MPC PP Bangka Serap Aspirasi Dan Dengar Keluhan Nelayan Muara Air Kantung Dangkal


MPC PP Bangka Serap Aspirasi Dan Dengar Keluhan Nelayan Muara Air Kantung Dangkal

SUNGAILIAT – Ketua MPC Pemuda Pancasila (PP) Kabupaten Bangka, Sarmili menyambangi warga pesisir terkait keluhan alur muara Air Kantung dangkal, Rabu (08/08/2020). Kedatanganya didampingi anggota PP turun ke lokasi mengakui sangat prihatin kepada masyarakat sekitar yang mayoritas nelayan dan PP Kabupaten Bangka akan koordinasi dengan instansi terkait untuk masalah tersebut.

“Permasalahan pendangkalan Muara Air Kantung  ini sudah terjadi cukup lama dan belum bisa diatasi pemerintah sampai sekarang. Kita tidak perlu mencari kambing hitam dan saling menyalahkan untuk menyelesaikan permasalahan pendangkalan alur muara Air Kantung,”kata Sarmili kepada Radar Bangka.

Lanjut Sarmili, dalam hal dan harus ada terobosan dan pemikiran yang harus terealisasi dimulai dari masyarakat pesisir. Hanya saja, untuk saat ini diawali dari Pemuda Pancasila Bangka bersama dengan swadaya masyarakat pakai karung dulu untuk menembok bibir alur muara. Ia pun berjanji melalui Pemuda Pancasila Kabupaten Bangka sebagai gerbong untuk pemersatunya. Adapun langkah yang harus diawali yaitu pembuatan talud di alur muara.

“Tidak perlu muluk muluk kita bisa menyelesaikan 50 meter saja sudah kelihatan hasilnya. Gunung pasir yang tinggi di mulut muara ini bisa rata dengan sendirinya. Seiring berjalan nanti kedepan tentunya kita minta dukungan perusahaan dan pemerintah daerah sampai pemerintah pusat untuk melanjutkan pembangunan talud di sepanjang alur dan pembangunan break water untuk di luar muara Air Kantung,”ujarnya.

Sarmili menambahkan bahwa masyarakat harus menjaga kebersihan objek wisata di Kabupaten Bangka yang di dikunjungi. Jangan ada yang membuang sampah sembarangan di objek wisata. Salah satunya, wisata di wilayah muara kolam pelabuhan. Kebersihan lingkungan di kawasan objek wisata akan berdampak baik untuk estetika dan kesehatan. Untuk ini, diperlukan kesadaran bersama.

"Kita harapkan wilayah pesisir alur mura Air kantung ini jangan sampai terlihat kumuh dan kotor. Inilah inovasi yang akan kita lakukan bersama sama untuk mempercantik wilayah muara kolam pelabuhan. Apalagi tidak menutup kemungkinan kedepan nanti akan menjadi destinasi objek wisata di pesisir Air Kantung,”paparnya.

Sebelumnya, salah satu warga pesisir AN, kepada Ketua MPC Pemuda Pancasila Kabupaten Bangka, Sarmili keluhkan dangkalnya itu menyulitkan para nelayan yang hendak melaut dikarenakan perahu nelayan banyak yang kandas.

”Kami mau melaut harus menunggu air laut pasang baru bisa keluar muara. Nah, begitu juga mau masuk ke pelabuhan PPN harus menunggu air pasang kalau kami paksakan kapal kandas dan kapal kami bisa pecah,” keluhnya.(CR02)




Banner

Berikan Komentar

Sungailiat Lainnya
Miliki Riwayat Gangguan Paru, Warga Desa Jurung Positif Corona
Miliki Riwayat Gangguan Paru, Warga Desa Jurung Positif Corona
Jum'at, 18 September 2020 21:24 WIB
SUNGAILIAT - Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) pada hari ini Jumat (18/9/2020), bertambah lagi pasien terkonfirmasi positif Covid-19
 TNI AL-Polri Gandeng Laskar Pesisir Bangka Tanam Mangrove di Pantai Airkantung
TNI AL-Polri Gandeng Laskar Pesisir Bangka Tanam Mangrove di Pantai Airkantung
Kamis, 17 September 2020 19:45 WIB
SUNGAILIAT – TNI AL bersama Polri menggandengan Pemkab dan Ormas Laskar Pesisir Kabupaten Bangka menanam bibit magrove di pesisir pantai
Nelayan Minta Pemerintah Ambil Alih Pengerukan di Muara Air Kantung
Nelayan Minta Pemerintah Ambil Alih Pengerukan di Muara Air Kantung
Kamis, 17 September 2020 12:43 WIB
SUNGAILIAT – Nelayan pesisir meminta pemerintah untuk segera mengambil alih proses kegiatan normalisasi dan pengerukan limbah pasir di pesisir Air
Polres Bangka Ungkap Cinta Segitiga Berujung Maut
Polres Bangka Ungkap Cinta Segitiga Berujung Maut
Selasa, 15 September 2020 20:14 WIB
SUNGAILIAT - Kasus terbunuhnya inisial EK (30), warga Kelurahan Surya Timur, Kabupaten Bangka terungkap. Motifnya cinta segitiga.Polres Bangka, Selasa (15/09/2020)