KABUPATEN BANGKA RAIH PREDIKAT SANGAT INOVATIF DARI MENDAGRI


KABUPATEN BANGKA RAIH PREDIKAT SANGAT INOVATIF DARI MENDAGRI

PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Bangka kembali menerima penghargaan pada ajang Innovative Government Award (IGA) dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dengan indeks 12.340.

Berdasarkan keputusan Mendagri Republik Indonesia dengan Nomor 002.6-415 Tahun 2019 tentang Penyusunan Hasil Pengukuran Indeks Inovasi Daerah, pada Pusat Penelitian dan Pengembangan Inovasi Daerah Balitbang tahun 2019, Kabupaten Bangka ditetapkan pada peringkat ke 27 dari 514 Kab/Kota sebagai salah satu kabupaten/kota SANGAT INOVATIF dalam ajang Innovative Government Award (IGA) dengan indeks 12.340.

Bahkan, predikat sangat inovatif yang diraih kabupaten berjuluk Sepintu Sedulang tersebut menjadi salah satu dari kabupaten/kota se-provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Penilaian ini didasarkan dari hasil pengukuran indeks inovasi daerah tahun 2019 yang telah melaporkan inovasi daerahnya kepada Pusat Litbang Inovasi Daerah Balitbang Kemendagri. Predikat yang diterima oleh kabupaten/kota mulai dari sangat inovatif, kemudian inovatif dan kurang inovatif.

Selain inovasi dalam bidang tata kelola kelola pemerintah daerah, inovasi yang dinilai adalah inovasi pelayanan publik serta inovasi lainnya yang dikembangkan Kabupaten Bangka.

Adapun aspek-aspek yang diukur dalam penilaian kompetisi ini mulai dari asek kuantitas, aspek kualitas, serta aspek manfaat.

Guna meningkatkan peringkat indeks di tahun 2020 pemkab bangka melalui BAPPEDA telah melakukan sosialisasi IGA kepada seluruh OPD dan juga telah membangun Laboratorium Inovasi dalam upaya pengembangan inovasi-inovasi yang telah dijalankan. Selain itu, Laboratorium Inovasi diharapkan dapat menghimpun semua inovasi se-kabupaten Bangka baik inovasi yang masih dalam tahap perumusan, pelaksanaan serta pada tahapan evaluasi juga sebagai wadah untuk berkonsultasi tentang kebutuhan inovasi dari berbagai urusan yang mendukung program dan kegiatan pemerintah, khususnya inovasi pelayanan langsung kepada publik.

Disamping itu, BAPPEDA Kabupaten Bangka melalui bidang penelitian dan pengembangan telah merumuskan regulasi inovasi daerah dalam format Peraturan Bupati tentang Satu OPD Satu Inovasi.(diskominfotik)





Berikan Komentar

Sungailiat Lainnya
Pro Kontra KIP Matras, DPRD Bangka Resah, Bupati Dilema
Pro Kontra KIP Matras, DPRD Bangka Resah, Bupati Dilema
Minggu, 29 Desember 2019 01:11 WIB
SUNGAILIAT - Pro kontra Kapal Isap Produksi (KIP) di perairan Matras, Sungailiat, sejak beberapa pekan terakhir membuat ketua DPRD Bangka,
Dukung DOB Bangka Utara, Rudianto Tjen Siap Lobi Pemerintah Pusat
Dukung DOB Bangka Utara, Rudianto Tjen Siap Lobi Pemerintah Pusat
Minggu, 22 Desember 2019 19:05 WIB
SUNGAILIAT - Pengurus Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDI Perjuangan yang juga anggota DPR RI, dapil Bangka Belitung, Ir Rudianto Tjen
Kajari dan APDESI Bangka Kumpul Makan Durian
Kajari dan APDESI Bangka Kumpul Makan Durian
Selasa, 17 Desember 2019 19:25 WIB
SUNGAILIAT - Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Kabupaten Bangka, Rielke Jefri Huwae mengelar sirahturahmi bersama Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi)
BUPATI BANGKA RAIH 3 PENGHARGAAN INDONESIAN ROAD SAFETY AWARD 2019 DARI KEPALA BAPPENAS
BUPATI BANGKA RAIH 3 PENGHARGAAN INDONESIAN ROAD SAFETY AWARD 2019 DARI KEPALA BAPPENAS
Selasa, 17 Desember 2019 19:16 WIB
JAKARTA - Setelah memalui proses seleksi, kompetisi dan penjurian yang sangat ketat, akhirnya Pemkab Bangka ditetapkan sebagai pemenang