10 Rumah Warga Penerima Program "Bedah Rumah Lanjut Usia" Selesai 100 Persen


10 Rumah Warga Penerima Program "Bedah Rumah Lanjut Usia" Selesai 100 Persen

TOBOALI - Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (DSP3APMD) Kabupaten Bangka Selatan (Basel), Benny S melalui Sekretaris DSP3APMD Basel, Sumadi menegaskan program bedah rumah lanjut usia yang dilaksanakannya telah diselesaikan 100 persen.

“Alhamdullilah, hingga kini sebanyak 10 rumah di Kecamatan Toboali 9 dan Kecamatan Payung 1 dipastikan sudah 100 persen selesai dibangun. Program tersebut dimulai pada tanggal 2 Februari 2017 rehabilitasi rumah lansia,” ujar Sekretaris DSP3APMD Basel, Sumadi kepada Radar Bangka, Selasa (14/11).

Lanjutnya, dana bedah rumah diberikan kepada masing-masing pendamping sosial bedah rumah lanjut usia untuk masing-masing wilayah. Mekanisme penyerahan dana adalah koordinator Kabupaten Basel menyerahkan secara langsung uang tunai senilai Rp 15 juta untuk masing-masing penerima manfaat yang dilakukan di kantor Lurah atau Desa setempat kepada masing-masing para pendamping (TKSK/TKSM) dengan disaksikan langsung Lurah, Kades.

"Penyerahan dana bantuan itu diserahkan langsung kepada kepala bidang pelayanan rehabilitasi sosial sekaligus koordinator bedah rumah kabupaten Basel kepada masing-masing pendamping sosial program bantuan bedah rumah lanjut usia sesuai dengan lokasi rumah yang akan dibedah dengan disaksikan oleh Lurah,Kades setempat,” jelasnya.

Ia menambahkan dalam kegiatan bedah atau rehabilitasi rumah tidak layak huni, dinas hanya sebatas menyediakan bahan atau materi bangunan berupa papan dan sebagainya sedangkan pelaksanaan pembangunan diserahkan kepada masyarakat secara gotong royong.

“Tahun 2016 tidak ada,Insya Allah tahun 2018 rencana ngusul 10 rumah lagi.Harapanya dengan bedah rumah lansia ini dapat membantu para lansia mendapatkan tempat tunggal yang lebih baik dan lingkungan yang sehat dan  semoga kedepan program ini dapat terus berlanjut dan penerima manfaatnya lebih banyak lagi,” pungkas Sumadi. (bim)





Berikan Komentar

Toboali Lainnya
Peringati Hari Guru Nasional dan PGRI, Momentum Menjaga Soliditas & Solidaritas
Peringati Hari Guru Nasional dan PGRI, Momentum Menjaga Soliditas & Solidaritas
Senin, 10 Desember 2018 16:57 WIB
TOBOALI – Pemerintah Kabupaten ( Pemkab) Bangka Selatan (Basel) mengharapkan momentum peringatan Hari Guru Nasional ( HGN) yang jatuh pada
Hari Anti Korupsi Internasional, Kejari Basel Bagi-bagi Kaos dan Stiker
Hari Anti Korupsi Internasional, Kejari Basel Bagi-bagi Kaos dan Stiker
Senin, 10 Desember 2018 16:41 WIB
TOBOALI – Dalam rangka memperingati Hari Anti Korupsi Internasional, Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Bangka Selatan (Basel) membagikan stiker dan
Kejari Tetapkan Tiga Pejabat Pemkab Basel Tersangka
Kejari Tetapkan Tiga Pejabat Pemkab Basel Tersangka
Senin, 10 Desember 2018 16:30 WIB
TOBOALI - Kejaksaan Negeri (Kejari) Bangka Selatan (Basel) akhirnya menetapkan Seketaris Daerah (Sekda) Basel Suwandi beserta Kabag Umum Endang
Semerak Gebyar Ternak
Semerak Gebyar Ternak
Kamis, 29 November 2018 19:24 WIB
TOBOALI - Pemerintah Daerah Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melalui Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan mengelar acara Gebyar