Ombudsman Cek Pelayanan di Kantor PTSP Basel


Ombudsman Cek Pelayanan di Kantor PTSP Basel

TOBOALI - Ombudsman RI Perwakilan  Bangka Belitung (Babel), didampinggi Inspektorat Bangka Selatan (Basel) mengecek standar pelayanan publik  dikantor Perizinan Terpadu Satu Pintu (PTSP), Pemkab Basel, Rabu (4/4). 

Dari hasil pengecekan yang dilakukan Ombudsman Babel,  standar layanan di kantor PTSP Basel dengan sampel untuk 1 produk layanan  yaitu Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Kelengkapan pemenuhan standar layanan berkisar pada angka skor 85,5. 

Artinya masuk dalam kepatuhan tinggi (zona hijau) pemenuhan standar layanan pada produk IMB tersebut. Namun jika dilengkapi beberapa item yang belum terpenuhi maka akan lebih baik lagi bisa mencapai angka dengan skor lebih tinggi atau diharapkan bisa memenuhi skor 100.

“Namun itu baru untuk 1 produk layanan. Ada 76 produk layanan di PTSP Basel selain produk layanan IMB. Tadi kami tidak mengecek 75 produk lainnya. Mudah-mudahan 75 produk lainnya juga bisa memiliki standar tinggi." katanya.

"Ombudsman RI Babel berharap apa yang dijadikan contoh pengecekan terhadap standar layanan tersebut agar bisa menjadi evaluasi untuk memperbaiki dan melengkapinya, termasuk evaluasi bagi para OPD yang ada di di Basel yang akan menjadi sasaran penilaian Ombudsman,” jelas Jumli.

OPD Ombudsman RI Babel juga berharap meski Basel sebagai kabupaten yang baru dijadikan sampel prnilaian tahun ini oleh Ombudsman, diharapkan standar layanan publik di pemkab Basel bisa meraih kepatuhan tinggi (zona hijau) standar layanan publiknya disemua OPD, tentunya perlu dorongan yang kuat dari Bupati, Wakil Bupati, Sekda maupun Inspektoratnya, serta motivasi yang tinggi dari para OPD.

“Ombudsman sudah memaparkan variabel dan komponen yg harus dipenuhi, sebagaimana yang dipaparkan oleh Asisten, KGS Chris Fither dibantu Endah Septamirza dihadapan para OPD pada Selasa kemarin (3/4),di Balai pertemuan pemkab Basel. Sebab, meski misalnya di Disdukcapil dan PTSP pemenuhan standar layanan bisa tinggi tapi tanpa diikuti oleh OPD yang lainnya maka penilaian secara umum atau nilai akumulasinya untuk Pemkab Basel bisa menjadi kepatuhan rendah (zona merah) atau kepatuhan sedang (zona kuning) untuk standar layanan publiknya. Diharapkan semua OPD bisa menzona hijaukan Pemkab Basel untuk standar layanan publiknya,” jelasnya.(bim)




Banner

Berikan Komentar

Toboali Lainnya
Hadapi New Normal, Kapolres Basel Minta Masyarakat Miliki Kesadaran Tinggi
Hadapi New Normal, Kapolres Basel Minta Masyarakat Miliki Kesadaran Tinggi
Jum'at, 29 Mei 2020 21:45 WIB
TOBOALI – Adanya wacana Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo untuk menerapkan sistem new normal, demi menggerakkan kembali seluruh sektor
Alhamdullilah, Hasil Swab 4 Orang di Basel Negatif
Alhamdullilah, Hasil Swab 4 Orang di Basel Negatif
Kamis, 28 Mei 2020 14:49 WIB
TOBOALI – Juru bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Virus Corona atau Covid-19 Kabupaten Bangka Selatan (Basel), Supriyadi menyatakan
Pemkab Basel Bahas Aset Kendaraan & Tanah
Pemkab Basel Bahas Aset Kendaraan & Tanah
Kamis, 28 Mei 2020 14:44 WIB
TOBOALI - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Selatan (Basel) dihari pertama masuk Idul Fitri, Selasa (26/05/2020) telah menggelar rapat membahas persoalan
Di Toboali, Masih Banyak Pembeli & Pedagang Tidak Makai Masker
Di Toboali, Masih Banyak Pembeli & Pedagang Tidak Makai Masker
Sabtu, 23 Mei 2020 17:03 WIB
TOBOALI - . Polres Bangka Selatan (Basel) melaksanakan patroli penggunaan masker kepada pembeli dan pedagang di pasar tradisional (terminal-red) Toboali,