan salah satu jawaban terhadap terbatasnya fasilitas kesehatan yang ada di wilayah Kabupaten Basel, yang sekarang ini sudah memiliki satu rumah sakit yaitu RSUD Kabupaten  Basel dengan kapasitas 68TT dan memiliki 10 Puskemnas yang terebar di 8 Kecamatan.(bim)





Berikan Komentar

Toboali Lainnya
2 Pelaku Pencuri Sekolah Tertangkap, 1 Masih Buron
2 Pelaku Pencuri Sekolah Tertangkap, 1 Masih Buron
Selasa, 22 Oktober 2019 20:51 WIB
TOBOALI - AKsi pencurian di SMP Negeri 6 Keposang dan SMA Negeri 1 Toboali yang dilakukan pelaku inisial AL (26)
DPRD Basel Akan Sampaikan Aspirasi Nelayan ke DPRD Babel
DPRD Basel Akan Sampaikan Aspirasi Nelayan ke DPRD Babel
Senin, 21 Oktober 2019 19:57 WIB
TOBOALI – Ketua DPRD Kabupaten Basel, Erwin Asmadi menegaskan secepatnya pihaknya dan Pemkab Basel akan menyampaikan aspirasi masyarakat perwakilan nelayan
Kapolres Basel AKBP Ferdinand Buka Pelatihan Penyidik TPPU
Kapolres Basel AKBP Ferdinand Buka Pelatihan Penyidik TPPU
Kamis, 17 Oktober 2019 16:58 WIB
TOBOALI - Kapolres Bangka Selatan (Basel) , AKBP S Ferdinand Suwarji membuka kegiatan pelatihan peningkatan kemampuan penyidik Polres Basel dan
Tingkat Ancaman Kedepan Semakin Berat, Polres Basel Latihan Menembak
Tingkat Ancaman Kedepan Semakin Berat, Polres Basel Latihan Menembak
Selasa, 15 Oktober 2019 19:17 WIB
TOBOALI – Kapolres Bangka Selatan (Basel), AKBP S Ferdinand Suwarji dan diikuti oleh Pejabat Utama (PJU), Kapolsek Jajaran dan seluruh