Petani Kabupaten Bangka Bakal Terima 80 ribu Bibit Lada


Petani Kabupaten Bangka Bakal Terima 80 ribu Bibit Lada

SUNGAILIAT –  Dinas Pertanian dan Ketahanan Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) akan menyerahkan 80 ribu benih tanaman lada kepada pertanian didaerahnya. Hal itu diungkapkan Kabid Perkebunan Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Bangka, Subhan.

“Dari pengajuan oleh kelompok tani di kabupaten Bangka yang diajukan berjumlah 200 ribu bibit. Namun yang di realisasi oleh  Dinas Pertanian Pemerintah Provinsi Babel berjumlah 80 ribu  bibit lada,”sebut Subhan kepada Radar Bangka, Selasa (02/09/2020).

Menurutnya, mengingat kemaren yang akan dibagikan bibit lada itu diawal musim kemarau, jadi permintaan kepala dinas untuk di undur sampai musim penghujan. Terkait adanya kelompok tani yang komplain karna bibitlada yang mati pada tahun 2019 lalu. Ditegaskanya bahwa pihanya telah mengganti dengan yang baru.

“Semua sudah diganti yang baru oleh penyedia pengadaan bibit lada. Sementara dari dinas kita terkait penangkaran yang menyuplai bibit lada, kita tau karna untuk penangkaran itu di balai penangkaran bibit Provinsi Babel untuk mengeluarkan label kepada penangkaran bibit,”jelasnya.

Sementara untuk syarat yang menerima bantuan bibit lada ini adalah gabungan kelompo ktani (gapoktan) yang diketahui oleh penyuluh pertanian lapangan (PPL). Lalu melaporkan ke Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Bangka untuk diteruskan ke Dinas Pertanian dan Pangan Provinsi Babel.

"Untuk penyaluran bibit lada semua dari Provinsi, kita menerima manfaat saja. Di daerah Kabupaten Bangka belum ada yang dibagikan bibit lada karna masih musim hujan. Harapanya kedepan semua kelompok tani diakomodir penuh oleh Dinas Pertanian Babel untuk bibit lada,” imbuhnya.(CR02)





Berikan Komentar

Sungailiat Lainnya
Lantik 148 Pegawai Pemkab Bangka, Mulkan : Mutasi dan Rotasi Merupakan Hal Lumrah
Lantik 148 Pegawai Pemkab Bangka, Mulkan : Mutasi dan Rotasi Merupakan Hal Lumrah
Jum'at, 22 Januari 2021 14:08 WIB
SUNGAILIAT - Pemerintah Kabupaten Bangka kembali melakukan perombakan dalam struktur pemerintahannya, kali ini pelantikan dilakaanakan bagi 148 orang pegawai di
Balai Benih Pertanian Air Pelempang Siap Ditanami Porang
Balai Benih Pertanian Air Pelempang Siap Ditanami Porang
Kamis, 21 Januari 2021 21:46 WIB
MENDO BARAT – Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman menetapkan porang sebagai komoditas unggulan di Kepulauan Bangka Belitung untuk
Bupati Bangka Ajak Masyarakat Sukseskan Imunisasi Difteri
Bupati Bangka Ajak Masyarakat Sukseskan Imunisasi Difteri
Rabu, 20 Januari 2021 15:34 WIB
Mendo Barat - Bupati Bangka, Mulkan SH MH mengajak seluruh masyarakat khususnya di Desa Kota Kapur Kecamatan Mendo Barat untuk
Pameran Virtual Pertama UMKM Babel Raih Rekor MURI
Pameran Virtual Pertama UMKM Babel Raih Rekor MURI
Rabu, 21 Oktober 2020 21:55 WIB
TUING - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman bangga terhadap pameran virtual pertama yang diinisiasi oleh Dinas Koperasi dan