Polhut Basel Amankan 4 PC


Polhut Basel Amankan 4 PC

TOBOALI (radarbangka.co.id) - Polisi Hutan (Polhut) Dinas Kehutanan Kabupaten Bangka Selatan (Basel), beberapa waktu lalu mengamankan 4 unit alat berat yang beroperasi secara ilegal di wilayah hutan Basel.

Kepala Dinas Kehutanan Basel, Hatamarasyid mengungkapkan, empat alat berat eskavator (PC) dengan merek Caterpilar yang berhasil diamankan oleh anggota Polhut Basel tersebut beroperasi di kawasan hutan produksi (HP) Air Tuik Desa Tepus Kecamatan Airgegas. 

“Alat berat tersebut berhasil diamankan setelah anggota Polhut kita mengadakan patroli rutin di kawasan hutan. Kita juga mendapat informasi dari masyarakat setempat yang resah terhadap keluar masuknya alat berat ke kawasan hutan tersebut,” terang Hatamarasyid kepada RB, Rabu (18/5).

Saat ini, keempat alat berat tersebut, tegas Hatamarasyid akan tetap diamankan, kendati salah satu pemilik alat berat tersebut mendatangi Dinas Kehutanan Basel, untuk meminta dikembalikan alat beratnya. 

“Kita akan tetap melanjutkan prosesnya kepada pihak kepolisian, untuk melakukan pemeriksaan dan penyidikan lebih lanjut. Ini termasuk pelanggaran perambahan hutan di daerah kawasan HP milik Pemkab Basel,” tegas Hatamarasyid.

Kata Hatamarasyid, sebelumnya anggota Polhut sempat mengalami kendala membawa keempat alat berat tersebut, karena seluruh mobil tronton yang ada di Basel dan Bateng tidak mau dirental untuk membawa alat berat tersebut.

“Untunglah ada tronton dari Pangkalpinang yang bersedia membawa alat berat tersebut,” ungkapnya seraya memuji keberhasilan anggota Polhut mengamankan alat berat yang telah melakukan perusakan terhadap HP tersebut.

“Percuma banyak anggota kalau tidak bisa bekerja. Berarti Polhut kita benar-benar bekerja untuk menjaga kawasan hutan dengan baik. Kita akan tetap tindak tegas yang namaya illegal loging dan illegal mining yang terjadi di Basel. Kan sayang kalau hutan tidak kita jaga secara bersama-sama. Untuk pemeriksaan serta penyidikan lebih lanjut ke Mapolres Basel, kami siap apabila diminta menjadi saksi ahli. Saat ini kami sedang menyiapkan berkas atas penangkapan alat berat tersebut untuk kami serahkan ke Mapolres Basel,” tutupnya. (cr30)


Banner

Berikan Komentar

Toboali Lainnya
Cegah Politik Uang, Kajari Basel Ingatkan Para Kades dan Lurah Awasi Pilkada
Cegah Politik Uang, Kajari Basel Ingatkan Para Kades dan Lurah Awasi Pilkada
Senin, 21 September 2020 17:59 WIB
TOBOALI – Kejari Bangka Selatan (Basel) mengingatkan kepada seluruh peserta Kepala Desa (Kades) dan Lurah di Kabupaten Basel agar tidak
F- KSKB Desak Pemkab Basel Serahkan Dokumen KUA-PPAS Perubahan
F- KSKB Desak Pemkab Basel Serahkan Dokumen KUA-PPAS Perubahan
Jum'at, 18 September 2020 15:08 WIB
TOBOALI - Fraksi Keadilan Sejahtera Kebangkitan Bangsa (F- KSKB), mendesak Pemkab Bangka Selatan (Basel), segera menyerahkan dokumen Kebijakan Umum Anggaran
Kasus Dugaan Tipikor DAK Dinas Pendidikan Basel Naik ke Tahap Penyidikan
Kasus Dugaan Tipikor DAK Dinas Pendidikan Basel Naik ke Tahap Penyidikan
Jum'at, 18 September 2020 13:39 WIB
TOBOALI – Kejari Kabupaten Bangka Selatan (Basel) menaikkan status perkara dugaan tipikor Dana Alokasi Khusus (DAK) pada Dinas Pendidikan
Temuan Goresan Merah Kuno di Goa Desa Gudang
Temuan Goresan Merah Kuno di Goa Desa Gudang
Kamis, 17 September 2020 19:13 WIB
TOBOALI - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bangka Selatan (Basel), bersama tim Bekaes Budaya Bangka Belitung belum lama ini menyelusuri