Nelayan Minta Pemerintah Ambil Alih Pengerukan di Muara Air Kantung


Nelayan Minta Pemerintah Ambil Alih Pengerukan di Muara Air Kantung

SUNGAILIAT – Nelayan pesisir meminta pemerintah untuk segera mengambil kegiatan normalisasi dan pengerukan limbah pasir di pesisir Air Kantung Sungailiat, Kabupaten Bangka. Sebab, dinilainya tidak masuk akal karena kegiatan tersebut hanya sampai ke kolam PPN.

Hal tersebut disampaikan perwakilan dari tokoh masyarakat nelayan, Saripudin dalam Sosialisasi Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL), PT SMB mengenai kegiatan normalisasi dan pengerukan limbah pasir di pesisir Air Kantung Sungailiat, Kabupaten Bangka, Rabu (16/09/2020).

“Karena nelayan itu butuh pengerukan atau normalisasi di muara Air Kantung sampai ke kolam PPN bukan di atas satu mil ketengah laut. jadi saya mengharapkan pemerintah langsung yang mengambil alih pekerjaan pengerukan ini,”tegas Saripudin.

Menanggahi hal tersebut, Perwakilan PT SMB, Deni Wijaya kepada nelayan berjanji akan bekerja dengan sebaik baiknya bila di perkenankan. Diakuinya bahwa dalam sosialisasi normalisasi dan pengerukan limbah pasir seluas kurang lebih 2.096,94 hektar tadi terjadi penolakan.

“Namun sebagai koreksi perusahaan supaya lebih maju dan pada prinsipnya mereka belum mengetahui manfaat dari kegitan ini. Kalau diberi kesempatan kami akan bekerja sesuai apa yang kami paparkan dalam sosialisasi dan akan bekerja sesuai dengan apa yang diharapkan masyarakat pesisir,”sebut Deni.

Sementara Kabid Tata lingkungan DLH Propinsi Babel, Yurismansyah mewakili Pemerintah Provinsi dan juga mewakili Pemkab Bangka mengatakan bahwa kehadirian dalam sosialiasi dan konsultasi publik ini untuk mendengarkan langsung keluhan pada masyarakat khususnya nelayan yang hadir.

Menurutnya dalam hal ini, pemerintah  tidak ada dana untuk pengerukan mengatasi sendimentasi di wilayah air kantung. Oleh karena itu pemerintah mengharapkan kepada masyarakat untuk mendukung investor yang mau berbuat untuk membantu masyarakat.

“Kita harapkan tidak terjadi lagi seperti perusahaan - perusahaan sebelumnya. Dan saya dengar juga tadi dari pemaparan bahwa akan ada kontribusi untuk masyarakat dalam kegiatan ini, silahkan masyarakat langsung tanya saja  ke perusahan,”ungkapnya.(CR02)
 
 




Banner

Berikan Komentar

Sungailiat Lainnya
 TNI AL-Polri Gandeng Laskar Pesisir Bangka Tanam Mangrove di Pantai Airkantung
TNI AL-Polri Gandeng Laskar Pesisir Bangka Tanam Mangrove di Pantai Airkantung
Kamis, 17 September 2020 19:45 WIB
SUNGAILIAT – TNI AL bersama Polri menggandengan Pemkab dan Ormas Laskar Pesisir Kabupaten Bangka menanam bibit magrove di pesisir pantai
Polres Bangka Ungkap Cinta Segitiga Berujung Maut
Polres Bangka Ungkap Cinta Segitiga Berujung Maut
Selasa, 15 September 2020 20:14 WIB
SUNGAILIAT - Kasus terbunuhnya inisial EK (30), warga Kelurahan Surya Timur, Kabupaten Bangka terungkap. Motifnya cinta segitiga.Polres Bangka, Selasa (15/09/2020)
Laskar Pesisir Bangka Agendakan Tanam Mangrove
Laskar Pesisir Bangka Agendakan Tanam Mangrove
Senin, 14 September 2020 18:57 WIB
SUNGAILIAT – Laskar Pesisir Kabupaten Bangka mengagendakan pelaksanaa penanam mangrove pada sejumlah lokasi di pesisir Kabupaten Bangka. Hal tersebut salah
Cegah Penyebaran Virus Corona, BPDB Semprot Cairan Desinfektan ke Rumah Pasien Covid-19
Cegah Penyebaran Virus Corona, BPDB Semprot Cairan Desinfektan ke Rumah Pasien Covid-19
Jum'at, 11 September 2020 13:30 WIB
SUNGAILIAT – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPDB) akan melakukan penyemprotan cairan desinfektan di seluruh ruangan rumah salah satu warga Kecamatan