Bupati Bangka Mulkan Menerima Penghargaan Pelayanan Publik Terbaik dari Menpan - RB


Bupati Bangka Mulkan  Menerima Penghargaan Pelayanan Publik Terbaik dari Menpan - RB

BATAM - Bupati Bangka Mulkan SH, MH menerima penghargaan katagori Penyelenggara Pelayanan Publik terbaik dari Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Kamis (7/11/2019).

Penghargaan bergengsi sebagai Pemerintah Daerah (Pemda) dengan penyelenggara pelayanan publik terbaik di Indonesia. Penghargaan langsung  diserahkan oleh Menpan RB, Cahyo Kumolo kepada Bupati Bangka, Mulkan SH, MH di Hotel Aston, Batam.

Bupati Bangka Mulkan SH, MH dalam acara ini turut didampinggi Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil , Direktur RSUD Depati Baharin, Kepala Dinas Penanaman Modal dan PTSP, Kepala Bappeda dan Kabag Ogrganisasi.

Bupati mengatakan, bahwa evaluasi penyelenggaraab pelayanan publik dilaksanakan secara rutin setiap tahun oleh Kemenpan - RB terhadap unit penyelenggara pelayanan publik di seluruh Indonesia.

" Dalam  RPJMD 2019-2023, Kami (Pemda Bangka..red) berkomitmen untuk menjadikan pelayanan publik sebagai jiwa penyelengaraan pemerintah di Kabupaten Bangka sebagaimana tertuang dalam misi " Mewujudkan Tata Kelola Pemerintahan yang Bersih dan Berbasis Tekhnologi Informasi,"ujar Bupati Mulkan.

Ditambahkan Bupati Mulkan, dalam menjalankan misi ini, Pemda Bangka mengharuskan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) penyelengara pelayanan publik, seperti Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, RSUD Depati Bahrin, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan dan dinas lainnya.

"Dimana penyelengara harus sejalan beriringan dengan ekspektasi publik yang terus meningkat. Dengan komitmen inilah, pada tahun 2019, Kami menerima penghargaan penyelengaraan pelayanan publik terbaik dari Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Penghargaan ini di berikan atas prestasi kinerja pelayanan publik yang diberikan kepada RSUD Depati Hanrin dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil dengan katagori "A" atau sangat baik,"ujarnya.


Prestasi ini diraih berkat kerjasama yang sangat baik antara seluruh Stekholder pembangunan, terutama dengan masyarakat, dunia usaha, perguruan tinggi dan media massa.

" Saya atas nama Pemkab Bangka mengucapkan terimakasih atas kerjasama yang luar biasa ini. Kedepan, kerjasama antar 5 pilar pembangunan ini akan terus kami tingkatkan guna terus mendorong perbaikan pelayanan publik yang kami berikan," terang Bupati Mulkan.

Sementara Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Bangka, Rahmad Gunawan mengatakan, pihaknya akan melakukan berbagai upaya perbaikan pelayanan kependudukan di seluruh komponen pelayanan.


  
" Dampaknya sangat positif  bagi perbaikan pelayanan. Jika tahun 2017, kami masih mendapatkan penilaian katagori "B" atau baik, maka tahun 2019 ini, kami sudah berhasil mendapatkan nila "A" atau sangat baik dengan indeks yang tertinggi di Bangka Belitung. Tahun 2019 ini pelayanan publik kami semakin membaik sehingga berhasil meraih predikat pelayanan prima dengan katagori "A".," Jelasnya.

Direktur RSUD Depati Bahrin, dr Jasminar menjelaskan, pihaknya terus membangun tata kelola pelayanan yang baik dengan penguatan perbaikan kinerja pelayanan publik.

"Filosofi pelayanan "Biar lambat agar selamat" kami tinggalkan dan kami ganti dengan " Harus cepat agar selamat". Kami juga telah menerapkan standar pelayanan yang fokus kepada pasien yakiti standar manajemen rumah sakit yang mempuni, keselamatan pasien kami dahulukan dan sasaran pembangunan berkelanjutan kamiutamakan. RSUD Depati Bahrin sudah Good Patient Care, Good Clinical Governance, Good Hospital Governance dan telah memenuhi 15standar akreditasi yang mengaju standar akreditasi Internasional," ungkapnya.

Kepala Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan UMKM, Asmawi Ali Mengatakan, dinas yang dia pimpin akan terus menerus memperbaiki pelayanan publik. 

" Semua aspek pelayanan akan kami perbaiki. Pelayanan perizinan harus cepat dan investasi harus di utamakan," ujarnya.

Sedangka Kepala Bappeda Kabupaten Bangka, Pan Budi Marwoto menegaskan saat ink ekspektasi masyarakat terhadap pelayanan publik berkualitas terus meningkat. " Tentu kami harus merespon ekspektasi masyarakat ini dengan cepat. Kami meresponnya dengan mengevaluasi dan memperbaiki seluruh indikator pelayanan publik dan menerapkannya dengan ketat diseluruh OPD penyelenggara pelayanan publik di Pemkab Bangka," ungkapnya.

Adapun perbaikan yang akan dilakukan menurut Pan Budi, fokus pada standar pelayanan,  survey kepuasan masyarakat, kopetensi, responsivitas, kredibilitas/integritas, kelayakan ruangan parkir, taman dan penghijauan.

" Tak hanya itu kelayakan fasilitas ruang tunggu pelayanan, kelayakan fasilitas bagi pengguna layanan berkebutuhan khusus dan sarana penunjang lainnya. Seperti, sarana front office, sistem informasi pelayanan publik, media konsultasi, media pengaduan dan inovasi pelayanan," jelasnya. (Diskominfotik)





Berikan Komentar

Sungailiat Lainnya
171 Mahasiswa IAIN SAS Babel ikuti Pembekalan KKN
171 Mahasiswa IAIN SAS Babel ikuti Pembekalan KKN
Jum'at, 21 Februari 2020 10:15 WIB
SUGAILIAT - Sebanyak 171 mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) SAS Babel, mengikuti pembekalan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Aula
Pro Kontra KIP Matras, DPRD Bangka Resah, Bupati Dilema
Pro Kontra KIP Matras, DPRD Bangka Resah, Bupati Dilema
Minggu, 29 Desember 2019 01:11 WIB
SUNGAILIAT - Pro kontra Kapal Isap Produksi (KIP) di perairan Matras, Sungailiat, sejak beberapa pekan terakhir membuat ketua DPRD Bangka,
Dukung DOB Bangka Utara, Rudianto Tjen Siap Lobi Pemerintah Pusat
Dukung DOB Bangka Utara, Rudianto Tjen Siap Lobi Pemerintah Pusat
Minggu, 22 Desember 2019 19:05 WIB
SUNGAILIAT - Pengurus Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDI Perjuangan yang juga anggota DPR RI, dapil Bangka Belitung, Ir Rudianto Tjen
Kajari dan APDESI Bangka Kumpul Makan Durian
Kajari dan APDESI Bangka Kumpul Makan Durian
Selasa, 17 Desember 2019 19:25 WIB
SUNGAILIAT - Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Kabupaten Bangka, Rielke Jefri Huwae mengelar sirahturahmi bersama Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi)