Kapal Muatan 3 Ton Beras Bulog Tengelam di Perairan Tajung Gibang


Kapal Muatan 3 Ton Beras Bulog Tengelam di Perairan Tajung Gibang


LEPARPONGOK - Kapal Motor (KM) bermuatan 3 ton beras bulog di nahkodai  Darmawan warga desa Tanjung Sekar, tengelam di perairan Tanjung Gibang, kecamatan Leparpongok, kabupaten Bangka Selatan (Basel), Rabu (8/8) sekitar pukul 17.00 WIB, kemarin.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, pasalnya, nahkoda kapal motor berhasil menyelamatkan diri dengan cara berenang ke desa Panatuk dengan  mengunakan penutup fiber. Namun kerugiat matrial akibat pristiwa ini diperkirakan lebih dari seratus juta rupiah.

Informasi yang diterima dari Posmat TNI Toboali, kapal tanpa nama ini mulai berlayar dari Sadai menuju pelabuhan Tanjung Sangkar. Namun, hingga pukul 22.30 WIB, kapal  yang ditunggu oleh pemerintah setempat tak kunjung datang.

Camat Leparpongok, Dodi Kusuma yang mendapatkan informasi awal kapal tengelam, langsung  menghubungi ke Posmat TNI AL Sadai, yang kemudian diteruskan ke Pos TNI AL Toboali dan Sat Pol Air, Polres Basel, dibantu nelayan langsung melakukan penyisiran. 

"Benar, kita mendapat informasi dari Camat Leparpongok Dodi Kusuma bahwa kapal membawa beras ke pelabuhan Tanjung Sangkar tenggelam diperairan Tanjung Gibang Pulau Lepar,"tegas Danposmat TNI AL Toboali, Letda Syamsudin, dikonfirmasi wartawan Kamis (9/8).

Menindaklanjuti informasi tersebut, tim gabungan TNI AL dan Sat Pol Air di bantu nelayan langsung melakukan pencarian disekitar lokasi. Sekitar pukul 23.00 WIB, barulah kapal tersebut berhasil ditemukan dalam posisi tenggelam diperairan Tanjung Gibang, namun saat ditemukannya kapal itu, nahkoda kapal belum ditemukan.

"Setelah ditemukannya kapal tersebut kemudian anggota gabungan terus melanjutkan pencarian terhadap nahkoda kapal. Sekitar pukul 00.30 WIB anggota gabungan mendapat informasi dari saudaranya nahkoda, bahwa Darmawan (nahkoda) sudah ditemukan dalam keadaan selamat di Desa Penutuk Kecamatan Leparpongok sehingga pencarian dari semua unsur dihentikan," ujar Syamsudin. (bim)





Berikan Komentar

Toboali Lainnya
Peringati Hari Guru Nasional dan PGRI, Momentum Menjaga Soliditas & Solidaritas
Peringati Hari Guru Nasional dan PGRI, Momentum Menjaga Soliditas & Solidaritas
Senin, 10 Desember 2018 16:57 WIB
TOBOALI – Pemerintah Kabupaten ( Pemkab) Bangka Selatan (Basel) mengharapkan momentum peringatan Hari Guru Nasional ( HGN) yang jatuh pada
Hari Anti Korupsi Internasional, Kejari Basel Bagi-bagi Kaos dan Stiker
Hari Anti Korupsi Internasional, Kejari Basel Bagi-bagi Kaos dan Stiker
Senin, 10 Desember 2018 16:41 WIB
TOBOALI – Dalam rangka memperingati Hari Anti Korupsi Internasional, Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Bangka Selatan (Basel) membagikan stiker dan
Kejari Tetapkan Tiga Pejabat Pemkab Basel Tersangka
Kejari Tetapkan Tiga Pejabat Pemkab Basel Tersangka
Senin, 10 Desember 2018 16:30 WIB
TOBOALI - Kejaksaan Negeri (Kejari) Bangka Selatan (Basel) akhirnya menetapkan Seketaris Daerah (Sekda) Basel Suwandi beserta Kabag Umum Endang
Semerak Gebyar Ternak
Semerak Gebyar Ternak
Kamis, 29 November 2018 19:24 WIB
TOBOALI - Pemerintah Daerah Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melalui Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan mengelar acara Gebyar