Pemkab Basel Peringati Hari Lahir Pancasila


Pemkab Basel Peringati Hari Lahir Pancasila

TOBOALI – Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan (Basel) melaksanakan Upacara peringatan hari lahir ke-72 Pancasila yang digelar di halaman Komplek Perkantoran Pemkab Basel, Senin (5/6) pagi kemarin.  Upacara yang dihadiri langsung oleh Wakil Bupati Bangka Selatan, Riza Herdavid sekaligus bertindak sebagai inspektur upacara ini meneguhkan komitmen agar lebih mendalami, menghayati dan mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila sebagai dasar bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
    Pada 1 Juni ditetapkan sebagai hari libur nasional memperingati kelahiran Pancasila berdasarkan keputusan presiden No. 24 tahun 2016. Penetapan hari lahir Pancasila mengacu pada sidang Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia atau yang dikenal dengan BPUPKI pada 29 Mei-1 Juni 1945. Dalam prosesnya, rumusan Pancasila sejak 1 Juni 1945 yang dipidatokan Sukarno, rumusan piagam Jakarta 22 Juni 1945, hingga rumusan final 18 Agustus 1945 adalah sebuah satu kesatuan.
    Dalam sambutannya, Bupati Bangka Selatan, Justiar Noer melalui Wakil Bupati Bangka Selatan, Riza Herdavid membacakan pidato Presiden Joko Widodo, Pancasila merupakan hasil dari satu kesatuan proses yang dimulai dengan rumusan Pancasila tanggal 1 Juni 1945 yang dipidatokan Ir. Sukarno, Piagam Jakarta tanggal 22 Juni 1945, dan rumusan final Pancasila tanggal 18 Agustus 1945.  
    "Harus diingat bahwa kodrat bangsa Indonesia adalah keberagaman. Takdir Tuhan untuk kita adalah keberagaman. Dari Sabang sampai Merauke adalah keberagaman. Dari Miangas sampai Rote adalah juga keberagaman. Berbagai etnis, bahasa, adat istiadat, agama, kepercayaan dan golongan bersatu padu membentuk Indonesia. Itulah kebhinneka tunggal ika-an kita," paparnya.
    Ia mengajak peran aktif para ulama, ustadz, pendeta, pastor, bhiksu, pedanda, tokoh masyarakat, pendidik, pelaku seni dan budaya, pelaku media, jajaran birokrasi, TNI dan Polri serta seluruh komponen masyarakat untuk menjaga Pancasila. "Pemahaman dan pengamalan Pancasila dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara harus terus ditingkatkan. Ceramah keagamaan, materi pendidikan, fokus pemberitaan dan perdebatan di media sosial harus menjadi bagian dalam pendalaman dan pengamalan nilai-nilai Pancasila," imbuhnya.
    Menutup pesan, sekali lagi ia menghimbau, jaga perdamaian, jaga persatuan, dan jaga persaudaraan di antara kita. Mari kita saling bersikap santun, saling menghormati, saling toleran, dan saling membantu untuk kepentingan bangsa. Mari kita saling bahu-membahu, bergotong royong demi kemajuan Indonesia. "Selamat Hari Lahir Pancasila. Kita Indonesia, Kita Pancasila. Semua Anda Indonesia, semua Anda Pancasila. Saya Indonesia, saya Pancasila," tegasnya. (bim)





Berikan Komentar

Toboali Lainnya
Kodi-Rusliadi Serahkan 15.166 Berkas Dukungan di KPU Basel
Kodi-Rusliadi Serahkan 15.166 Berkas Dukungan di KPU Basel
Sabtu, 22 Februari 2020 19:13 WIB
TOBOALI - Pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Bangka Selatan (Basel) Kodi Midahri dan H Rusliadi (KORI)
KPU Basel Minta Pasangan KORI Lengkapi Persyaratan
KPU Basel Minta Pasangan KORI Lengkapi Persyaratan
Jum'at, 21 Februari 2020 21:22 WIB
TOBOALI - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka Selatan (Basel) meminta Pasangan calon Bupati Bangka Selatan (Basel) Kodi Midahri dan
Terlambat 6 Menit, Paslon KORI Ditolak KPU Basel
Terlambat 6 Menit, Paslon KORI Ditolak KPU Basel
Jum'at, 21 Februari 2020 17:21 WIB
TOBOALI – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka Selatan (Basel) resmi menutup pendaftaran pemilihan kepala daerah (pilkada) 2020 tepat pukul
Desa Gadung Dapat 500 Sertifikat Redis Tanah
Desa Gadung Dapat 500 Sertifikat Redis Tanah
Jum'at, 21 Februari 2020 15:25 WIB
TOBOALI - Pemerintah Desa (Pemdes) Desa Gadung Kabupaten Bangka Selatan (Basel) melakukan sosialisasi program redistribusi (redis) kepada warga sebagai