379 Kilogram Sampah Terkumpul di Jalan Santai


379 Kilogram Sampah Terkumpul di Jalan Santai

TOBOALI – Perayaan acara puncak peringatan hari jadi ke 15 Kabupaten Bangka Selatan (Basel) disemarakan oleh ribuan warga yang turun ke jalan. Dari rakyat hingga pejabat jalan santai sambil mengumpulkan sampah di sepanjang Jalan Sudirman, Minggu (25/3).

Kegiatan aksi bersih-bersih atau pungut sampah sambil jalan santai star dari pantai Nek Haji, itu sendiri baru dimulai pukul 06.15 dan sebelum 09.00 WIB para peserta telah selesai menjalankan aksinya, selanjutnya sampah yang terkumpul tersebut diangkut ke TPA.

Berdasarkan hasil penimbangan yang dilakukan,total sampah yang terkumpul sebesar 379 kg.Sampah yang terkumpul tersebut pada umumnya berupa sampah rumah tangga baik organik seberat 105 kg maupun anorganik 229 kg.Demikian disampaikan Ketua TP PKK Basel Ekawati Justiar.

“Tidak banyak acara ceremonial, sederhana namun semua peserta yang terlibat tampak cukup bersemangat, akrab dan menikmati. Jumlahnya sedikit,tidak seperti tahun lalu. Mudah-mudahan dengan sedikitnya sampah yang terkumpul berarti masyarakatnya sudah mulai sadar tidak membuang sampah sembangan,” ujarnya kepada Radar Bangka.

Menurut Ekawati,sukses penyelenggaraan kegiatan tersebut tidak lepas dari peran para pemuda pejuang lingkungan yang ada di Kabupaten Basel yang tergabung dalam komunitas Bank Sampah Kabupaten Basel.

Bahwa kebesihan lingkungan dan pengelolaan sampah yang baik dan benar harus menjadi tanggung jawab bersama dan dilakukan oleh semua orang, untuk itu diperlukan kesadaran dan kepedulian semua orang dan semua tingkat strata sosial.

Ekawati berharap semua lapisan masyarakat peduli terhadap sampah, tak hanya hari ini, tapi juga setiap hari. "Kalau semua peduli, akan tercapai Indonesia bebas sampah tahun 2020.

Terimakasih pahlawan kebersihanku, saat anak-anak belum mengerti membuang sampah sembarangan itu mencemari lingkungan. Engkau dengan teladan tanpa malu sudi memungut bekas botol dan plastik.Ayo anak-anak sayangi bumi kita,buang sampahmu ditempat sampah," tutur Ekawati.(bim)




Banner

Berikan Komentar

Toboali Lainnya
Areal Tambang Meluas, Nelayan Tanjung Ketapang Resah
Areal Tambang Meluas, Nelayan Tanjung Ketapang Resah
Jum'at, 25 September 2020 17:00 WIB
TOBOALI - Puluhan nelayan Tanjung Ketapang, Toboali, Kabupaten Bangka Bangka Selatan merasa terganggu dengan adanya aktivitas tambang pasir timah laut
PESERTA PEMILIHAN BUPATI DAN WAKIL BUPATI BANGKA SELATAN TAHUN 2020
PESERTA PEMILIHAN BUPATI DAN WAKIL BUPATI BANGKA SELATAN TAHUN 2020
Kamis, 24 September 2020 21:10 WIB
Berdasarkan Keputusan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bangka Selatan Nomor: 78/PL.02.3-Kpt/1903/KPU-Kab/IX/2020 Tentang Penetapan Nomor Urut bagi Pasangan Calon Peserta Pemilihan Bupatidan
Ini Nomor Urut 4 Paslon Pilkada Basel
Ini Nomor Urut 4 Paslon Pilkada Basel
Kamis, 24 September 2020 14:49 WIB
TOBOALI - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka Selatan (Basel) menggelar tahapan pengundian nomor pasangan calon (paslon) Bupati dan Wakil
PENGUMUMAN PENETAPAN PASANGAN CALON PESERTA PEMILIHAN BUPATI DAN WAKIL BUPATI BANGKA SELATAN TAHUN 2020
PENGUMUMAN PENETAPAN PASANGAN CALON PESERTA PEMILIHAN BUPATI DAN WAKIL BUPATI BANGKA SELATAN TAHUN 2020
Kamis, 24 September 2020 00:12 WIB
Berdasarkan Keputusan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bangka Selatan Nomor: 75/PL.02.3-Kpt/1903/KPU-Kab/IX/2020 Tentang Penetapan Pasangan Calon Peserta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati