Mentan Syahrul Lepas Ekspor Perdana Cangkang Sawit ke Jepang


Mentan Syahrul Lepas Ekspor Perdana Cangkang Sawit ke Jepang

SUNGAILIAT – Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo meninjau persiapan Pabrik Tapioka PT Bangka Asinda Agri (BBA) di Kelurahan Kenanga, Kecamatan Sungailiat, Kabupaten Bangka, Sabtu  (08/08/2020).

Selain meninjau persiapan pabrik, Mentan didampingi Gubernur Babel, Erzaldi Rohman juga melakukan pelepasan hasil produk tapioka antar pulau serta pelepasan ekspor perdana cangkang sawit ke Jepang.

“Saya ucapkan terima kasih kepada Gubernur Bangka Belitung dengan jajaran, ada Kapolda dan Danrem dan perusahaan yang telah mendorong. Kita punya tepung sagu dan tapioka dan sekarang sudah diproduksi menjadi mie dan mie ini menjadi pilihan makanan Indonesia,” ujarnya.

Mentan menjelaskan perusahaan PT.BAA ini merupakan perusahan exportir limbah sawit, sehingga di ekspor agar tidak ada lagi yang terbuang. Menurutnya untuk sekarang memang ada dari daerah lain yang sudah ekspor, namun Kepulauan Babel merupakan daerah yang bisa di perhitungkan untuk komoditi ekpor cangkang sawit tersebut.

“Sesuai dengan perintah Presiden kepada saya sebagai menterinya bahwa harus bekerja sama yang kuat dengan pemerintah daerah yang didukung oleh Tentara dan Polisi demi meningkatkan perekonomi rakyat yang harus berputar lebih kuat untuk menghadapi apapun termasuk dampak dari covid-19.,”ucapnya.

Terpisah, Direktur utama PT BAA, Fitrianto mengatakan kegiatan ini sudah bersinergi dengan program dan sesuai dengan arahan Mentan bahwa di Bangka saat ini sudah memulai program singkong dan sagu mei yang ambil bagian dalam penguatan ketahanan pangan.

Ketika disinggu terkait masyarakat protes terhadap bau yang ditimbulkan dari limbah pabrik. Menurtunya perusahaanya sudah berupaya meminimalisir semua. "Kita sudah melibatkan masyarakat untuk bekerja kurang lebih seratusan orang di perusahaan dengan kemampuan produksi bisa 100 ton perhari,”ungkapnya kepada Radar Bangka.

Turut hadir Kapolda Babel, Irjen Pol Anang Syarif Hidayat, Danrem 045/Gaya, Brigjen Czi Mateus Jangkung Widyanto, Kapolres Bangka, AKBP Widi Haryawan, Danlanal Bangka, Letkol Dudik Kuswoyo, Dandim Dandim 0413/Bka Letkol Inf Pujud Sudarmanto serta Forkopimda Bangka.(CR02)




Banner

Berikan Komentar

Sungailiat Lainnya
Miliki Riwayat Gangguan Paru, Warga Desa Jurung Positif Corona
Miliki Riwayat Gangguan Paru, Warga Desa Jurung Positif Corona
Jum'at, 18 September 2020 21:24 WIB
SUNGAILIAT - Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) pada hari ini Jumat (18/9/2020), bertambah lagi pasien terkonfirmasi positif Covid-19
 TNI AL-Polri Gandeng Laskar Pesisir Bangka Tanam Mangrove di Pantai Airkantung
TNI AL-Polri Gandeng Laskar Pesisir Bangka Tanam Mangrove di Pantai Airkantung
Kamis, 17 September 2020 19:45 WIB
SUNGAILIAT – TNI AL bersama Polri menggandengan Pemkab dan Ormas Laskar Pesisir Kabupaten Bangka menanam bibit magrove di pesisir pantai
Nelayan Minta Pemerintah Ambil Alih Pengerukan di Muara Air Kantung
Nelayan Minta Pemerintah Ambil Alih Pengerukan di Muara Air Kantung
Kamis, 17 September 2020 12:43 WIB
SUNGAILIAT – Nelayan pesisir meminta pemerintah untuk segera mengambil alih proses kegiatan normalisasi dan pengerukan limbah pasir di pesisir Air
Polres Bangka Ungkap Cinta Segitiga Berujung Maut
Polres Bangka Ungkap Cinta Segitiga Berujung Maut
Selasa, 15 September 2020 20:14 WIB
SUNGAILIAT - Kasus terbunuhnya inisial EK (30), warga Kelurahan Surya Timur, Kabupaten Bangka terungkap. Motifnya cinta segitiga.Polres Bangka, Selasa (15/09/2020)