Terendamnya Sawah Karena Tidak Ada Irigasi. Irigasi akan Segera Dibangun


Terendamnya Sawah Karena Tidak Ada  Irigasi. Irigasi akan Segera Dibangun

TOBOALI (radarbangka.co.id) - Seketaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bangka Selatan (Basel) Ahmad Damiri mengungkapkan, Pemkab Basel secara tidak langsung merespon keluhan ratusan petani Dusun Bukit Anda Desa Rias Toboali yang sawahnya terendam banjir karena tidak adanya saluran irigasi beberapa waktu lalu. 

“Dalam waktu dekat ini, kita akan mengundang Dinas Pertanian Provinsi, Dinas PU Provinsi, Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) serta SKPD terkait yang ada di Basel untuk membahas pembangunan irigasi tersebut,” ungkap Ahmad Damiri, kepada RB, Rabu (18/5).

Dalam rapat tersebut nantinya, kata Sekda, akan dibahas rencana pembangunan irigasi di beberapa titik-titik persawahan se-Kabupaten Basel. Langkah ini dilakukan, mengingat Kabupaten Basel berkonsentrasi untuk menuju Swasembada Beras dan Basel Makmur di Tahun 2015.

Damiri menambahkan, semua persoalan yang berkaitan dengan irigasi akan dibahas bersama Dinas Pertanian Provinsi, Dinas PU Provinsi, BPTP serta SKPD terkait. Kemudian untuk persawahan yang benar-benar membutuhkan irigasi akan segera dibangun menggunakan APBD Provinsi atau APBD Kabupaten Basel.

“Pemkab Basel kan konsentrasi Swasembada Beras 2015, sehingga persoalan yang berkait dengan sektor pertanian segera kita respon dan kita carikan solusi terbaiknya,” tegas Sekda.

Sementara itu Samsir, Anggota Komisi B DPRD Basel menghimbau kepada Dinas Pertanian Basel, untuk menindaklanjuti kemungkinan-kemungkinan yang terjadi untuk menangtisipasi terulangnya banjir yang merendam ratusan petak sawah di Dusun Bukit Anda Desa Rias Toboali beberapa waktu lalu. Antisipasi dapat dilakukan dengan memperbaiki sistem irigasi yang ada atau membuat kolong retensi. Perbaikan tersebut diharapkan dapat menampung lebih dulu air sebelum masuk ke tanggul irigasi. 

“Peristiwa terendamnya ratusan petak sawah di Dusun Bukit Anda Desa Rias, merupakan bencana alam yang tidak dapat diprediksi. Untuk itu, Pemkab Basel melalui Dinas Pertanian segera melakukan tindakan-tindakan preventif sehingga meskipun curah hujan tinggi, tidak menyebabkan banjir dan sawah terendam,” ujarnya seraya mengatakan Dinas Pertanian, juga harus secara rutin memberikan penyuluhan dan sosialisasi untuk menjaga sistem irigasi sehingga saluran air dapat berjalan normal, meski sedang dilanda hujan tinggi. (cr30)


Banner

Berikan Komentar

Toboali Lainnya
Areal Tambang Meluas, Nelayan Tanjung Ketapang Resah
Areal Tambang Meluas, Nelayan Tanjung Ketapang Resah
Jum'at, 25 September 2020 17:00 WIB
TOBOALI - Puluhan nelayan Tanjung Ketapang, Toboali, Kabupaten Bangka Bangka Selatan merasa terganggu dengan adanya aktivitas tambang pasir timah laut
PESERTA PEMILIHAN BUPATI DAN WAKIL BUPATI BANGKA SELATAN TAHUN 2020
PESERTA PEMILIHAN BUPATI DAN WAKIL BUPATI BANGKA SELATAN TAHUN 2020
Kamis, 24 September 2020 21:10 WIB
Berdasarkan Keputusan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bangka Selatan Nomor: 78/PL.02.3-Kpt/1903/KPU-Kab/IX/2020 Tentang Penetapan Nomor Urut bagi Pasangan Calon Peserta Pemilihan Bupatidan
Ini Nomor Urut 4 Paslon Pilkada Basel
Ini Nomor Urut 4 Paslon Pilkada Basel
Kamis, 24 September 2020 14:49 WIB
TOBOALI - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka Selatan (Basel) menggelar tahapan pengundian nomor pasangan calon (paslon) Bupati dan Wakil
PENGUMUMAN PENETAPAN PASANGAN CALON PESERTA PEMILIHAN BUPATI DAN WAKIL BUPATI BANGKA SELATAN TAHUN 2020
PENGUMUMAN PENETAPAN PASANGAN CALON PESERTA PEMILIHAN BUPATI DAN WAKIL BUPATI BANGKA SELATAN TAHUN 2020
Kamis, 24 September 2020 00:12 WIB
Berdasarkan Keputusan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bangka Selatan Nomor: 75/PL.02.3-Kpt/1903/KPU-Kab/IX/2020 Tentang Penetapan Pasangan Calon Peserta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati