Miliki Riwayat Gangguan Paru, Warga Desa Jurung Positif Corona


Miliki Riwayat Gangguan Paru, Warga Desa Jurung Positif Corona

SUNGAILIAT - Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) pada hari ini Jumat (18/9/2020), bertambah lagi pasien terkonfirmasi positif Covid-19 atau Corona. 

Pasien dengan inisial Y (68), laki-laki, warga Desa Jurung, Kecamatan Merawang mempunyai penyakit penyerta gangguan paru namun tidak mempunyai riwayat kontak.

"Mempunyai penyakit penyerta gangguan paru. Pasien sudah diisolasi dari kemarin dan di test Swab hasilnya sudah keluar hari dan hasilnya positif,"ujar Jubir Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bangka, Boy Yandra  kepada Radar Bangka, Jumat (18/09/2020).

Saat ini pasien telah di isolasi di ruangan bertekanan negatif di RS Depati Bahrin, Sungailiat. Adapun upaya yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan melalui Puskesmas Batu Rusa adalah melakukan tracking terhadap kontak warga maupun kontak lainnya.

"Dan besok akan mengirim kontak keluarga ke rumah sakit tempat kemarin untuk melakukan suatu pengujian,"ungkapnya.

Menurut Boy, pihaknya telah mendapat info dari Puskesmas Batu Rusa bahwa sebanyak 215 orang pendatang dari berbagai wilayah yang masuk wilayah tersebut. Dan setiap pendatang sudah dilakukan penyelidikan epidemiologi (PE) oleh tenaga surveilans Puskesmas setempat. 

Dia menghimbau kepada masyarakat yang baru tiba dari luar pulau Bangka untuk kesadaran sendiri melakukan isolasi guna mengantisipasi dari pada penularan atau penyebaran dua faktor penentu. 

"Baik itu keluarga maupun tetangga yang mana kita tidak tahu apakah virus itu ada atau tidak ada di tubuh kita," terangnya. 

Lanjut Boy, upaya lain yang dilakukan oleh Tim Gugus Covid-19 Kabupaten Bangka adalah melakukan sosialisasi dan penindakan terhadap orang - orang yang tidak melakukan melaksanakan masker, baik itu di warung kopi, pasar, terminal, pelabuhan bahkan di tempat hiburan serta tempat keramaian lainnya. 

"Akan ada sanksi bila melanggar tidak menggunakan masker, sanksinya melakukan push-up kemudian ada yang menyanyikan lagu Indonesia Raya atau membacakan Pancasila dan setelah itu kita berikan masker dan kita harapkan untuk berikutnya selalu menggunakan masker,"bebernya. 

Sedangkan khusus pelaku usaha bagi yang melanggar akan diberikan sanksi tertulis, jika tetap masih melanggar akan dilakukan penindakan penutupan sementara atau hingga pencabutan izin usaha karena sudah tertuang didalam Perbup Bupati nomor 38 tahun 2020.

"Kabupaten Bangka terkonfirmasi positif Covid-19 hingga malam ini berjumlah 82 orang dan dinyatakan sembuh 74 orang. Sementara 7 orang dikarantina Provinsi serta 1 orang dirawat isolasi tekanan negatif di rumah sakit Depati Bahrin,"tutup Boy.(CR02)




Banner

Berikan Komentar

Sungailiat Lainnya
DPD KNPI Bangka Bentuk Advokasi Pemuda Bahtera
DPD KNPI Bangka Bentuk Advokasi Pemuda Bahtera
Rabu, 14 Oktober 2020 19:53 WIB
SUNGALILAT - Dewan Pengurus Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Bangka membentuk Tim Advokasi Pemuda Bahtera.
5 Pemuda Langgar Protokol Kesehatan Terjaring Ops Yustisi
5 Pemuda Langgar Protokol Kesehatan Terjaring Ops Yustisi
Selasa, 13 Oktober 2020 18:25 WIB
SUNGAILIAT - Operasi yustisi penegakan disiplin protokol kesehatan dilakukan tim gabungan di Jalan Raya Desa Riau – Desa Pugul, Senin
Bupati Bangka Serahkan 12 Unit Ambulance Untuk Pukesmas & PSC 119
Bupati Bangka Serahkan 12 Unit Ambulance Untuk Pukesmas & PSC 119
Rabu, 30 September 2020 15:23 WIB
SUNGAILIAT – Bupati Kabupaten Bangka, Mulkan menyerahkan 10 unit mobil ambulance untuk masing-masing Puskesmas dan 2 unit mobil ambulance PSC
33 Personel Polsek Belinyu Tes Urin, Ini Hasilnya
33 Personel Polsek Belinyu Tes Urin, Ini Hasilnya
Selasa, 29 September 2020 12:03 WIB
SUNGAILIAT - Guna terciptanya polisi yang bersih dari penyalahgunaan narkotika, 33 personel Polsek jajaran melaksanakan tes urine,Senin (28/09/2020) sore.