Gabungan Ormas Basel Laporkan Dugaan Pungli


Gabungan Ormas Basel Laporkan Dugaan Pungli

    TOBOALI - Gabungan Organisasi Masyarakat (Ormas) di Kabupaten Bangka Selatan (Basel) melaporkan dugaan praktik pungutan liar yang dilakukan penyelenggara "Dangdut Star" kepada aparat kepolisian.

    "Kami menduga ada pungli dalam acara ini pergelaran 'Dangdut Star' di Tanjung Krasak Kecamatan Tukak Sadai pada Sabtu (12/11)," kata Ketua Ormas Peduli Rakyat Yulider, Senin (14/11) kemarin. Pungli itu dinilai merugikan pemerintah daerah dan masyarakat di daerah itu.

    Ia mengatakan, sebelum pergelaran "Dangdut Star", pihak penyelenggara menyiarkan melalui radio lokal bahwa tidak ada pungutan atau gratis. Namun masyarakat harus membayar Rp30.000 untuk menyaksikan acara itu. Selain itu kegiatan Dangdut Star tidak ada pajak atau kontribusi yang masuk ke kas daerah. "Kalau memang resmi pasti ada retribusi bagi daerah sebagai PAD, ini 'kan termasuk juga dalam pembohongan publik," katanya.

    Untuk itu, pihaknya sudah melaporkan ke pihak kepolisian untuk mengusut penyelenggara agar tidak terjadi lagi kejadian seperti ini. "Kami bersama tokoh masyarakat dan rekan-rekan LSM kami sudah laporkan ke pihak kepolisian," ujarnya. Ia berharap kepolisian segera mengusut kasus ini agar jelas dan transparan sehingga tidak terjadi lagi kejadian serupa.

    Kasat Reskrim Polres Bangka Selatan AKP.Erwan Yuda mengatakan, akan mendalami kasus ini sedangkan izin ada di Polsek Toboali. "Kami sudah menerima aduan dugaan pungli ini dan akan pelajari lebih lanjut," katanya.

    Sementara itu, Kepala Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Bangka Selatan, Erwandi mengatakan, hingga saat ini belum ada pajak yang masuk terkait acara dangdut itu. "Berdasarkan Perda apabila ada tiket masuk atau tiket parkir harus menyetorkan pajak ke daerah," katanya.(ant/rb)





Berikan Komentar

Toboali Lainnya
Ciptakan Pilkada 2020 Aman di Negeri Junjung Besaoh, Polres Basel Gelar FGD
Ciptakan Pilkada 2020 Aman di Negeri Junjung Besaoh, Polres Basel Gelar FGD
Kamis, 12 September 2019 09:50 WIB
TOBOALI - Jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Bangka Selatan (Basel) 2020, Polres Basel menggelar Focus Group Discussion (FGD)
Inpektorat Basel Siapkan Sanksi Tegas ASN Terbukti Selingkuh
Inpektorat Basel Siapkan Sanksi Tegas ASN Terbukti Selingkuh
Rabu, 11 September 2019 19:34 WIB
TOBOALI – Meski belum adanya laporan Aparatur Sipil Negara (ASN) melakukan selingkuh, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Selatan (Basel) melalui Inspektorat
Terkait NPHD, KPU Basel Masih Tunggu Ketetapan KPU RI
Terkait NPHD, KPU Basel Masih Tunggu Ketetapan KPU RI
Rabu, 11 September 2019 19:29 WIB
TOBOALI - Hingga saat ini, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka Selatan (Basel) masih terkendala pengajuan Naskah Perjanjian Hibah Daerah
8 Anggota DPRD Basel Mangkir, Rapat Paripurna Molor Dimulai Pukul 17.15 WIB
8 Anggota DPRD Basel Mangkir, Rapat Paripurna Molor Dimulai Pukul 17.15 WIB
Selasa, 03 September 2019 22:03 WIB
TOBOALI Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bangka Selatan (Basel), Selasa (3/9/2019) digedung setempat menggelar sidang paripurna tentang pengambilan